Hari Pertama Bekerja

Sebuah pekerjaan baru adalah identik dengan bertemu orang-orang baru, menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, melakukan pekerjaan baru, dan mempunyai bos baru! Dengan begitu banyak hal baru, anda merasa gembira namun juga gugup. Kegembiraan dan kegelisahan yang berlebihan dapat merusak kesan anda di tempat kerja pada hari pertama, dan ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Dalam dunia materialistik saat ini, seringkali dimulai dari penampilan seperti pakaian, kemudian sikap dalam menciptakan kesan yang baik.

Cara membuat hari pertama menjadi sempurna

1. Mengikuti perkembangan terbaru mengenai peristiwa yang ramai dibahas masyarakat pada umumnya ataupun yang berhubungan dengan ruang lingkup kerja. Persiapan ini akan berguna jika atasan anda menanyakannya untuk menguji pengetahuan anda tentang peristiwa yang terjadi saat ini.

2. Malam sebelumnya tidurlah yang cukup. Tidur sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Tidur menyegarkan kita, dan mempersiapkan kita untuk kerja keras di hari berikutnya. Pada hari pertama, anda harus mencari yang terbaik, dan tidur akan membantu dalam hal yang sama.

3. Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa frustrasi yang berasal dari perut kosong. Selain itu, anda harus ekstra fokus pada pekerjaan anda pada hari pertama. Anda harus memilih untuk memakan sarapan yang sehat. Pastikan bahwa nafas anda tetap segar setelah sarapan.

4. Pakaian anda berbicara banyak tentang diri anda sehingga membutuhkan perhatian khusus juga. Berpakaianlah sesuai budaya di tempat kerja baru anda. Tidak memakai pakaian kasual atau terlalu santai kecuali anda adalah wanita yang sedang hamil.

5. Tidak lupa membawa peralatan atau mungkin dokumen yang diperlukan.

6. Datanglah ke kantor lebih awal sehingga anda mendapatkan ikatan dengan orang lain di sekitar. Ini akan menciptakan kesan buruk jika anda terlambat pada hari pertama. Jika tempat kerja anda jauh, anda harus belajar memutuskan waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Rencanakan jadwal anda sehingga tiba di kantor dengan tepat waktu.

7. Untuk menggambarkan diri anda sebagai karyawan yang menyenangkan, anda harus mengikuti tingkah laku yang tepat dan etika yang baik. Hal-hal kecil seperti  menyapa orang lain di tempat kerja adalah penting. Hal ini menyampaikan kepada orang lain bahwa anda berpikiran terbuka dan ramah.

8. Ajukan pertanyaan jika anda kurang mengerti. Hal ini juga memfasilitasi komunikasi antara anda dan orang lain dan dengan demikian anda akan mengenal orang lain ataupun beradaptasi di tempat kerja dengan lebih cepat.

9. Jangan terlalu banyak bicara atau mencoba untuk mengganggu ruang gerak orang lain dan juga jangan menyendiri ataupun membatasi diri anda. Tunjukkan wajah yang ramah dan memiliki sikap terbuka kepada orang lain. Bersedia untuk memulai percakapan dengan orang lain.

10. Atasan seringkali diam-diam memantau pekerjaan karyawan baru, untuk melihat bagaimana mereka bekerja atau berperilaku dengan orang lain di kantor. Anda harus menampilkan rasa percaya diri dan memperhatikan hal-hal seperti kontak mata dan bahasa tubuh.

bekerja di kantor

Tips yang perlu diingat

1.  Bila anda memperkenalkan diri kepada orang lain, anda juga harus mengingat nama-nama mereka, untuk menghindari  saat-saat canggung pada hari berikutnya.

2.  Jauhkan diri dari kelompok gosip di kantor dan lebih berfokus pada pekerjaan, setidaknya pada hari-hari awal bekerja.

3.  Langsung berkomunikasi dengan supervisor jika anda memiliki masalah selama bekerja.

4.  Pastikan bahwa anda memiliki pengetahuan tentang latar belakang perusahaan anda.

5.  Berpartisipasi dalam kegiatan setelah aktivitas kerja jika ada.

Hari pertama anda bekerja adalah sebuah kesempatan yang menarik untuk bertemu orang baru. Namun tak luput dari itu, karyawan baru di tempat kerja yang baru, sebenarnya adalah termasuk orang yang paling bodoh di dunia saat itu.

, ,

Comments are closed.