Penyebab Telinga Merah Panas

Telinga merah panas mengacu pada vasodilatasi, kondisi dimana diameter pembuluh darah meningkat drastis sehinga menyebabkan lonjakan dalam sirkulasi darah. Ketika pembuluh darah yang terletak di dekat permukaan kulit melebar, volume darah yang beredar meningkat dan bertambah cepat. Sirkulasi darah berlebih menghasilkan panas, yang bisa dirasakan di kulit. Jadi, ketika terjadi aliran deras darah di telinga karena vasodilatasi, kemungkinan besar akan menyebabkan telinga menjadi merah dan terasa panas.

Penyebab telinga merah panas

Tindik
Seseorang yang ingin memakai anting-anting harus terlebih dahulu menusuk telinga mereka. Apabila alat sebagai penusuk telinga tidak tepat maka dapat memicu infeksi telinga dan membuat telinga menjadi panas dan memerah. Dalam hal ini, orang tersebut mempunyai alergi terhadap logam yang akhirnya dapat mengalami infeksi telinga dan menderita rasa panas di telinga.

Amarah
Jika seseorang mencoba untuk menyembunyikan reaksi amarahnya, tubuh bereaksi dalam bentuk telinga yang memerah. Memahami teknik manajemen kemarahan adalah cara untuk mengendalikan amarah.

Penghinaan
Vasodilatasi pada telinga di kalangan anak-anak dan orang dewasa seringkali dianggap sebagai respon tubuh terhadap sikon yang memalukan. Sebagai contoh, orang yang dikritik oleh atasannya untuk kinerja yang buruk di depan rekan-rekannya akan membuatnya merasa dipermalukan dan terhina. Pada kasus tersebut, daun telinga dapat berubah menjadi kemerahan.

Tegang
Stres dan cemas dapat membuat seseorang mengalami perasaan panas pada telinga. Untuk menghadapi situasi stres, tubuh melepaskan hormon adrenalin yang melebarkan pembuluh darah. Tidak luput dari itu, warna telinga yang memerah, wajah, dan leher dapat terlihat selama masa stres. Seringnya berlatih teknik relaksasi seperti meditasi adalah salah satu solusi terbaik untuk mengendalikan stres secara efektif. Rasa gugup juga dapat menyebabkan vasodilatasi pada telinga.

Fluktuasi hormon
Ketidakseimbangan hormon terutama yang terjadi selama kehamilan dan menopause juga dapat menyebabkan pembuluh darah membesar di telinga.

Alergi
Vasodilatasi pada telinga juga dapat menjadi hasil dari reaksi alergi kuat. Beberapa orang memiliki kebiasaan dengan menggaruk telinga mereka dengan bolpen, kunci, bahkan pensil. Hal ini tidak hanya akan membuat telingan menjadi merah tetapi juga dapat menyebabkan infeksi telinga. Menggunakan kapas untuk membersihkan telinga adalah pilihan yang lebih baik dan dapat menghindari telinga merah panas.

Alergi makanan
Beberapa jenis bahan makanan dan minuman dapat menyebabkan reaksi alergi ringan dan menyebabkan telinga merah panas. Seseorang dapat mengalami telinga merah panas akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Anak-anak juga menunjukkan telinga panas merah akibat alergi terhadap produk susu.

Obat-obatan
Telinga panas merah juga dapat terjadi sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Orang yang memakai obat untuk tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan vasodilatasi di telinga. Telinga dan wajah juga dapat memerah pada orang yang memakai raloxifene, yang digunakan untuk osteoporosis.

Panas sinar matahari
Berjalan di bawah sinar matahari yang panas dalam jangka waktu yang lama tentu dapat menyebabkan telinga menjadi merah dan panas. Selain itu, telinga juga terkena sengatan matahari, suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan kulit melepuh. Kulit halus pada telinga rentan terhadap kerusakan dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Oleh karena itu, kenakanlah topi bila diperlukan untuk melindungi telinga anda dari panas matahari.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com