Keterampilan yang Wajib dimiliki Manajer dalam Manajemen Bisnis

Setiap manajer harus memiliki keterampilan dasar dalam manajemen bisnis untuk secara efektif mengelola dan memotivasi timnya. Peran utama dari seorang manajer di setiap organisasi adalah untuk memimpin, memotivasi dan mendorong karyawan untuk bekerja sama, untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk mencapai tujuan, manajer harus merencanakan, mengatur dan mengontrol sumber daya yang tersedia termasuk sumber daya manusia. Untuk ini seorang manajer perlu memiliki keterampilan tertentu dan kualitas, sehingga ia mampu melakukan tugasnya untuk yang terbaik dari kemampuannya. Berikut adalah daftar keterampilan manajemen, yang meliputi beberapa kualitas yang paling penting yang harus dimiliki seorang manajer agar sukses.

Keterampilan Manajemen Bisnis

Interpersonal
Seorang manajer harus orang yang merakyat. Dia harus memiliki kemampuan untuk menangani dan bekerja dengan orang-orang yang berbeda temperamen, latar belakang dan kualifikasi pendidikan. Dia harus dengan baik menyadari apa yang dapat memotivasi anggota timnya untuk menjadi yang terbaik dalam diri mereka. Seorang manajer harus pandai membangun hubungan dengan bawahannya dan bersikap adil kepada mereka, sehingga tidak ada perasaan sakit di antara anggota tim. Seorang manajer harus memiliki kemampuan membangun tim yang baik juga.

Komunikasi
Hal ini sangat penting bahwa seorang manajer memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Seorang manajer yang merupakan komunikator yang baik dapat sangat tepat menjelaskan visi dan strategi untuk timnya. Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk fungsi efektif dari tim dan membantu dalam pengambilan keputusan juga. Seiring dengan menjadi komunikator, seorang manajer harus menjadi pendengar yang baik juga. Dia harus menghormati sudut pandang dan pendapat dari bawahannya. Keterampilan komunikasi yang kuat dapat membantu dalam membangun hubungan jangka panjang dengan anggota tim, tak luput juga akan dihargai dan dipercaya anak buahnya.

Keputusan
Keputusan adalah proses yang berkelanjutan dalam setiap organisasi. Seorang manajer diperlukan untuk mengambil sejumlah keputusan setiap hari. Karena itu ia harus menjadi pemikir yang cepat, dengan sangat baik akan keterampilan berpikir logis dan kritis untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang menguntungkan. Dalam situasi kritis, seorang manajer harus tahu bagaimana untuk tetap tenang, sehingga ia mampu mengambil keputusan yang paling tepat.

Kepemimpinan
Keterampilan kepemimpinan adalah suatu keharusan bagi semua manajer. Seorang pemimpin adalah orang yang dapat memotivasi, memandu dan memimpin anggota timnya, menyediakan mereka dengan sumber daya yang tepat agar tujuan dapat dicapai. Seorang pemimpin mengakui kekuatan dan kelemahan anggota tim dan mengalokasikan tugas yang sesuai dengan mereka. Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang memberdayakan anggota timnya untuk bertindak independen jika situasi menuntut. Seorang manajer harus memiliki semua keterampilan kepemimpinan untuk menjadi sukses.

Teknis
Karena sebagian besar perusahaan saat ini bergantung pada komputer dan perangkat lunak untuk melaksanakan kegiatan mereka, itu sudah menjadi wajib bagi manajer untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang komputer dan keterampilan teknis lainnya bersama dengan keterampilan manajemen dasar. Seorang manajer harus berpengalaman dalam penggunaan peralatan, perlengkapan, dll yang dibutuhkan dalam kerjanya. Sebagai contoh, seorang manajer harus menyadari beberapa alat yang digunakan saat ini, seperti teknik charting, penganggaran, prosedur operasi standar, penjadwalan, dll karena hanya dia yang akan mampu menjaga dan memantau sumber daya organisasi.

Waktu
Hal ini sangat penting bagi manajer untuk mengembangkan strategi untuk manajemen waktu yang efektif. Seorang manajer yang mampu mengelola waktunya secara efektif dapat memenuhi tuntutan yang bertentangan dari bisnis, memenuhi tenggat waktu tanpa harus terburu-buru. Untuk ini kita perlu memprioritaskan tugas-tugas dan fokus pada tugas-tugas penting pertama. Seorang manajer harus menyadari bahwa tidak mungkin baginya untuk melaksanakan semua tugas dengan tangannya sendiri. Jadi dia harus mengatur jadwal sedemikian rupa sehingga beberapa tugas diberikan kepada orang lain, sehingga ia dapat mencurahkan waktunya untuk tugas-tugas penting lainnya.

Konseptual
Seorang manajer harus mengembangkan keterampilan konseptual yang tajam. Hal ini membantu untuk melihat perusahaan dari perspektif yang lebih luas. Seorang manajer dengan keterampilan konseptual yang kuat dapat menganalisis dan mempelajari situasi yang kompleks dan mengembangkan strategi untuk kelancaran fungsi organisasi. Hal ini juga mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan.

Manajer yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk memprediksi perubahan yang dapat terjadi dalam perusahaan bila diperlukan. Seorang manajer yang memiliki semua keterampilan efektif, jauh lebih mungkin untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnis, yang merupakan tujuan akhir dari semua usaha.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com