Perbedaan Pemasaran dan Periklanan

Memahami perbedaan antara pemasaran dan periklanan sangat penting bagi orang-orang di bidang pemasaran, periklanan dan administrasi. Orang-orang merasa bahwa pemasaran dan periklanan adalah hal yang sama. Konsep-konsep yang berbeda dan memahami apa yang menjadi penting. Pemasaran berkaitan dengan semua kegiatan mulai dari membeli bahan baku dari produk, sampai memperkenalkan ke pasar dan menjualnya dengan tenaga penjualan.

Prinsip-prinsip pemasaran yang terlibat dalam setiap tahap mengevaluasi berapa banyak permintaan yang ada untuk produk dan penjualan. Sedangkan iklan sebenarnya merupakan bagian kecil dari kegiatan pemasaran. Dengan kata lain, iklan adalah seperangkat alat pemasaran, untuk promosi dengan media yang efektif dan membuat produk yang diperkenalkan oleh perusahaan lebih populer.

Beda Pemasaran dan Periklanan

Sementara kita berbicara tentang pemasaran dan iklan, kita harus mengetahui bahwa perbedaan prinsip antara keduanya adalah bahwa pemasaran berkaitan dengan memberikan pelayanan yang baik dan produk berkualitas kepada pelanggan. Di sisi lain, kita mengiklankan produk kita untuk meningkatkan rasa keakraban mereka terhadap produk. Iklan tampil dalam surat kabar, majalah, dan di internet yang telah menjadi salah satu cara terbaik untuk produk iklan di zaman modern ini. Di samping itu saluran televisi juga yang paling jitu dalam produk iklan.

Pada dasarnya pemasaran jugalah berbeda dari penjualan. Penjualan hanya melibatkan pertukaran barang dengan uang. Di sisi lain, pemasaran dilakukan untuk memastikan kepuasan pelanggan secara maksimum dan retensi klien. Pemasaran membantu perusahaan untuk membangun merek dan iklan saja tidak dapat membantu dalam mencapai itu. Branding membuat suatu produk yang lebih dari sekedar komoditas belaka. Hal ini tercermin dari nama-nama produk yang memiliki merek mapan dan terkenal.

Pemasaran adalah proses jangka panjang dari iklan. Jika tidak ada produk yang siap, maka apa yang akan perusahaan iklankan? Proses pemasaran dimulai dari ide dari produk itu sendiri. Jadi, iklan bisa disebut langkah terakhir atau final dalam proses pemasaran. Perbedaan lain  bahwa pemasaran adalah proses yang tidak pernah berakhir. Ini adalah siklus yang terus berulang yang berarti bahwa pemasaran melibatkan kinerja produk dalam hal penjualan, menganalisis kesalahan dan kesalahan teknis dalam produk, dan mempertahankan pangsa pasar perusahaan. Iklan mungkin atau tidak mungkin adalah proses yang berkesinambungan. Kita sering melihat bahwa perusahaan beriklan pada skala besar pada awalnya. Hal yang mungkin terjadi di masa depan bahwa perusahaan mungkin tidak membutuhkan banyak publisitas iklan untuk menjual produknya, ulasan dan laporan dari produk akan begitu kuat dan positif dan mendorong pertumbuhan perusahaan. Tentu saja untuk mencapai tahap ini, maka akan memakan banyak waktu dan upaya pada bagian dari manajemen senior dan karyawan pada tingkat yang lebih rendah.

Periklanan adalah sesuatu yang membantu perusahaan agar terhubung dengan pelanggan. Ini juga termasuk menciptakan dampak psikologis yang besar pada pelanggan dengan menjelaskan kepada mereka bagaimana produk lebih unggul dan lebih berguna daripada produk perusahaan lainnya. Jadi kita menyimpulkan bahwa kedua fungsi sama-sama penting dan berguna.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com