Meningkatkan Kadar Hemoglobin Dalam Darah

Cara meningkatkan hemoglobin dalam darah dapat tergantung pada pola makan yang kaya akan kandungan zat besi. Hal ini dapat dikatakan cukup untuk menjaga tingkat hemoglobin dengan normal. Kadangkala, adanya suplemen dan obat tertentu mungkin diperlukan juga, tergantung pada penyebab dan keparahan kondisi penderita.

Hemoglobin merupakan protein yang ada dalam sel darah merah makhluk vertebrata, yang kaya kandungan zat besi. Kandungan zat besi yang cara meningkatkan kadar hemoglobinmengandung pigmen hemoglobin dikenal dengan hematin, sedangkan bagian protein disebut dengan globin. Fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, oleh karena itu akan menyuplai energi pada reaksi kimia dalam sel-sel. Karbondioksida yang merupakan hasil sampingan dari reaksi kimiawi, diangkut kembali ke paru-paru untuk sistem pernafasan. Hemoglobin berperan sangat penting pada tubuh manusia guna menjalani hidup yang sehat. Hemoglobin sangat diperlukan guna menjaga tingkat pigmen di dalam darah. Penurunan dari tingkat hemoglobin secara normal ada kemungkinan tidak menimbulkan efek yang nampak. Akan tetapi, penurunan secara drastis akan menyebabkan gejala parah, sehingga menjadi suatu komplikasi masalah kesehatan. Di bawah ini beberapa ringkasa mengenai penyebab rendahnya hemoglobin dalam tubuh dan bagaimana cara mengobati hemoglobin rendah.

Penyebab tingkat hemoglobin yang rendah dan mengalami penurunan

  • Kadar zat besi yang kurang dalam tubuh dapat mempengaruhi sintesis hemoglobin sehingga menyebabkan gejala anemia karena kekurangan zat besi. Kondisi ini akan ditandai dengan pigmen sel darah merah yang lebih rendah. Salah satu yang menjadi penyebab adalah asupan dari zat besi yang relatif sedikit. Selain zat besi, defisiensi vitamin B12 dan nutrisi yang lain dapat juga sangat mempengaruhi jumlah hemoglobin pada tubuh.
  • Pada beberapa kondisi yang terjadi, terhambatnya atau lambatnya penyerapan dari zat besi akan mengakibatkan rendahnya kadar hemoglobin. Kondisi ini dapat terjadi pada mereka yang menderita dengan gangguan kesehatan tertentu misalnya penyakit seliaka yang dapat merusak lapisan di usus. Kandungan kalsium dan tanin dalam makanan juga dapat menggganggu dan memperlambat tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih cepat.
  • Tingkat hemoglobin juga dapat mengalami penurunan jika terjadi pendarahan. Wanita yang mengalami datang bulan yang ekstrim, donor darah, hidung berdarah, dan kecelakaan juga akan mengalami tingkat hemoglobin yang rendah.
  • Gangguan kesehatan tertentu meliputi penyakit ginjal, leukemia, sirosis, hipotiroidisme dapat menjadi penghambat dalam memproduksi sel darah merah. Tingkat hemoglobin juga dapat menurun dikarenakan penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Penyakit yang ditandai dengan adanya penghancuran sel darah merah berlebihan. Ini dapat meliputi seperti peyakit anemia sel sabit, splenomegali, dan talasemia.

Cara meningkatkan kadar hemoglobin

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, penyebab dan tinggi rendahnya kadar hemoglobin adalah tidak sama bagi semua usia dan jenis kelamin. Maka itu, cara meningkatkan kadar hemoglobin yang digunakan dalam menyembuhkan kondisi ini juga dapat beraneka ragam antara satu dengan yang lain. Makanan bergizi ditambah dengan suplemen dapat dianggap cukup jika tidak terdapat penyakit lainnya. Namun, adanya masalah kesehatan tertentu haru diobati dengan lebih teliti. Bila kadar hemoglobin terlalu sedikit, maka yang terbaik adalah dengan melakukan transfusi darah. Kondisi semacam ini pada umumnya muncul saat kehilangan darah yang parah mungkin dikarenakan traumatis atau saat pembedahan pada operasi.

Jika terjadi karena anemia defisiensi zat besi, maka dokter biasanya akan memberikan saran untuk mengkonsumsi suplemen zat besi, selain itu juga mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi. Kandungan zat besi pada makanan yang berasal dari sumber hewani terbukti lebih berfaedah untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh daripada kandungan zat besi dari sumber nabati. Selain itu, vitamin B6, B12, serta asam folat juga dapat dimasukkan guna menambah jumlah hemoglobin.

  1. Buah dan sayuran; tomat, brokoli, kacang-kacangan, kubis, kecambah, asparagus, jagung, anggur, orange, nanas, jambu biji/ kluthuk, pepaya, buah kiwi, mangga.
  2. Makanan; daging, telur, ikan, kerang, hati, daging merah, biji bunga matahari, susu kedelai.

Selama dalam masa penyembuhan, yang harus anda hindari adalah mengkonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Makanan ini dapat termasuk makanan yang kaya serat, makanan yang tinggi kalsium seperti produk susu, coklat, bersama dengan minuman berkafein dan beberapa obat-obatan yang mengandung antasida dan fosfat.

Seseorang yang menderita penyakit seliaka harus menghindari makanan mengandung gluten. Ini dikarenakan akan mengganggu dalam menyerap kandungan nutrisi, dalam hal ini adalah zat besi. Maka itu, anda harus menghindari produk gandum dan makanan lain dengan kandungan gluten untuk mencegah kekurangan zat besi dan kadar hemoglobin yang rendah.

Vitamin c akan memberikan faedah ditambah dengan suplemen zat besi. Vitamin C bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dengan lancar.

Makanan yang mengandung asam oksalat yang tinggi dapat menghambat tubuh dalam menyerap zat besi dengan lancar. Bayam adalah satu contoh sayuran, di mana merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi, tapi juga mengandung asam oksalat.

Selalu diingat bahwa rendahnya jumlah hemoglobin dapat disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu yang mendasarinya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengatasi hal yang menjadi sumber penyebab. Bila kondisi tersebut disebabkan karena kehilangan darah akibat dari perdarahan ulkus, maka hal ini akan memerlukan perawatan khusus disertai dengan metode meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Untuk kondisi anemia yang sangat parah, akan diperlukan transfusi darah. Kadar hemoglobin yang mengalami penurunan dapat disebabkan karena alasan tertentu. Bila defisiensi zat besi yang merupakan penyebabnya, maka pola makan yang kaya zat besi dan suplemen sudah cukup untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Di sisi lain, jika yang menjadi penyebab adalah karena suatu penyakit, maka kondisi ini harus mendapatkan perhatian khusus.

Bookmark and Share

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengatasi Gejala Hemoglobin Rendah + Penyebab HB Rendah - September 24, 2013

    […] menderita anemia defisiensi zat besi, mereka harus mengkonsumsi suplemen zat besi sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin mereka dengan lebih cepat. Akan tetapi, jika jumlah hemoglobin masih juga rendah, maka yang terbaik […]

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com