Tahapan Perkembangan Payudara Gadis Remaja

Menarche (siklus menstruasi awal) menandai awal pubertas pada anak perempuan. Perubahan fisik dan emosional terjadi selama masapayudara gadis remaja transisi dari masa kanak-kanak untuk kaum hawa. Tanda-tanda khas pubertas meliputi perubahan fisik (perkembangan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, bau badan, dll) serta perubahan perilaku. Karena perubahan payudara adalah perubahan dari bagian tubuh yang sangat menonjol, gadis pada usia ini sering bertanya pada diri sendiri dan orang lain, seperti pertanyaan – Seberapa besar payudaranya nanti?

Ada beberapa studi mengenai perkembangan payudara pada anak perempuan dan telah mengakui pola pertumbuhan yang telah dibagi menjadi lima tahap berikut. Artikel berikut dapat membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tentang perkembangan payudara.

Tahapan Perkembangan Payudara

Perkembangan payudara telah dibagi menjadi lima tahap. Setelah masa pubertas, mungkin diperlukan waktu antara delapan sampai sepuluh tahun agar perkembangan payudara menjadi lengkap. Payudara memakan waktu beberapa tahun sebelum sepenuhnya matang. Sementara beberapa perubahan terjadi selama masa pubertas, pertumbuhan penuh dapat dilihat selama kehamilan, setelah payudara sepenuhnya matang dan mampu memproduksi air susu.

Tahap 1 (kurang dari 10 tahun)
Pada periode ini anak berkembang di semua bidang, namun perkembangan payudara belum terlihat. Hanya areola kecoklatan di mana suatu hari nanti payudara dan puting berkembang sepenuhnya.

Tahap 2 (usia 8-13)
Ada beberapa sudut pandang yang berbeda untuk usia di mana tahap ini dimulai. Ada pula orang-orang yang mengatakan bahwa itu dimulai pada sembilan tahun. Dalam tahap ini kuncup payudara kecil berkembang dalam persiapan untuk pertumbuhan saluran.

Tahap 3 (12-14 tahun)
Pada tahap ini kuncup payudara mulai besar. Mungkin akan timbul rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Tahap 4 (12-15 tahun)
Pada tahap perkembangan payudara membentuk gundukan dan secara bertahap memperbesar, mungkin muncul garis-garis merah muda di payudara, ini hanya tanda sementara dan akan memudar seiring dengan waktu. Rasa yang tidak nyaman ini akan berlalu dalam waktu sekitar satu tahun atau lebih.

Ini adalah saat yang tepat untuk membeli bra. Anak perlu memahami bahwa bra adalah lebih dari sekedar pakaian. Bra dimaksudkan untuk melindungi payudara baik selama dan setelah pertumbuhan. Cedera pada payudara cukup menyakitkan dan payudara perlu dilindungi saat olahraga. Seorang gadis muda harus diajarkan dan membuatnya menjadi kebiasaan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

Tahap 5 (14-18)
Ini adalah tahap terakhir di mana payudara menjadi matang dan menjadi bulat penuh. Ini adalah tentang waktu ketika seorang wanita telah menyadari perkiraan payudara dan ukuran bra yang kemungkinan akan dipakai selama hidupnya. Akan ada faktor yang akan mengubah ini, ukuran payudara akan meningkat dengan adanya kehamilan dan berat badan. Selain itu jika wanita muda yang kelebihan berat badan, maka penurunan berat badan yang dramatis tentu saja akan mengurangi jumlah lemak di payudara dan ukuran bra akan berkurang.

Hal ini juga selama tahap terakhir dari perkembangan bahwa saluran dalam payudara akan tumbuh dan ini dapat menghasilkan benjolan kecil. Tetapi tidak perlu khawatir tentang ini karena biasanya hilang dalam beberapa siklus menstruasi. Dokter umumnya tidak khawatir tentang hal ini kecuali jika lebih lama dari tiga siklus menstruasi.

Kebanyakan wanita mengalami nyeri payudara siklis setiap bulan karena fluktuasi hormon seperti estrogen dan progesteron. Sedangkan hormon estrogen naik sekitar pertengahan siklus menstruasi dan menyebabkan pembesaran saluran susu, hormon progesteron meningkat pada paruh kedua siklus menstruasi dan merangsang pertumbuhan kelenjar susu. Hal ini membuat payudara lebih rentan terhadap rasa sakit sebelum siklus menstruasi. Namun, ini tidak harus menjadi penyebab kekhawatiran karena merupakan fenomena fisiologis sepenuhnya.

Sementara pertumbuhan dan perkembangan payudara adalah hal yang normal yang terjadi pada seorang gadis muda, juga dapat menjadi waktu yang menakutkan. Ada banyak perubahan yang terjadi dan beberapa di antaranya seperti payudara tidak berkembang pada waktu yang sama. Mungkin ada masa di mana satu payudara sedikit lebih besar dari yang lain. Ini hanyalah hal yang kecil dan sangat normal yang terjadi selama masa pertumbuhan. Setelah sekitar 18 tahun, payudara harus berada atau dekat dengan ukuran yang sama.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com