Masalah Lingkungan Hidup

Ada banyak sudut dari manakah masalah-masalah lingkungan dapat dipelajari. Ada banyak faktor tak terhitung yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan juga masalah yang saling terkait. Kegiatan serta gaya hidup manusia juga memainkan peran penting dalam lingkungan. Hingga saat ini, hal itu adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi lingkungan hidup.

Masalah Lingkungan

Kontaminasi tanah
Tanah adalah sumber daya alam yang penting di bumi. Tanah adalah media yang digunakan untuk menanam tanaman yang memberikan kita sumber makanan yang diperlukan. Kontaminasi yang mengubah komposisi alami dari tanah mempengaruhi rantai makanan dan juga seluruh ekosistem. Penggunaan pupuk kimia merupakan penyebab utama tanah menjadi terkontaminasi.

Menggunakan pupuk organik tidak hanya melindungi tanah kerusakan, tetapi juga mengarah pada produksi tanaman dengan jumlah kurang dari bahan kimia yang beracun. Menggunakan pupuk organik juga memberikan nutrisi sehat untuk tanaman yang pada gilirannya bermanfaat untuk dikonsumsi. Kontaminasi tanah merupakan salah satu masalah lingkungan yang penting dan perlu ditangani dengan kesadaran dan tanggung jawab.

Erosi Genetik
Makanan yang kita konsumsi sebagian besar berasal dari varietas tanaman hibrida. Konservasi/ varietas tanaman alami sangat penting dipandang dari sudut melestarikan keanekaragaman hayati. Varietas tanaman hibrida dibuat untuk tujuan tertentu yaitu meningkatkan hasil, membuat tanaman tahan terhadap serangan hama, namun kita kehilangan genetik asli tanaman ini. Karena itu haruslah diambil langkah untuk melestarikan varietas tanaman asli tersebut.

Polusi Air
Masalah ini telah berlaku selama bertahun-tahun dan masih tidak dapat ditemukan jawaban yang memuaskan terhadap pencemaran air. Ketidakdisiplinan tentang pembuangan limbah industri merupakan faktor penting yang terkait dalam pencemaran air.

Pembuangan Limbah Berbahaya
Pembuangan limbah berbahaya memiliki efek jangka panjang terhadap lingkungan. Tanaman, hewan dan manusia semuanya dipengaruhi oleh pembuangan limbah. Berbagai jenis bahan limbah berbahaya termasuk pestisida, karsinogen, cat, pelarut, senyawa teratogenik.

Penipisan Lapisan Ozon
Lapisan ozon melindungi makhluk hidup di bumi dari sinar ultraviolet dari matahari. Lapisan ini menjadi lebih tipis hari demi hari karena polutan seperti oksida nitrogen, sulfur dioksida, timbal, partikulat dan karbon monoksida. Terlepas dari penipisan lapisan ozon, emisi gas juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Sikap manusia terhadap sumber daya alam akan mempengaruhi lingkungan untuk sebagian besar.

Bookmark and Share

Comments are closed.