Tips Meningkatkan Kekuatan Pikiran

Jika anda sedang mencari tips tentang cara untuk meningkatkan kekuatan pikiran, saat ini anda telah berada pada halaman yang tepat. Artikel berikut memberikan tips yang berguna untuk memanfaatkan kekuatan mental secara optimal.

Adalah fakta bahwa kebanyakan dari kita menggunakan hanya beberapa bagian dari seluruh kemampuan mental kita. Ini disebabkan karena kita tidak pernah repot-repot untuk membangkitkan atau mengasahnya. Kita tidak pernah repot-repot untuk melakukan upaya ekstra kecuali benar-benar diperlukan. Untuk alasan yang sama, kita membiarkan bagian yang baik dari pikiran kita untuk tetap tertidur selama hidup ini. Ingin tahu cara meningkatkan kekuatan pikiran? Segmen berikut akan memberitahukannya untuk anda.

Cara meningkatkan kekuatan pikiran

Pada umumnya, kita menggunakan pikiran setidaknya hanya 70% dari total kapasitas. Lalu, bagaimana membangkitkan sisanya sehingga bisa memanfaatkannya hingga 100%? Otak yang optimal mempunyai ciri khas yang memiliki kualitas sebagai berikut;

  • Konsentrasi yang sangat baik
  • Pengolahan informasi yang cepat
  • Menghafal sangat baik
  • Kemampuan menghasilkan ide-ide original
  • Kemampuan memecahkan masalah secara kreatif
  • Kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan
  • Kemampuan untuk memvisualisasikan
  • Mampu menerima terhadap perubahan positif
  • Kecerdasan emosional dan empati

Nah, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu dalam mencapai kombinasi kualitas yang disebutkan di atas, yang akan membentuk otak tajam dan pikiran yang kuat.

Merawat otak
Karena otak adalah pusat kecerdasan, emosi, dan kreativitas, maka perlu untuk benar-benar memelihara organ ini dengan baik untuk mempertajam kemampuan mental. Langkah pertama adalah dengan mulai melakukan diet dan gaya hidup yang sehat sebagai batu loncatan menuju pikiran yang sehat. Makanan kaya asam lemak Omega 3, vitamin antioksidan (A, C, E), seng, vitamin B, dsb dianggap sebagai makanan sehat untuk otak yang mempertajam pikiran dengan membuat otak sehat. Minum banyak air dapat membuat limbah dan racun dalam tubuh keluar, memberikan tubuh yang sehat dan secara otomatis berdampak pada kesehatan otak.

Oksigen adalah determinan penting dari fungsi otak dan oksigen yang memadai juga memberikan tubuh memiliki sirkulasi darah yang sehat. Itu sebabnya, berolahraga secara teratur membuat pikiran lebih tajam dan membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi otak secara keseluruhan.

Melatih otak
Seperti halnya tubuh, otak juga membutuhkan aktivitas yang menantang pikiran. Melakukan tugas dan berpartisipasi dalam kegiatan yang menantang pikiran dan membuatnya bekerja. Sebagai contoh, kegiatan seperti memecahkan masalah matematika, pelajaran musik, berpartisipasi dalam menulis kreatif atau bebas berekspresi, dsb.

Kemampuan observasi
Mengembangkan kekuatan observasi dan kemampuan retensi mnemonic. Misalnya, mencatat semua hal-hal yang ada di sekitar anda sehari-hari, langsung dari waktu ketika anda meninggalkan rumah di pagi hari sampai waktu anda kembali. Tuliskan segala sesuatu yang anda ingat di sekitar anda pada selembar kertas. Tuliskan rincian dan kronologis sebanyak mungkin tentang segala sesuatu yang anda ingat hari itu. Hal ini mungkin tampak menjengkelkan, tapi setelah beberapa minggu melakukan kegiatan ini, anda akan melihat bahwa kemampuan anda untuk mengingat dan memperhatikan telah meningkat berlipat ganda. Berlatih yoga dan meditasi setiap hari juga akan membantu dalam mempertajam fokus selain meningkatkan konsentrasi dengan pesat.

Menyalurkan kreativitas
Buka jendela pikiran anda dan biarkan imajinasi anda melambung tinggi. Imajinasi adalah semua tentang orisinalitas. Melatih kreativitas dalam permainan yang mengajak untuk berpikir kreatif akan membantu anda untuk bisa menghasilkan solusi atau pemecahan masalah nantinya.

Percaya atau tidak, mendapatkan 8 jam tidur setiap hari adalah sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan pikiran yang tajam. Sikap positif dan pendekatan yang fleksibel terhadap perubahan dan segala sesuatu adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan pikiran.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Menghafal Cepat Dengan Cara Mudah

    […] Tips Meningkatkan Kekuatan Pikiran […]