Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Sakit perut sebelah kanan atas adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang, setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Ingin tahu tentang sakit perut sebelah kanan atas ini? Silahkan mengikuti artikel kesehatan yang berikut ini lebih lanjut.

Seperti ungkapannya, sakit perut kanan atas adalah suatu perasaan nyeri dan tidak nyaman yang terjadi pada sisi kanan perut bagian atas. Beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai sakit usus atau sakit perut pada bagian atas. Beberapa orang mungkin memiliki bentuk ringan dari masalah ini, sedangkan untuk beberapa orang hal ini sangat menyakitkan. Sementara itu, hal ini juga dapat menjadi masalah seumur hidup yang makin memburuk. Seberapa parah kondisi juga dapat ditentukan oleh gejala-gejala yang menyertainya, faktor usia, dan frekuensi nyeri.

Gejala sakit perut sebelah kanan atas

Gejala yang mungkin menyertai rasa sakit di daerah perut kanan atas termasuk sembelit, diare, kembung, kentut yang berlebihan, mual dan muntah. Perut bengkak, dan kehilangan nafsu makan juga dapat terjadi. Gejala lain dapat meliputi sakit pada punggung, nyeri dada, dan sulit untuk bernafas.

Penyebab sakit perut

Ada dapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan kondisi sakit perut ini. Faktor umum yang sering menyebabkan adalah sebagai berikut:

radang usus buntu, alergi terhadap makanan tertentu, kanker pada ginjal, kanker hati, kanker pankreas, diverticulitis, endometriosis, keracunan makanan, kanker kandung empedu, batu empedu, radang selaput perut, sakit asam lambung, hepatitis, hernia hiatus, gangguan pencernaan, infeksi pada ginjal, radang pankreas, cedera, obstruksi usus, batu ginjal, abses hati, hemangioma hati, kehilangan aliran darah ke paru-paru, penyakit radang panggul, ulkus peptikum, perikarditis, pneumonia, flu perut, kanker perut, infeksi saluran kemih.

Jika membahas tentang nyeri pada bagian kanan atas perut selama masa kehamilan, kondisi seperti itu adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan. Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah preeklampsia. Kondisi ini mempengaruhi otak, ginjal, dan hati plasenta, yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam darah. Penyebab lainnya adalah karena infeksi ginjal atau terlalu banyak tekanan pada rahim akibat dari pertumbuhan janin.

Tips

Jika rasa sakit perut tidak disertai dengan gejala seperti demam, nyeri di dada, dan muntah, maka kemungkinan besar bahwa kondisi itu akan mereda dengan beberapa langkah-langkah perawatan sederhana. Untuk mengatasinya termasuk mengompres perut dengan pemanas atau air panas, atau juga berendam di air panas. Untuk cara aman dan lebih baik adalah melalui pemeriksaan medis, apalagi jika rasa sakit tidak tidak mereda dalam waktu seminggu, atau cenderung makin memburuk. Setelah penyebabnya didiagnosis maka pengobatan dimulai. Pasien mungkin disarankan untuk berpuasa sampai diagnosis selesai.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat agar mengurangi sakit perut yang lebih parah. Selain itu alangkah baiknya untuk makan dengan teratur dan menghindari mengkonsumsi minuman yang tidak menyehatkan.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com