Penyebab Telinga Gatal & Tips

Telinga gatal merupakan tanda akumulasi kotoran di dalam telinga. Sementara pada beberapa kasus, hal ini merupakan gejala awal dari sebuah infeksi telinga. Diberikan di bawah ini beberapa tips menghilangkan gatal di telinga, dan beberapa info tentang kemungkinan penyebab telinga gatal.

Gatal pada telinga adalah salah satu kondisi kesehatan yang membuat risih dan dapat menyebabkan terlalu banyak iritasi. Telinga adalah bagian yang sangat sensitif dari tubuh kita dan masalah telinga harus segera diobati dengan hati-hati.

Penyebab telinga gatal

  1. Peningkatan dan penurunan kadar kotoran telinga dapat menyebabkan telinga gatal. Para perenang biasanya menghadapi masalah ini karena telinga mereka tidak menghasilkan kotoran telinga.
  2. Masalah kulit seperti eksim, dermatitis seboroik atau psoriasis juga bisa menjadi penyebabnya.
  3. Sering menggaruk telinga dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam telinga, sehingga sensitif dan rentan terhadap infeksi telinga seperti otitis eksterna, salah satu gejala dari yang gatal di telinga.
  4. Rasa gatal di dalam saluran telinga juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang berkembang karena terus-menerus terkena air. Hal ini pada umumnya terjadi pada para perenang.
  5. Orang-orang yang alergi terhadap debu juga dapat menderita telinga gatal. Bahkan orang-orang yang sensitif terhadap shampo dan hairspray dapat mengalaminya.
  6. Kutu atau serangga masuk dan terjebak di dalam saluran telinga dapat menyebabkan gatal, iritasi, dan suara berdengung di telinga.


Mengatasi telinga gatal

Berikut adalah bagaimana anda dapat mengatasi telinga gatal dengan menggunakan beberapa tips yang mudah dan sederhana.

  1. Ambil minyak zaitun dan beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Campur dan panaskan campuran ini dan biarkan dingin sementara waktu. Masukan setetes campuran ini di telinga anda untuk menobati gatal-gatal di telinga.
  2. Campur alkohol dan cuka dalam mangkok kecil. Teteskan campuran ini ke dalam telinga yang gatal.
  3. Selalu keringkan telinga anda sepenuhnya setelah mandi dengan handuk.
  4. Tempatkan bantal pemanas pada telinga untuk menghindari infeksi jamur dari paparan air.
  5. Jika telinga yang gatal disebabkan oleh alergi, maka harus diobati dengan antihistamin. Berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan hal ini.
  6. Telinga gatal dapat disebabkan karena kondisi kulit seperti eksim, dermatitis, atau psoriasis. Hal ini harus ditangani dengan bantuan spesialis THT.

Menggaruk telinga merupakan salah satu masalah utama telinga gatal. Semakin sering anda menggaruk telinga, maka hal ini justru mebuatnya semakin gatal. Telinga sangat sensitif, sehingga anda tidak boleh sembarangan memasukkan benda apapun ke telinga dan menggaruknya. Hal tersebut dapat merusak telinga bagian dalam atau bahkan gendang telinga, yang dapat menyebabkan telinga rentan terhadap infeksi.

Comments are closed.