Ukuran Meja Ping Pong Bola

Ping pong adalah olahraga yang dimainkan di atas meja dengan ukuran tertentu. Artikel ini akan membahas tentang ukuran meja ping pong, dimensi bola dan raket yang digunakan dalam permainan.

Tenis meja atau ping pong adalah salah satu permainan dalam olahraga yang dimainkan dengan raket atau kita sering menyebutnya bet(bat). Permainan ini dimainkan di atas meja keras di mana terdapat 2 atau 4 pemain memukul bola bergantian. Meja ping pong dibagi menjadi 2 sisi dan dibatasi dengan jaring kecil. Terlepas dari serve, pemain harus memukul bola sedemikian rupa sehingga memantul sekali di area sendiri dan kemudian di sisi lawan, setelah itu lawan akan mengembalikan bola dengan cara yang sama. Bila setiap pemain tidak dapat mengembalikan bola sesuai aturan permainan, pemain lain akan mendapatkan poin. Ini adalah permainan yang cepat dan menuntut gerak refleks yang baik dari para pemain. ITTF adalah badan olahraga tenis meja dan sejak pada tahun 1988 ping pong telah dimasukkan ke dalam olimpiade.

Ukuran meja ping pong

Sebuah meja ping pong standar terbuat dari masonite, semacam hardboard yang dibentuk dari serbuk dan potongan kayu kecil, mungkin dari anda sering menyebutnya dari bahan partikel.

Panjang meja ping pong
Sebuah meja ping pong mempunyai ukuran panjang 2,74 m. Ukuran panjang ini adalah standar sebagaimana ditentukan oleh ITTF. Sebuah jaring membagi meja menjadi dua bagian yang sama.

Lebar meja ping pong
Sebuah meja ping pong standar mempunyai lebar 1,525 m. Sebuah garis lurus berwarna putih membagi lebar menjadi dua bagian yang sama. Bagian-bagian ini sangat penting saat bermain ganda.

Tinggi meja ping pong
Sebuah meja ping pong mempunyai tinggi 30 inci dari permukaan tanah.

Jaring
Jaring ditempatkan di tengah meja dengan tinggi 15 cm. Jaring terdiri dari klem dan dua tiang penyangga yang membantu untuk memasang jaring pada meja.

Sebuah aspek penting dari permainan ping pong adalah, bola harus memantul di seluruh meja. Untuk ini, ITTF telah menetapkan standar bahwa ketika bola ping pong dijatuhkan ke meja dari ketinggian 30 cm, maka harus memantul sampai setinggi 22 cm(standar bola bintang 3). Meja ping pong biasanya memiliki permukaan yang berwarna gelap baik hijau, merah atau berwarna biru. Baris di atas meja biasanya berwarna putih. Garis putih yang membelah lebar meja adalah 3 mm, sedangkan garis di pinggir meja adalah 2 cm.

Ukuran bola ping pong

Terlepas dari ukuran meja ping pong ini, kita akan mengetahui dimensi bola dan bet juga. Bola ping pong terbuat dari seluloid dan berongga. Sebelumnya, bola pingpong yang digunakan berukuran dengan diameter 38 mm, yang sekarang telah direvisi yaitu 40 mm. Tanda bintang seperti yang terdapat pada bola ping pong menunjukkan kualitas kekerasan dan kekuatan daya pantul. Berat bola pingpong standar adalah 2,7 g.

Untuk ukuran raket ping pong mempunyai ukuran panjang 10,6 cm, dan lebar 15,24 cm dengan bobot sekitar 180 g. Pada raket ping pong, ukuran tidak dapat ditentukan dengan pasti, karena tergantung dengan tipe para pemain. Pemain dengan tipe bertahan seringkali memakai raket dengan ukuran yang lebih lebar dan tipis.

Mengetahui ukuran meja ping pong adalah penting bagi orang yang akan membuat sebuah meja sendiri. Satu hal yang pasti, olahraga ini sebenarnya tidak begitu membuat badan menjadi lelah, yang membuat badan menjadi lelah adalah jika berjongkok dan mengambil bola.

Comments are closed.