Cara Membersihkan Cincin Berlian

Cincin berlian dapat kehilangan kemilaunya jika terdapat banyak kotoran yang menumpuk. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan cincin berlian tersebut.

Berlian dianggap sangat berharga akan nilainya. Permukaan pada batu berlian ini membiaskan cahaya dan ini adalah alasan di balik sifatnya yang berkilau. Namun, kotoran atau zat lain seperti minyak, lotion, dsb dapat mempengaruhi kilauan batu. Seiring dengan waktu, kotoran akan mempengaruhi kemilau pada batu dan akan terlihat kusam. Dalam hal ini, anda harus membersihkan cincin berlian tersebut sehingga memancarkan membawa kembali cahaya yang kemilau. Membersihkan cincin berlian secara teratur akan berguna dalam mempertahankan indahnya cincin berlian anda.cara membersihkan cincin berlian

Tips untuk membersihkan cincin berlian

Hal yang paling penting untuk diingat tentang berlian adalah bahwa harus ditangani dengan hati-hati. Batu-batu mahal ini harus dijauhkan dari kotoran, bahan kimia, dan kontak dengan zat keras. Jika anda mengenakan cincin berlian untuk harian, seperti cincin pertunangan atau cincin kawin, maka perlu dibersihkan secara teratur.

Jika cincin anda yang terlalu mahal atau antik, akan selalu lebih baik untuk menyerahkannya pada ahli perhiasan, yang memiliki teknik-teknik modern untuk membersihkan batu-batu ini. Beberapa toko perhiasan kadang menawarkan kepada pelanggan jasa membersihkan berlian. Cincin berlian yang sederhana dapat dibersihkan sendiri di rumah, jika anda telah tahu metode yang tepat. Anda harus mengingat untuk tidak menggunakan bahan kimia, sabun cuci pakaian atau sikat kasar untuk membersihkan berlian.

  1. Pertama-tama, gelar lap pada permukaan datar di lokasi yang memberikan anda dengan banyak cahaya. Ini bisa menjadi ruang pembersihan. Jika anda membersihkan cincin di dalam wastafel, pastikan bahwa saluran tertutup dengan baik atau memegang cincin dengan erat.
  2. Ambil mangkuk dan tuangkan secangkir air hangat ke dalamnya. Campur ¼ cangkir amonia dalam mangkok dan biarkan cincin dalam larutan selama sekitar tiga sampai lima menit.
  3. Jika cincin tersebut sangat kotor, tunggulah setidaknya 15 menit. Setelah anda mengambil cincin itu, bilas dengan air suam-suam kuku dan gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan batu. Anda dapat menggunakan sikat gigi anak-anak untuk membersihkan berlian di rumah.
  4. Keringkan batu dan cincin dengan lap yang lembut, setelah membilas cincin secara menyeluruh dengan air biasa. Gunakan lap untuk memoles batu, sehingga terlihat lebih berkilau setelah dibersihkan.
  5. Beberapa orang menggunakan baking soda untuk membersihkan cincin berlian yang sedikit kotor. Sebuah pasta yang terbuat dari baking soda dan air digunakan untuk tujuan ini. Pasta tersebut diaplikasikan di atas batu, yang kemudian dibersihkan dengan sikat lembut. Cincin ini kemudian dibilas dengan air biasa dan dikeringkan dengan kain lembut yang bebas serpihan benang.
  6. Anda mungkin pernah mendengar cara membersihkan cincin berlian dengan cuka. Untuk ini buatlah campuran cuka dan air dalam jumlah yang sama. Cincin direndam selama 10 sampai 15 menit, sebelum disikat dengan sikat gigi yang lembut. Bilas dengan air biasa dan keringkan batu dengan segera.
  7. Apa pun mungkin metode yang anda pilih untuk membersihkan cincin berlian, anda harus memastikan untuk mengeringkan cincin berlian sesegera mungkin.
  8. Sebagaimana disebutkan di atas, toko perhiasan biasanya juga menyediakan layanan untuk membersihkan berlian. Mereka biasanya menggunakan metode seperti steam cleaning, ultrasound cleaning, bahkan juga dengan asam sulfat jika batu berlian tersebut sudah terlampau kotor.

Perlu diingat, bahwa terlalu sering membersihkan berlian juga dapat menyebabkan kilauan batu-batu ini memudar.

Bookmark and Share

Comments are closed.