Mengajari Anak Belajar Matematika Dengan Mudah

Belajar matematika adalah subjek yang dicintai oleh beberapa anak dan mudah untuk dipahami. Jika diajarkan kepada mereka dengan carabelajar matematika dengan dadu yang menyenangkan dan kreatif, anak-anak dapat mempelajari konsep-konsep matematika sederhana dengan mudah. Otak anak-anak seperti spons, rakus menyerap semua yang diperlihatkan dan diajarkan kepada mereka. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kesempatan untuk belajar dan mengajar matematika ditemukan di banyak hal sehari-hari kehidupan kita.

Anak-anak dapat mulai belajar matematika dari usia yang sangat muda, bahkan ketika mereka masih balita. Memasukkan pelajaran matematika sederhana dalam kegiatan sehari-hari di rumah adalah langkah pertama untuk mengajar matematika dalam memberikan anak-anak keterampilan hidup, yang nantinya akan membantu mereka sebagai orang dewasa. Jangan menganggap ini sebagai tugas yang sulit, semua yang anda butuhkan adalah sikap positif dan banyak hal dapat ditemukan dengan mudah di sekitar rumah!

Matematika untuk Balita dan Anak Prasekolah

Membuat matematika bagian dari kegiatan sehari-hari anda. Ketika anda bermain dan bernyanyi bersama mereka, cobalah untuk bernyanyi sambil menghitung, sebagai bagian dari kegiatan matematika untuk anak-anak prasekolah. Belajar bisa menyenangkan jika diajarkan dengan bermain-main terutama pada usia muda. Menghitung segala sesuatu yang mereka temui, dari pohon, buah-buahan, buku-buku, dan mainan mereka. Jika anda sedang mencuci, minta mereka untuk menghitung pakaian dan menghitung ketika akan naik dan turun tangga.

Belajar matematika yang menyenangkan untuk balita

  1. Ambil potongan kardus/ karton dan tulislah nomor, kemudian buat mereka untuk mengidentifikasinya. Setelah mereka menjadi akrab, minta mereka untuk mengenali angka.
  2. Menggambar berbagai bentuk seperti kotak dan lingkaran di atas selembar kertas lalu ajaklah  mereka untuk mengenali bentuk. Konsep geometri dapat diperkenalkan pada tahap ini dengan mengajak mereka berkenalan dengan bentuk juga.
  3. Anda bahkan dapat memperkenalkan penjumlahan dan pengurangan pada tahap ini. Taruhlah buah-buahan atau kerupuk di atas meja, dan minta anak anda untuk menghitungnya. Kemudian tambahkan lebih sedikit atau mungkin dengan mengambilnya beberapa, dan sekali lagi meminta dia untuk menghitung. Dengan cara ini anak dapat mengembangkan keinginan untuk konsep dasar ‘plus dan minus’ sejak usia dini.

Matematika untuk Anak yang lebih Tua

Telah banyak diamati bahwa anak-anak belajar lebih cepat melalui praktek pengajaran visual yang digunakan. Penggunaan flashcards, bermain kartu, dan bahkan game komputer sampai batas tertentu dapat membantu anak dalam belajar konsep matematika. Ada game pembelajaran interaktif matematika yang cukup tersedia, yang dapat menjadi aset yang sangat bermanfaat untuk membuat menyenangkan dalam belajar matematika dan dengan mudah.

Belajar matematika yang menyenangkan untuk anak yang lebih tua

  1. Buatlah tabel perkalian. Tabel adalah alat yang hebat dan meminimalkan ketergantungan pada kalkulator. Tidak perlu menjadi kegiatan yang membosankan yang harus mereka lakukan di satu tempat. Minta mereka untuk menulis tabel pada kertas berwarna dan menempelkannya di lemari es, di dinding kamar mereka atau meja belajar.
  2. Setiap kali anda pergi berbelanja, minta anak anda untuk membantu dengan memilih bahan makanan. Mintalah dia untuk menghitung jumlahnya. Jenis proses belajar memberikan pengalaman di dunia nyata dan juga menarik karena anda akan memperkenalkan nilai uang.
  3. Bermain game seperti dadu. Setiap kali mereka memutar sepasang dadu, mintalah mereka untuk melakukan semua ‘operasi aritmatika’(tambah, kurang, kali, bagi) dengan himpunan bilangan yang menghadap ke atas.
  4. Penggunaan sempoa sebagai alat belajar perlahan-lahan mendapatkan momentum. Ada banyak buku pada subjek yang orang tua dapat memanfaatkannya. Dapatkan sempoa untuk anak anda dan mengajarkan perhitungan sederhana, konsep puluhan dan ratusan, dan secara bertahap meningkat ke arah yang lebih kompleks. Belajar untuk menggunakan sempoa pasti akan membantu anak dalam memecahkan masalah matematika dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Ada kegiatan matematika yang tak terhitung jumlahnya yang dapat membuat belajar matematika menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Setiap kali anak anda menemukan kesulitan untuk memahami sebuah konsep baru, doronglah dia dan jelaskan setiap kali diperlukan. Tujuannya bukan untuk menghafal di luar kepala, tetapi untuk memahami dasar-dasar dan konsep matematika.

Keterampilan matematika yang kuat akan membuat anak anda lebih sukses dan percaya diri di sekolah. Yang anda perlukan adalah sikap positif untuk menanamkan cinta yang kuat untuk matematika dalam diri anak. Dengan menggunakan konsep-konsep belajar matematika secara teratur dalam kehidupan sehari-hari, anda dan anak anda akan segera menyadari bahwa matematika bukan hanya subjek yang diajarkan di sekolah, tetapi hal itu adalah juga bagian dari cara hidup anda.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com