Pengambilan Keputusan Seorang Manajer dalam Manajemen

Apa yang membuat seorang manajer lebih dari yang biasa-biasa saja adalah saat pengambilan keputusan atas dasar kemampuannya. Pentingnya pengambilan keputusan dalam manajemen atau bidang lain dari usaha manusia tidak dapat dianggap remeh. Hidup ini penuh dengan pilihan pada setiap saat waktu. Ada banyak kemungkinan di depan anda untuk dipilih. Anda harus memilih salah satu tindakan dari semua pilihan yang tersedia berdasarkan penilaian anda. Itulah yang merupakan ‘membuat keputusan’. Jika anda berpikir tentang hal ini, hidup adalah serangkaian keputusan dan konsekuensi yang mengikuti mereka. Keputusan cerdas adalah suatu kemenangan sementara itu keputusan buruk adalah kesempatan untuk belajar dari dan memperbaiki strategi manajemen. Pentingnya proses pengambilan keputusan dalam kehidupan sangat besar, merupakan konsekuensi dari keputusan yang kita buat untuk menuju masa depan.

Pentingnya Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah mungkin salah satu tugas terberat, karena seorang pemimpin membuat keputusan untuk semua pengikutnya. Nasib semua anggota tergantung pada keputusan yang dibuat oleh pemimpin bagi mereka. Dia harus memilih apa yang terbaik untuk semua pengikutnya dan kemudian dirinya sendiri. Fakta bahwa mereka percaya penilaiannya akan menempatkan tanggung jawab yang besar di pundaknya. Ada banyak jenis proses pengambilan keputusan yang dapat diambil.

Siapa yang bisa mengetahui pentingnya pengambilan keputusan, yang lebih baik dari seorang pemimpin? Dia harus mempertimbangkan semua variabel untuk mencapai tujuan kolektif dan memilih satu pilihan dengan tingkat keberhasilan tertinggi. Kemampuannya untuk belajar dan mengamati situasi sangat membantu dia dalam memilih jalan yang benar. Dia harus percaya kemampuannya dan pat ketika membuat keputusan.

Signifikansi Manajemen

Manajemen tidak hanya mengurus bisnis atau perusahaan. Ini adalah konsep yang luas, diterapkan pada setiap bidang masing-masing. Setiap keputusan yang dibuat oleh manajemen bisnis mempengaruhi semangat kerja karyawan dan kinerja, pada akhirnya mempengaruhi kinerja bisnis secara keseluruhan. Manajemen adalah semua tentang menyelesaikan sesuatu dengan cara yang paling efisien. Setiap keputusan manajemen perlu dibuat saat memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan penggunaan yang ekonomis. Pentingnya pengambilan keputusan dalam manajemen sangat besar sebagai kebijakan bisnis, yang akhirnya mempengaruhi output perusahaan dan kinerja.

Nasib setiap usaha bisnis ditentukan oleh kemampuan pengambilan keputusan dari kepemimpinan bisnis. Waktu adalah esensi dalam bisnis. Keputusan yang cepat perlu dibuat oleh manajer bisnis untuk memanfaatkan peluang. Anda tidak dapat merenungkan keputusan terlalu lama. Dalam dunia sekarang ini, kita perlu manajer bisnis yang bisa mengambil keputusan secara cepat.

Teknik Pengambilan Keputusan

  1. Salah satu yang paling sederhana yang dapat membantu pengambilan keputusan adalah membuat daftar pilihan dari pro dan kontra. Hal ini tidak akan hanya membantu anda menganalisis risiko yang terlibat, tetapi juga membantu anda menimbang dan membandingkan pilihan.
  2. Pendapat objektif dari seseorang, yang bukan merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan, siapa yang diuntungkan atau kehilangan dari konsekuensi keputusan, dan siapa yang tahu banyak tentang bidang yang berkaitan dapat membantu anda sampai pada suatu keputusan yang lebih baik.
  3. Dapatkan semua data atau informasi yang anda butuhkan dari berbagai sumber. Sekecil apapun informasi, hal itu benar-benar dapat mengubah arah pemikiran anda.
  4. Mempelajari kasus orang-orang yang menemukan diri mereka dalam situasi yang sama dapat membantu dalam memprediksi konsekuensi dari keputusan yang kompleks.
  5. Berpikir tentang keuntungan jangka panjang, bukan keuntungan jangka pendek.

Cara untuk mendapatkan yang lebih baik dalam mengambil keputusan yang lebih cerdas adalah belajar dari pengalaman dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Keputusan tidak dapat menjamin tingkat keberhasilan 100% dalam pencapaian tujuan. Namun, anda harus memilih tindakan yang terbaik yang memiliki peluang keberhasilan tertinggi dan didukung oleh logika dan keyakinan penilaian anda sendiri. Keputusan dapat berubah menjadi baik atau buruk namun tidak satupun yang terbuang. Setiap keputusan yang anda buat adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar.

,

Comments are closed.