Mengatasi Kebiasaan Sering Melamun

Melamun adalah bentuk imajinasi, fantasi atau pikiran yang terjadi pada seseorang saat terjaga. Seseorang akan membentuk gambar mengenai situasi tertentu, peristiwa, atau orang lain yang pernah ditemuinya atau juga belum. Kadang-kadang, kita mencoba untuk kembali menghidupkan pengalaman lama dengan membayangkan diri dalam situasi tersebut. Sebagai contoh, seseorang dapat menghidupkan kembali kenangan romantisnya dengan memikirkan masa-masa pacaran. Dia bisa membentuk gambaran tertentu dari peristiwa penting dalam keseharian atau semua kenangan yang terkait, yang berlangsung melalui pikiran seolah-olah sedang menonton film bisu. Kadang juga, seseorang mungkin membayangkan dirinya menjadi seorang bintang film. Melamun adalah memiliki pikiran yang mengembara dan penuh imajinasi.

Menurut psikolog, sepertiga dari satu setengah pikiran manusia adalah bagian dari lamunan, dan orang rata-rata melamun sekitar tiap sembilan puluh menit. Namun, lamunan tersebut tidak bertahan lebih dari beberapa menit. Psikolog juga mengatakan bahwa lamunan pertama terjadi pada masa kanak-kanak, ketika seorang anak berusia sekitar 3 tahun. Freakuensi pola lamunan akan berbeda dari individu ke individu. Anak-anak yang berangan-angan tentang hal-hal positif dan bahagia akan terus bermimpi seperti itu di masa dewasa, sedangkan anak-anak yang melamun tentang hal-hal negatif dan menakutkan akan mentransfer pola yang sama di masa dewasa dan cenderung menderita kecemasan dan ketakutan.

Dampak melamun

Melamun sebelumnya memiliki konotasi negatif yang melekat. Dikatakan bahwa hanya orang-orang pemalas yang suka melamun. Kemudian psikolog berpendapat bahwa melamun merupakan tanda awal dari penyakit mental dan pelamun adalah orang-orang dengan keinginan yang tidak terpenuhi. Namun lambat laun hal ini berubah dan orang-orang mempelajari psikologi tentang melamun yang merupakan fenomena pada manusia normal.

Sering melamun berlebihan pada umumnya menandakan masalah mental atau emosional. Orang-orang yang sering melamun menghindari tanggung jawab yang penting atau perasaan tidak menyenangkan. Melamun maladaptif juga dapat menyebabkan halusinasi visual, di mana susah untuk membedakan kenyataan dengan mimpi. Kebiasaan melamun seperti ini membutuhkan perhatian dari psikoterapi jika hal itu mempengaruhi aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh seseorang. Selama melamun, hal ini membuat seseorang terisolasi dan ditarik dari kegiatan sosial. Namun, melamun juga memiliki banyak efek positif pada psikologi manusia. Sel-sel otak akan digunakan dan memanfaatkan pengetahuan yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Hal ini dapat meningkatkan kreativitas dan pemikiran inovatif pada individu. Banyak terdapat penulis, pelukis, seniman, dan ilmuwan mengembangkan ide-ide baru sambil melamun. Lamunan memungkinkan anda untuk menjauh dari kenyataan untuk sementara waktu dan membantu anda untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan, seperti keberhasilan dan prestasi yang dapat memotivasi serta menginspirasi anda untuk mencapai tujuan dalam hidup. Hal-hal baik tentang lamunan adalah bahwa kita dapat mengontrolnya jika kita inginkan, tidak seperti mimpi yang terjadi ketika kita sedang tidur.

Tips mengatasi kebiasaan sering melamun

Sekarang kita telah membahas esensi melamun, mari kita fokus pada beberapa langkah yang dapat membantu kita untuk mengatasi kebiasaan sering melamun yang membuat kita tidak produktif, tidak efisien, dan menjadi sampah dari kekuatan mental kita.

Mengutamakan hidup
Ini adalah sebuah topik yang luas dan tidak perlu dibuat rumit selama bertahun-tahun. Jika anda seorang mahasiswa, maka anda perlu mencari tahu beberapa langkah yang benar-benar penting untuk masa depan yang cerah. Kemudian, anda harus terus-menerus terlibat dalam kegiatan sehari-hari untuk membuat langkah-langkah efektif. Jika anda selalu berpikir tentang basket, maka bermainlah. Jika anda berada di kelas, fokuslah pada pelajaran. Ini akan membantu anda memperoleh pendidikan yang dapat membantu anda untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang layak. Untuk seorang profesional, prioritas termasuk dapat menjadi orangtua yang baik. Menentukan prioritas akan membantu anda untuk memaksimalkan waktu dan berusaha. Pikiran anda akan memiliki tujuan dan jadwal teratur.

Terhubung dengan lamunan
Jika anda tegas untuk mengakhiri kebiasaan sering melamun, sisihkanlah waktu tertentu di siang hari, sebelum tidur atau saat anda bangun di pagi hari. Sementara itu, tulis semua apa yang ada dalam pikiran anda yang sedang mengembara pada selembar kertas. Khayalan sesekali berulang dalam pikiran kita dan membentuk sebuah pola. Ketika anda telah menulis semuanya dalam daftar, pikirkan tentang hal-hal tersebut berkatalah pada pikiran anda untuk berhenti berpikir tentang topik itu. Praktek secara bertahap ini akan membantu anda menyaring impian dan aspirasi yang benar-benar penting bagi pikiran anda.

Belajarlah untuk rileks
Jika anda merasa bahwa pikiran anda sedang terjebak, ambillah istirahat. Buatlah pikiran anda untuk memecahkan semua pertanyaan satu per satu. Ini akan semakin mudah akan untuk menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu.

Melamun dapat membuka pintu untuk mencapai potensi maksimal, jika anda mampu mendengarkan hati dan pikiran, dan bekerja secara terencana.

Comments are closed.