Pertimbangan Mengapa Pindah Kerja ke Perusahaan Baru

Jika anda berpikir untuk pindah kerja dan itu juga untuk pertama kalinya, maka itu memang panggilan yang sulit. Dan ini menjadi sangat sulit untuk memutuskan apakah anda harus pergi untuk kesempatan baru atau tetap dengan yang pekerjaan lama.

Adalah impian dari setiap individu untuk memiliki karir tinggi dengan pekerjaan yang menguntungkan dan posisi menjulang dalam sebuah perusahaan. Setiap orang ingin mencari kesempatan yang lebih baik bahkan jika ia bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang memberikan paket gaji yang cukup baik. Namun ketika ada satu tempat lain yang menawarkan paket gaji yang lebih menarik dan ditambah fasilitas dengan posisi yang lebih tinggi, anda tergoda untuk mengambil lompatan. Dalam situasi ini anda mungkin bingung apakah anda harus menerima tawaran itu atau melanjutkan dengan pekerjaan saat ini. Sebagian besar dari anda mungkin memang akan mendapatkan hal yang baru. Tapi tunggu! Apakah anda benar-benar akan diberi?

Anda harus melakukan beberapa penelitian tentang perusahaan baru sebelum ganti pekerjaan atau beralih ke pekerjaan baru yang dapat berubah menjadi sebuah kesalahan. Contoh; A bekerja pada satu perusahaan pada posisi junior selama hampir 2 tahun. A akan mendapatkan kenaikan gaji dan promosi dalam hitungan bulan. Kemudian ada perusahaan lain menawarkan kepadanya dua kali lipat gajinya dan tunjangan. Karena itu, A beralih pekerjaannya tanpa mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan yang baru. Dalam perusahaan baru, A harus bekerja untuk memenuhi target dengan tenggat waktu yang ketat. A kemudian menemukan bahwa tunjangan ternyata berkaitan langsung dengan kinerja pencapaian target. A tidak lagi memiliki keseimbangan antara kerja dan kehidupan. A membandingkan perusahaan dan menemukan bahwa A memiliki pekerjaan dengan gaji yang layak di perusahaan sebelumnya dan menyesal karena ganti pekerjaan.

Pertimbangan Sebelum Pindah Kerja

Kebingungan tentang berganti pekerjaan atau melanjutkan dengan yang lama adalah umum. Nah, ini bisa menjadi situasi dengan kebanyakan dari kita terutama ketika kita berencana untuk berganti pekerjaan untuk pertama kalinya dalam hidup. Dalam kondisi seperti ini, adalah penting untuk membandingkan setiap aspek baru dan pekerjaan saat ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus anda pertimbangkan sebelum anda memutuskan terhadap kesempatan kerja baru.

Dapatkah anda mempercayai perusahaan baru untuk mencapai karir jangka panjang?
Langkah pertama anda harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan baru. Cobalah untuk mencari tahu apakah perusahaan baru ini akan membantu anda dalam mengembangkan finansial dan teknis. Bertanya dengan karyawan lainnya dari perusahaan tentang rencana ekspansi bisnis dan berdirinya pasar perusahaan. Anda juga dapat mencari di internet untuk berita, neraca, nilai pasar  di forum yang berbeda. Perusahaan juga harus memiliki hal yang mendalam dan menghormati aset manusianya. Cobalah untuk mencari tahu apakah ada merger atau akuisisi langsung dari perusahaan lain yang direncanakan untuk perusahaan baru anda. Jika ada, maka pekerjaan baru anda bisa dipertaruhkan di masa depan. Dalam situasi seperti ini, akan selalu lebih baik untuk tidak beralih ke pekerjaan baru.

Apakah perusahaan memiliki lingkungan kerja yang sehat dan kondusif?
Ketika anda diwawancarai, amatilah budaya perusahaan. Renungkan apakah anda akan dapat menyesuaikan diri. Hitung bagaimana kualifikasi anda dan pengalaman yang cocok untuk profil pekerjaan. Menilai jika pekerjaan yang diperlukan akan cukup menantang bagi anda. Juga, memeriksa persyaratan pekerjaan dan jika ada ikatan hukum yang terlibat yang tidak akan memungkinkan anda untuk berhenti bekerja bahkan jika anda ingin.

Apa akan menambah pengalaman anda?
Seseorang yang bekerja secara terus-menerus akan melihat ke depan untuk memperoleh pengetahuan baru dan memikul tanggung jawab yang lebih besar. Jika anda benar-benar akan belajar sesuatu yang baik setelah masuk ke sebuah perusahaan baru yang anda tidak bisa belajar saat anda berada di perusahaan anda saat ini, maka anda pasti harus ganti dengan pekerjaan baru! Jika anda mendapatkan kesempatan belajar di perusahaan saat ini, anda tidak perlu pindah bekerja karena akan membantu anda maju dalam karir.

Kenaikan gaji dan apa yang akan menjadi tugas anda?
Simak paket gaji yang mereka tawarkan, berapa banyak uang yang akan anda dapatkan. Kadang-kadang angka dari paket gaji yang membengkak untuk memberikan kesan yang salah. Anda juga perlu berpikir jika gaji anda saat ini lebih baik daripada yang ditawarkan. Jika ada perbedaan yang negatif (misalnya, jika gaji anda saat ini lebih baik daripada yang ditawarkan), maka anda harus memberikan pemikiran yang serius sebelum membuat perubahan. Bahkan jika gaji lebih, anda harus memahami harapan dari perusahaan baru dalam hal pekerjaan secara menyeluruh sebelum menandatangani surat.

Apakah anda akan memenuhi syarat untuk kenaikan gaji di masa depan?
Bahkan jika gaji anda saat ini kurang dari apa yang anda akan dapatkan di perusahaan baru, periksalah apakah kenaikan gaji akan berlangsung dalam waktu dekat. Jika ya, maka bagaimana anda akan segera mendapatkannya? Seiring dengan ini, anda juga perlu memeriksa, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kenikan gaji di perusahaan baru. Ini akan sangat membantu dalam memastikan bahwa setelah jangka waktu tertentu di masa depan, anda akan mendapatkan gaji yang layak. Jika perusahaan anda saat ini adalah untuk memberikan kenaikan gaji yang akan sebanding dengan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan baru dan janji-janji bahwa anda akhirnya akan mendapatkan lebih banyak, maka lebih baik untuk tidak mengambil kesempatan baru. Namun pastikan bahwa anda mendapatkan kenaikan gaji dan tunjangan lainnya pada waktu yang lain!

Apa fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan baru?
Adalah penting bahwa anda pindah pekerjaan dengan perusahaan yang memberikan manfaat seperti pelatihan dari lembaga terkenal, bonus, rencana perjalanan, rencana kesehatan dan medis, rencana pensiun dan asuransi harus ditawarkan oleh perusahaan baru. Perusahaan baru ini juga harus adil dalam memberikan imbalan dan penghargaan untuk kinerja yang inisiatif.

Apa prospek masa depan anda dengan perusahaan baru?
Cobalah untuk mencari tahu apakah anda akan mendapatkan kesempatan yang baik di masa depan setelah anda bekerja pada perusahaan baru. Bandingkan saja dengan prospek masa depan yang anda miliki di perusahaan saat ini dan memilih yang terbaik.

Apakah anda akan mencapai kemajuan yang baik dalam karir?
Setiap orang menginginkan grafik karir ke atas dan tumbuh. Pada posisi entry-level, anda mungkin ingin belajar dari awal, tetapi dengan asumsi anda yang sudah memiliki beberapa pengalaman maka akan kembali ke dasar dan membuktikan keberanian anda sekali lagi di perusahaan baru. Menghitung total pengalaman anda dalam perusahaan saat ini dan mencari peran apa yang akan anda dapatkan di perusahaan baru. Jika pada pekerjaan anda yang baru akan mendapatkan dan meningkat lebih tinggi dari pekerjaan anda saat ini, maka anda pasti bisa melanjutkan dengan pekerjaan baru.

Apakah akan dapat menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan yang sehat?
Seperti karir anda, kehidupan pribadi anda adalah sama pentingnya. Memahami jika pekerjaan baru tidak akan mengklaim kuantitas waktu yang anda ingin habiskan  dengan keluarga, teman-teman dan untuk kegiatan rekreasi seperti bepergian, membaca, olahraga, dll. Pekerjaan baru anda harus memungkinkan anda untuk dapat bertanggung jawab terhadap kehidupan pribadi. Dalam hal karyawan perempuan, bagaimanakah struktur cuti hamil? Cari tahu apakah anda bisa bekerja ekstra sebagai kompensasi, setiap kali anda harus meninggalkan kantor lebih awal.

Jika anda yakin bisa berbuat lebih baik di perusahaan baru, langsung saja pindah kerja ganti dengan pekerjaan yang baru!

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com