Contoh Surat Lamaran Kerja dan Format Penulisan

Menulis format surat lamaran kerja yang benar adalah kunci yang dapat membuka gerbang kesuksesan anda dalam sebuah perusahaan. Jika anda mencari contoh format surat lamaran kerja, artikel ini wajib anda ikuti lebih lanjut untuk memahami tips dalam menulis surat lamaran kerja.

Surat lamaran yang ditulis adalah bagian terbaik dari menulis resume. Bahkan jika resume anda baik, kemungkinan besar lamaran anda dapat menarik perhatian. Surat lamaran dari berbagai pelamar kerja sering dikaji oleh HR perusahaan, untuk diperiksa manakah yang terbaik dari para pelamar kerja.

Cara membuat surat lamaran kerja

surat lamaran kerja

surat lamaran kerja

Dalam mendapatkan suatu pekerjaan, anda harus dapat membuat surat lamaran dengan baik. Setelah itu, barulah faktor-faktor yang lain akan berpengaruh, seperti hasil wawancara, psikotes, penampilan, dan gaji. Jika anda tidak terampil dalam membuat surat lamaran, maka anda tidak akan pernah dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara. Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja berakibat anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Bahkan yang lebih parah, surat tersebut langsung saja dimasukkan ke tong sampah oleh personalia.

Untuk membuat surat lamaran yang baik adalah ringkas dan tidak bertele-tele, serta langsung menguraikan perihal tentang diri anda. Surat lamaran harus ditulis sedemikian rupa sehingga mencakup semua bidang. Kualifikasi dan prestasi harus disorot. Surat lamaran harus menciptakan kesan yang baik. Anda harus dapat membuat surat lamaran yang seefektif mungkin hanya dengan satu atau beberapa kertas saja. Bagian personalia adalah orang pertama yang akan menilai dan mengetahui siapa dan bagaimanakah kualitas dari anda. Surat lamaran biasanya dilengkapi dengan foto dan fotokopi berkas lain yang ada hubungannya, mungkin dapat berupa ijazah atau sertifikat lain.

Disadari ataupun tidak, surat lamaran adalah hal yang pertama kali mewakili diri kita. Oleh karena itu janganlah sekali-sekali menyepelekan teknik dalam penulisan surat. Adapaun faktor-faktor yang dapat membuat surat lamaran efektif adalah sebagai berikut:

  • Surat lamaran tidak berkesan sombong. Jika terkesan sombong maka ini akan mengurangi nilai terhadap kepribadian anda.
  • Foto sebagai identitas diri tidak boleh dimasukkan begitu saja ke dalam amplop atau map. Foto yang hilang atau terselip akan mengurangi kualitas diri anda.
  • Lampiran yang disertakan dalam surat lamaran harus sesuai dengan yang ditulis. Jika tidak sesuai berarti kualitas ketelitian anda kurang.
  • Surat lamaran harus dibubuhi dengan tanda tangan agar terbukti sah.

Contoh surat lamaran kerja

Pada dasarnya, surat lamaran terbagi menjadi 2 yaitu, surat lamaran untuk belum mempunyai pengalaman kerja dan surat lamaran yang sudah mempunyai pengalaman kerja. Berikut di bawah ini adalah contoh surat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan pemerintah maupun swasta.

Contoh format surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia non pengalaman kerja

Open Me

Jakarta, 20 November 2014

Kepada yth.

Bapak Manajer Personalia

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan lamaran di perusahaan Bapak. Saya belum mempunyai pengalaman kerja. Saya akan giat dan rajin bekerja, serta bertanggung jawab. Saya akan memberikan yang terbaik yang dapat saya berikan kepada perusahaan. Sedangkan mengenai gaji dan fasilitas lain akan saya serahkan kepada kebijaksanaan Bapak.

Dengan senang hati jika Bapak bersedia meluangkan waktu untuk menginterviu saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi Santosa

Contoh format surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia yang sudah mempunyai pengalaman kerja

Open Me

Bandung, 20 November 2014

Kepada yth.

Bapak Manajer Personalia

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak. Sebelumnya, pengalaman kerja terakhir saya terakhir sebagai Marketing Manager di PT XYZ.

Dengan senang hati apabila Bapak bersedia meluangkan waktu untuk menginterviu saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Bambang Pamungkas

Contoh format surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris non pengalaman kerja

Open Me

Jakarta, November 20 , 2014

The Personnel Manager

PO. BOX 5253/JKABV

Jakarta 11087

Dear sir,

I wish to apply for in your company as your advertised. I am 23 years old and graduated from Cendrawasih University with an honour degree in law. I learnt many things here.

I do not have experience, but I always want to be a success person and should welcome for the opportunity of becoming one. This job, I think, requires a lot of initiative and offers me opportunity to better my self. I will do my best.

I look forward to the pleasure of a personal interview when I shall be happy to give you details of my qualifications.

Yours faithfully

Adi Slamet

Contoh format surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang sudah mempunyai pengalaman kerja

Open Me

Jakarta, November 20 , 2014

The Personnel Manager

PO. BOX 5253/JKABV

Jakarta 11087

Dear sir,

I wish to apply for in your company as your advertised. I am 28 years old and graduated from Cendrawasih University with an honour degree in law. I have successful experience behind. My first job was a Sales Staff in PT XYZ, and I learnt many things here. After 3 years, I moved to PT CBA where I am working now as Sales Manager.

I always want to be a success person and should welcome for the opportunity of becoming one. This job, I think, requires a lot of initiative and offers me opportunity to better my self. I will do my best.

I look forward to the pleasure of a personal interview when I shall be happy to give you details of my qualifications.

Yours faithfully

Adi Slamet

Penulisan surat lamaran kerja biasanya ditulis dengan tangan. Namun karena manfaat teknologi sekarang, akan lebih baik untuk mengetiknya di komputer, dengan tujuan anda tidak perlu repot nantinya untuk menulis surat lamaran lagi. Anda hanya tinggal mengedit sedikit dan kemudian tinggal mencetaknya. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga. Namun, jika anda berniat menggunakan tulisan tangan, tidak ada salahnya dilakukan. dengan syarat tulisan anda bisa terbaca dengan jelas dan rapi. Jika tidak, penyeleksi akan pusing dalam membaca surat anda. Akibatnya hilanglah kesempatan anda untuk diterima bekerja di perusahaan. Oleh karena itu, akan lebih efisien dengan mengetiknya. Demikian adalah cara penulisan dan tips yang dapat anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja.

Bookmark and Share

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alasan Berganti-ganti Pekerjaan dalam Wawancara Kerja

    […] surat lamaran adalah alat terbaik untuk memberikan rincian tentang berbagai pekerjaan yang anda jalani dalam […]

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com