Manfaat Berolahraga di Pagi Hari

Semua orang tahu bahwa ada banyak manfaat berolahraga di pagi hari. Berolahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan mental kita. Udara pagi tidak hanya dapat meremajakan pikiran, tetapi juga mengisi paru-paru anda dengan udara bersih. Mengapa anda harus berolahraga di pagi hari dibandingkan dengan waktu yang lain sepanjang hari?

Berolahraga di waktu pagi adalah yang paling efektif karena membantu mengatur sistem alami tubuh. Manfaat olahraga teratur di pagi hari untuk kesehatan dapat mencegah beberapa penyakit, meremajakan pikiran dan jiwa.

Manfaat Olahraga di Pagi Hari

  1. Salah satu manfaat utama adalah ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam perubahan mental, fisik dan perilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan. Ritme ini membantu untuk tubuh agar rileks dan menjaga fungsi detak jantung teratur.
  2. Kegiatan fisik yang kita lakukan memberi tekanan pada sendi tubuh, meski olahraga tidak dapat mencegah atau menyembuhkan osteoporosis. Berjalan, lari, jogging dan senam adalah olahraga yang dapat dilakukan sebagai pemula.
  3. Penelitian menunjukkan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, berenang dan jogging membantu menjaga kadar kolesterol. Kadar kolesterol memainkan peran penting sehubungan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke dan lainnya. Selain itu juga mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko terkena diabetes. Ini adalah fakta yang terbukti secara medis bahwa orang-orang yang tidak begitu aktif akan lebih mudah terkena risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang aktif secara fisik.
  4. Lemak tidak lain hanyalah kalori berlebih yang akan disimpan dalam tubuh kita. Dengan berolahraga dapat membantu membakar kalori, mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh kita.
  5. Tubuh yang sehat adalah pikiran yang rileks dan nyaman. Ketika kita berolahraga di pagi hari, paru-paru kita dipompa dengan udara yang segar dan bersih. Lebih banyak oksigen dalam darah kita merangsang otak yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mental, menyegarkan pikiran dan tubuh, dan meningkatkan tingkat kebugaran fisik kita. Pada umumnya orang yang tidak aktif lebih rentan menderita depresi dan rendah diri.

Manfaat lainnya

Meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Meningkatkan nafsu makan.
Memperkuat daya tahan tubuh.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Memperpanjang usia.

Dengan adanya manfaat olahraga di pagi hari dan berolahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kualitas dan gaya hidup sehat.

Comments are closed.