Keuntungan dan Kekurangan Wirausaha

Dengan memulai bisnis sendiri tentunya akan ada keuntungan dan kekurangan. Jalan yang ditempuh oleh seorang pengusaha tidak selalu nyaman. Menjadi sukses tergantung pada kerja keras, pemikiran inovatif dan kreatif, dan daya tahan banting atau mental yang kuat. Kewirausahaan juga mengharuskan anda untuk mengambil langkah secara hati-hati dan memikirkan kembali tindakan yang anda lakukan setiap saat.

Sebelum anda memulainya maka anda harus memutuskan mengapa anda ingin memiliki bisnis sendiri? Motivasi anda tidak bisa hanya didasarkan pada keinginan untuk membuat banyak uang. Kewirausahaan adalah sesuatu yang harus dilakukan karena anda pikir ini akan menjadi tantangan, karena kebebasan yang anda inginkan dalam kehidupan.

Keuntungan

Kebebasan adalah hal yang paling sering disebutkan oleh pengusaha sebagai alasan dalam mempunyai usaha yang mandiri. Kebebasan ini diperoleh dengan menentukan jam kerja anda sendiri dan lingkungan kerja yang sesuai dengan kualitas dan ambisi. Anda adalah orang yang memegang kendali dan juga akan mampu mewujudkan ide-ide anda sendiri dalam kerangka waktu dan rencana metodologi kerja anda. Meminta izin tidak lagi diperlukan karena tidak adanya bos, semuanya terserah anda.

Untuk menjadi wiraswasta memungkinkan anda untuk menggunakan semua kekuatan yang anda punya dan menghindari kelemahan anda. Bila anda seorang karyawan, kelemahan anda akan sering menjadi pusat perhatian. Atasan anda sering memutuskan ukuran gaji bonus anda. Ketika menjadi wiraswasta, uang langsung masuk ke kantong anda sendiri. Tapi meskipun begitu, uang tidak akan menjadi sesuatu yang paling penting sebagai hadiah dalam usaha anda tersebut. Hadiah terbesar akan datang dalam bentuk pujian dan senyum di wajah pelanggan setelah anda mampu memberikan produk yang terbaik.

Kekurangan

Kekurangannya adalah seperti resiko masalah keuangan. Anda juga penanggung jawab keuangan tunggal, maka itu anda harus bisa memanfaatkan keuangan dengan baik. Hal ini bagus ketika bisnis anda berjalan dengan baik, tetapi sering memakan waktu lama dan modal sebelum usaha anda menjadi untung. Stres disebabkan oleh masalah keuangan membuat banyak mimpi pengusaha pemula menjadi runtuh. Kekurangan lain untuk memulai usaha sendiri adalah pada masalah dokumen seperti pendaftaran, pajak, asuransi, dan administrasi keuangan, semuanya memakan banyak waktu dan uang. Banyak pengusaha muda memutuskan untuk bekerja paruh waktu pada bisnis baru mereka dan sering menempatkan kurang dari 20 jam per minggu dalam bisnis mereka. Begitu bisnis telah lepas landas dan terbukti sukses, lebih banyak waktu diinvestasikan.

Sebelum memulai bisnis anda sendiri, pertimbangkanlah semua keuntungan dan kekurangan. Pastikan anda tahu kelemahan dan kekuatan anda. Menyeimbangkan waktu dan sumber daya. Jangan biarkan kehidupan keluarga menjadi korban atas kehidupan profesional anda. Jika anda berhasil melakukan ini, hidup anda sebagai pengusaha akan jauh lebih mudah.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.