Macam Masalah Lingkungan Hidup

Ada banyak masalah lingkungan yang mengganggu lingkungan hidup. Dalam artikel lingkungan hidup terdapat beberapa macamnya, yang digambarkan seperti pemanasan global, hujan asam dan polusi udara.

Seiring dengan pertumbuhan populasi yang meningkat, maka timbul juga masalah seperti polusi udara, pencemaran air minum, pemanasan global, limbah berbahaya, dan banyak lainnya. Era globalisasi membuka jalan atas masalah ini, tidak hanya masalah lokal tetapi juga menjadi masalah internasional dan ada banyak penyebab dari masalah ini, beberapa di antaranya diciptakan oleh manusia dan juga dapat dikendalikan oleh manusia. Jadi di sini kita akan membahas beberapa masalah lingkungan, penyebab dan dampak terhadap lingkungan hidup.

Masalah Lingkungan Hidup

Polusi udara merupakan salah satu masalah yang umum. Gas beracun dan partikel debu yang dihirup menyebabkan sejumlah gangguan paru-paru. Sumber polusi udara yang tak terhitung adalah sebagai berikut:

Pabrik
Pertanian
Lalu lintas

Semua penyebab ini membuat proses dari pembakaran yang memancarkan gas yang mencemari udara dan atmosfer. Emisi nitrogen dari sektor pertanian terutama selama proses denitrifikasi. Pestisida yang digunakan untuk keperluan pertanian juga bisa menjadi penyebab pencemaran air. Polusi udara dapat menyebabkan penyakit jantung dan gangguan paru-paru seperti bronchitis, kanker paru-paru, dan penyakit sejenisnya.

Hujan asam disebabkan oleh polutan asam, yang memiliki potensi untuk merusak lingkungan hidup dengan cara yang drastis. Hujan asam disebabkan karena adanya bahan kimia seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida di atmosfer. Zat kimia ini naik ke atmosfer sebagai akibat dari proses industri. Sulfur dioksida dipancarkan keluar dari industri-industri yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar mereka. Kendaraan di seluruh dunia memancarkan sepertiga dari oksida nitrogen di atmosfer bumi. Penyebab alami seperti api, letusan gunung berapi dan dekomposisi bakteri juga menambah peningkatan jumlah nitrogen oksida di udara.

Pemanasan global yang mengarah pada efek rumah kaca juga merupakan jenis masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh kelebihan penduduk dan polusi. Sejumlah besar orang yang menciptakan sejumlah sampah. Emisi dari industri menghasilkan sejumlah besar panas, yang tidak bisa keluar dari atmosfer bumi, kemudian memancarkan panasnya kembali. Hal ini mengarah pada perubahan iklim, naiknya permukaan air laut akibat gletser.

,

Comments are closed.