Format Menulis Surat Permintaan Maaf

Apakah anda bingung ketika menulis surat permintaan maaf? Untuk mengatasi rasa bingung anda, yang anda perlukan pertama kali adalah format yang benar. Simak tips yang diberikan dalam artikel ini dalam menulis surat permintaan maaf yang dapat anda kembangkan berdasarkan konsep anda sendiri.

Bagi sebagian orang menulis surat permintaan maaf menjadi tugas yang sulit, terutama jika mereka diminta untuk menulis surat permintaan maaf dimana mereka harus melepaskan segala macam kebanggaan dan ego mereka. Kesalahan adalah sesuatu yang harus kita lalui dalam hidup kita dan kita juga harus berkomitmen. Dalam situasi seperti itu adalah penting bagi anda untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah anda lakukan, dan melakukan semuanya sesuai kemampuan anda untuk menyelesaikan masalah. Dalam hubungan pribadi, hal itu selalu lebih baik untuk meminta maaf kepada seseorang secara pribadi. Namun dalam lingkungan profesional, sangatlah penting bagi anda untuk mengirim surat permintaan maaf atas kesalahan ataupun kelalaian yang telah anda lakukan. Jika anda ingin menulis surat permintaan maaf, anda wajib untuk mengingat poin-poin penting tertentu.

Menulis surat permintaan maaf adalah tugas yang sangat sederhana selama anda mampu mengingat poin tertentu. Mengamati kesalahan yang telah dibuat, menulis tentang bagaimana anda akan memecahkan kesalahan anda. Selagi menulis surat permintaan maaf pastikan bahwa surat tersebut adalah ringkas, jelas, dan benar. Surat juga itu harus menyiratkan ketulusan tetapi tidak berlebihan. Ingatlah bahwa anda berada posisi salah di sini dan karena itu surat tersebut harus benar-benar diperhatikan untuk mempertanggung jawabkan kesalahan anda. Jangan mencoba untuk menyalahkan orang lain. Sebuah surat permintaan maaf bisnis adalah surat formal dan yang ditulis dengan nada santai. Jika anda melihat setiap contoh surat permintaan maaf bisnis, mungkin kepada pelanggan atau klien, anda akan tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu disebutkan seperti nama semua pihak yang terlibat, dan alasan mengapa anda menulis surat ini, kesalahan yang telah dibuat, jaminan bahwa anda tidak akan mengulangi kesalahan, dsb. Ketika mencoba untuk mencari tahu bagaimana anda harus menulis surat permintaan maaf, ingatlah juga bahwa surat permintaan maaf harus dikirimkan secepat mungkin.

Format surat permintaan maaf

Sekarang anda tahu tentang tips yang harus diingat saat menulis surat permintaan maaf. Format surat permintaan maaf yang diberikan di bawah ini akan menjelaskan kepada anda bagaimana menggunakan tips yang telah diberikan di atas.

Nama anda
Nama organisasi anda
Alamat organisasi anda

tanggal:

Nama yang dituju
Nama organisasi
Alamat organisasi

Perihal:

Salam atau Sapaan

Yth,

Paragraf pertama dari setiap surat permintaan maaf harus selalu memulai dengan penulis yang meminta maaf atas kesalahan yang telah dia buat dan menyebutkan alasan permintaan maaf untuk menghindari kesalahpahaman atau miskomunikasi.

Dalam paragraf kedua ini, jelaskan secara rinci bentuk kesalahan tersebut, bagaimana kesalahan ini bisa terjadi dan mengapa hal itu tidak disangka-sangka. Jelaskan juga bagaimana anda berniat untuk memecahkan masalah yang disebabkan karena kesalahan ini. Yakinkan penerima bahwa kesalahan seperti itu tidak akan terulang lagi di masa mendatang dan tawarkan kepada mereka kompensasi atas kesalahan yang anda lakukan.

Paragraf akhir atau kesimpulan harus mulai dengan meminta maaf atas kesalahan anda lagi dan berterima kasih kepada penerima guna menjadi paham mengenai situasi keseluruhan.

Kata-kata yang lain
(Tanda tangan anda)

Nama anda
Penunjukan atau jabatan dalam organisasi

Menulis surat permintaan maaf  akan menjadi mudah jika anda menguasai poin-poin penting. Anda mungkin bisa mencari kata-kata sendiri dan mengembangkannya dengan lebih baik sesuai kebutuhan.

Bookmark and Share

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Meminta Maaf Yang Baik dan Benar

    […] mengetahui cara meminta maaf kepada pelanggan, hal terbaik untuk dilakukan adalah menulis surat permohonan maaf. Jangan mencoba masuk lebih dalam untuk menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah. Jangan […]

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com