Contoh Format Surat Undangan Formal dan Surat Undangan Informal

Surat undangan dapat berbentuk formal ataupun informal. Surat formal atau resmi dapat ditulis oleh universitas yang mengundang orang tua dalam upacara wisuda, surat resmi dapat ditulis untuk mengundang seseorang dalam fungsi sosial.

Isi dan presentasi dari setiap surat undangan mencerminkan atau perlambang kehalusan anda seperti sopan santun. Format surat tergantung pada sifat acara dan orang yang anda undang. Misalnya, undangan pernikahan adalah hal yang berlainan dari surat bisnis. Demikian pula undangan untuk ulang tahun, pesta atau pertemuan yang memiliki tema sendiri, format dan komposisi. Surat undangan untuk penjualan, hibah dan acara pertemuan memiliki format terpisah yang lebih dari tipe formal.

Contoh Surat Undangan Informal

Acara-acara seperti ulang tahun, pernikahan dan berbagai jenis lainnya bersifat informal. Surat undangan untuk acara-acara informal biasanya ramah. Kemungkinan besar yang diundang merasa istimewa dan kehadirannya memang ditunggu-tunggu. Tidak ada aturan khusus untuk format surat informal. Namun, surat undangan anda harus memiliki pendekatan yang hangat.

Contoh Surat Undangan untuk Ulang Tahun

Kepada Yth,
Mbah Bejo sekeluarga.

Ulang tahun saya jatuh pada 29 Februari dan saya akan menyambut hari kebahagiaan. Saya sedang menunggu teman-teman dan keluarga untuk berkumpul di rumah saya pada tanggal 29 Februari. Pada kesempatan khusus ini, saya mengundang anda sekeluarga untuk hadir di tempat saya. Kehadiran anda akan ditunggu-tunggu. Saya sangat menantikan kehadiran anda di hari itu.
Rincian tempat yang diberikan di bawah ini;

Salam penuh kasih,
YBS

Alamatmu dan keterangan lain


Contoh Surat Undangan Formal

Menulis surat undangan formal atau resmi sebenarnya lebih mudah daripada yang informal. Format surat undangan resmi merupakan aspek penting dan harus lebih tepat. Anda harus menghindari penggunaan susunan kata informal. Di sekolah atau universitas, undangan resmi diberikan kepada siswa dan keluarga mereka untuk menghadiri setiap acara atau pertemuan. Siswa juga mengirim undangan ke guru untuk menghadiri setiap acara atau pameran yang diselenggarakan oleh mereka. Surat itu harus berisi alamat dari pengundang dan yang diundang juga. Sebuah surat bisnis harus secara jelas mengungkapkan pandangan orang-orang mengenai kesepakatan bisnis dan hal penting lainnya yang bersangkutan. Singkatnya, format harus memiliki daya tarik profesional. Sebagai tambahan yang juga penting, harus memiliki logo perusahaan pada kop suratnya.

Contoh Surat Undangan Sales

kop surat

Handphone Parts Sales,
Alamat,
Telepon,
29 Februari 2016.

Pelanggan yang terhormat,

Anda telah menjadi pelanggan kami sejak kami membuka bisnis kami tahun lalu. Ada dalam catatan kami dan kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan anda. Untuk merayakan keberhasilan kami, kami mengundang semua pelanggan kami dan perwakilan lainnya hari Minggu ini.

Dalam acara ini akan dipamerkan 6 produk kami yang akan didiskon sebesar 50%. Kami akan berterima kasih kepada anda untuk menerima voucher hadiah dari pihak kami. Makanan dan minuman ringan akan disajikan di malam hari.

Kami berharap dapat melihat anda pada hari Minggu. Untuk masuk, silakan membawa undangan anda.

Hormat kami,
tanda tangan,
Nama,
Alamat.

Pemilihan kosakata ketika menulis surat semacam itu adalah milik anda, dan begitu juga presentasi dan kaligrafi. Yang terakhir, bahasa anda harus bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Contoh surat formal dan infromal ini akan membantu anda menulis surat undangan yang baik.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com