Tips Teknik Efektif dalam Telemarketing

Telemarketing mengacu pada proses menggunakan telepon sebagai media interaktif untuk promosi penjualan. Telemarketing memegang banyak potensi untuk menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Jika digunakan secara efektif, telemarketing dapat menjadi alat yang ampuh untuk ekspansi bisnis. Namun, dapat menjadi sangat tidak populer dan bahkan merugikan bagi sebuah bisnis jika disalahgunakan.

Teknik Efektif Telemarketing

telemarketingTelemarketing yang efektif dapat menjadi salah satu cara yang paling signifikan untuk pemasaran atau mempromosikan barang dan jasa. Tetapi untuk menjadi telemarketing yang sukses memerlukan banyak keterampilan, persiapan dan komunikasi yang efektif. Simak tips berikut ini, yang dapat membantu anda untuk menggunakan telepon sebagai alat yang ampuh untuk memasarkan bisnis.

Perencanaan dan persiapan
Kunci keberhasilan dalam telemarketing adalah perencanaan dan persiapan. Sebuah telemarketer harus sangat jelas tujuannya dan bagaimana mencapainya. Kesan pertama adalah sangat penting dalam telemarketing, dan telemarketer biasanya hanya mendapatkan waktu yang singkat untuk menciptakannya. Jadi, sangat penting untuk membuat draf atau naskah percakapan dengan klien atau calon pelanggan. Namun, ini tidak berarti bahwa seseorang tidak dapat menyimpang dari rancangan. Tapi menyiapkan rancangan dapat membantu untuk tetap memikirkan hal-hal yang paling penting tentang produk atau layanan, yang harus disertakan dalam percakapan.

Komunikasi efektif
Selanjutnya persiapan tentang percakapan yang sebenarnya dengan calon pembeli atau klien, harus tahu dasar-dasar komunikasi yang efektif. Untuk membuat komunikasi menjadi efektif harus mampu menarik perhatian pendengar, dan menciptakan permintaan dalam pemikirannya tentang produk. Untuk ini, bahasa telemarketer harus sopan dan profesional. Siapkan daftar rinci pertanyaan-pertanyaan yang mungkin nantinya akan ditanyakan oleh klien tentang produk. Oleh karena itu, telemarketer harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang produk yang akan dijual.

Menanyakan kepada klien
Pertanyaan klien anda, apakah dia telah menggunakan produk yang terkait sebelumnya, dan masalah apapun yang pernah dihadapinya. Kemudian menjelaskan fitur khusus dan yang menarik dari produk anda, dan bagaimana anda dapat menawarkan kesepakatan yang lebih baik. Namun, anda harus menjelaskan tentang produk anda dan menahan diri dari menyesatkan pelanggan dengan menceritakan cerita palsu.

Jelaskan kualitas produk
Sementara memberikan rincian tentang produk anda, menggunakan bahasa yang sederhana, jika klien kebetulan tidak memiliki pengetahuan teknis tentang produk tersebut. Dengan kata lain, produk perlu dijelaskan dari sudut pandang pelanggan. Percaya pada kualitas produk anda. Jika telemarketer yakin tentang produk yang akan dijual, maka ada kesempatan untuk membangkitkan minat dalam pikiran calon pelanggan, atau setidaknya dia memang tertarik.

Hindari percakapan yang tidak perlu
Hindari konservasi dengan klien anda. Sebaliknya, fokus pada produk atau jasa anda akan kualitasnya. Membangun hubungan yang baik dengan klien tidak diragukan lagi bahwa sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam telemarketing, tetapi itu tidak berarti bahwa kita harus membuat percakapan yang tidak perlu.

Hindari mengganggu klien
‘Jika klien anda secara terbuka mengungkapkan bahwa mereka tidak tertarik pada produk anda’. Dalam situasi seperti ini, dengan lembut meminta maaf kepada mereka atau berterima kasih pada mereka untuk mendengarkan anda sangat sabar. Tetapi jika klien tampaknya tertarik, maka jadwallah dan tindak lanjuti panggilan.

Berurusan dengan keraguan
Jika klien tampaknya ragu-ragu, berilah mereka gambaran tentang apa yang bisa saja terjadi, jika mereka melakukan apa-apa tentang situasi tertentu. Dengan kata lain, memberitahu klien anda untuk mengambil keputusan konkret.

Anda dapat mempertajam keterampilan telemarketing seiring dengan waktu, ketika anda berkomunikasi dengan klien lebih jauh dan jauh lagi. Namun, ketika telemarketing disalahgunakan, itu hanya dapat merusak reputasi bisnis anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari melecehkan klien, ketika mencoba untuk menjual barang dan jasa. Pengiriman produk berkualitas dan penjualan layanan pelanggan sama-sama penting untuk membangun reputasi yang baik dari bisnis. Tanpa ini, klien tidak akan menunjukkan minat dalam melakukan transaksi bisnis di masa depan.

Bookmark and Share

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com