Untung Ruginya Berbelanja Online

keuntungan dan kerugian belanja onlineDengan peningkatan penggunaan internet, semakin banyak orang tertarik melakukan belanja online. Ini berarti pembelian produk telah memperoleh popularitas besar di masa sekarang ini. Sebelumnya, internet hanya dapat diakses oleh orang dari negara maju, tapi revolusi terakhir telah dibuat dan dapat diakses oleh hampir seluruh bagian dunia. Sekarang orang berbondong-bondong untuk berbelanja secara virtual di internet. Banyak orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja online karena sangat nyaman dan mudah. Setiap konsumen yang telah berpengalaman akan memiliki pandangan sendiri tentang hal itu. Konsep belanja barang melalui layanan online telah sangat diakui dan diterima, karena menyediakan beberapa manfaat kepada pelanggan. Namun, setiap aspek yang baik memiliki juga sisi buruk dan ini berlaku untuk belanja online. Keuntungan dan kerugian dari jenis belanja online tercantum di bawah ini.

Keuntungan Berbelanja Online

  • Bagian terbaik dari belanja online adalah bahwa anda dapat berbelanja dari rumah. Tidak perlu pergi ke mall untuk membeli item yang anda butuhkan. Yang diperlukan hanyalah tinggal memesan saja.
  • Ketika anda berbelanja dari rumah anda maka dapat menghemat tenaga dalam mencari produk yang diinginkan.
  • Hal ini sangat mudah dilakukan, anda hanya tinggal kunjungi situs, mencari produk dan membelinya.
  • Belanja online memberi anda hak istimewa untuk berbelanja kapanpun anda inginkan. Toko-toko tidak pernah tutup dan anda dapat melakukan belanja 24×7.
  • Anda tidak perlu pindah dari toko ke toko untuk mencari jenis produk yang tersedia di pasar. Pilihan yang tersedia secara online sangat banyak dan ini adalah salah satu fitur terbaik dari belanja online.
  • Belanja di mall dan toko membuat sulit untuk membandingkan antara fitur dan harga produk. Belanja melalui website menyediakan perbandingan produk dan membantu dalam memutuskan mana yang harus dibeli.
  • Banyak situs memberikan diskon khusus dari waktu ke waktu untuk menarik pelanggan. Anda selalu dapat membeli produk tersebut dan menghemat uang.

Kerugian Berbelanja Online

  • Kerugian pertama adalah bahwa ada jeda waktu antara pembayaran dan pengiriman produk.
  • Anda tidak dapat mencoba produk sebelum membelinya. Banyak orang suka mencoba-coba sebelum melakukan pembayaran. Fitur ini hilang saat anda membeli produk secara online.
  • Biaya pengiriman tinggi dan sering adanya tambahan biaya produk. Perusahaan biasanya menetapkan biaya pengiriman yang sangat tinggi, yang menambah total pengeluaran. Jika produk dikirim dari negara lain, maka anda bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan juga.
  • Modus pembayaran mungkin tidak aman. Melakukan pembayaran online melalui debet atau kartu kredit mungkin merupakan modus transaksi yang rawan. Oleh karena itu penting untuk memeriksa apakah ada jaminan gateway pembayaran atau tidak.
  • Kemungkinan kerusakan produk saat pengiriman tidak dapat dibatalkan. Jika produk yang diterima rusak, maka bisa memakan waktu beberapa hari untuk penggantian atau perusahaan tidak dapat memberikan penggantian sama sekali.
  • Kemudahan belanja bisa sangat berbahaya bagi shopaholics, karena mereka mungkin akan terprovokasi untuk membeli banyak item yang menyebabkan pengeluaran yang tidak diinginkan.
  • Jika terjadi kesalahan ataupun penangguhan, anda harus mengikuti prosedur yang panjang dan menunggu selama beberapa hari sampai masalah terselesaikan.
  • Anda harus memiliki debit atau kartu kredit untuk melakukan pembelian. Tidak semua website memberikan banyak pilihan untuk melakukan pembayaran terutama jika berbelanja di website internasional.
  • Penipuan yang seringkali terjadi dalam berbelanja online.

Jika anda mencoba metode belanja online untuk pertama kalinya, lebih baik untuk mendapatkan beberapa tips belanja online yang aman dari teman dan kerabat yang sudah mencobanya, sehingga anda tidak membuat kesalahan.

Bookmark and Share

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com