Keuntungan & Kerugian Komputer dalam Pendidikan

Selama bertahun-tahun, komputer telah mengubah cara dunia bekerja. Komputer telah terbukti menjadi aset yang tidak hanya berfungsi untuk sektor korporasi, tetapi juga di sektor lain seperti kedokteran dan pendidikan. Komputer adalah mesin yang membantu kita melakukan pekerjaan lebih cepat dan akurat.

Untung Rugi Komputer dalam Pendidikan

Komputer adalah cara terbaik untuk mengajar mata pelajaran kepada siswa. Banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi memiliki laboratorium komputer di mana siswa dapat menerima pelatihan praktis dari guru-guru mereka. Komputer membantu guru dalam mengajar siswa mereka dengan mudah dan cepat. Siswa dapat mencari konsep atau hal-hal yang mereka ingin ketahui. Internet adalah lautan informasi dan berselancar setiap hari akan meningkatkan pengetahuan para siswa. Keuntungan lain dari komputer adalah bahwa siswa akan dapat memperoleh pengetahuan dari berbagai mata pelajaran dan hal-hal yang lain selain pelajaran di sekolah mereka.

Menggunakan komputer di dalam kelas dapat membantu guru untuk mengajar lebih dari yang bisa mereka lakukan. Pengenalan komputer di lembaga pendidikan dapat membantu siswa belajar tentang software dan hardware yang berbeda, di bawah bimbingan guru. Misalnya, siswa akan mengetahui yang merupakan bagian penting dari komputer, apa fungsi mereka dan bagaimana sistem kerjanya. Mereka dapat mempelajari sehingga mereka dapat memahami konsep-konsep penting dalam studi. Pentingnya pendidikan komputer menjadi fakta bahwa siswa yang memiliki keterampilan komputer memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih pekerjaan yang terbaik dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya.

komputer dalam pendidikan
Namun, ada juga beberapa kelemahan dari penggunaan komputer dalam pendidikan di mana kita harus berhati-hati. Melakukan semua perhitungan dengan bantuan software dan kalkulator dapat mempengaruhi kemampuan matematika kita sendiri. Dengan kata lain, komputer dapat membuat kita menjadi lebih malas dan otak kita semakin jarang diasah. Dengan informasi yang siap pakai dan tersedia di internet, siswa akan lebih jarang untuk datang ke perpustakaan dan mencari informasi dengan menggunakan sumber-sumber lain. Kurang membaca dapat menghambat kemajuan mereka dan masa depan pendidikan.

Dari artikel pendidikan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa komputer dan pendidikan telah menjadi tak terpisahkan satu sama lain. Kita juga mengerti bagaimana teknologi komputer telah mempengaruhi kehidupan kita dengan cara yang positif.

, ,

Comments are closed.