Masalah Sosial dalam Pendidikan

Artikel pendidikan berikut memberikan gambaran singkat mengenai beberapa masalah sosial dalam pendidikan yang menonjol dan wajib diperhatikan.

Sekolah adalah tempat di mana anak-anak belajar dan mempersiapkan diri untuk hidup di masa depan, sehingga perlu untuk menyediakan lingkungan pendidikan yang tepat sehingga siswa bisa mendapatkan pendidikan dengan benar.

Di sekolah, siswa diajarkan pelajaran tentang bahasa, matematika, ilmu pengetahuan, sejarah dan sejumlah mata pelajaran lainnya. Mereka bisa berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, bersosialisasi dengan rekan-rekan mereka dan belajar bagaimana menyesuaikan diri dalam situasi sosial yang berbeda. Namun disamping itu terdapat hambatan dalam perkembangan anak-anak di sekolah, yang berasal dari berbagai masalah sosial yang juga dapat mengganggu sistem pendidikan kita.

Masalah Sosial dalam Pendidikan

  • Masyarakat telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Angka perceraian yang meningkat dan banyak anak sekolah yang dibesarkan dalam keluarga orang tua tunggal. Seringkali di dalam keluarga yang broken home akan dapat mempengaruhi kesehatan emosional siswa dan hal ini dapat menurunkan kinerja di sekolah. Namun ketika anak-anak yang dibesarkan di rumah, di mana terdapat kedua orang tua maka kebutuhan emosional terpenuhi.
  • Anak-anak milik kelompok etnis tertentu menjadi anak didik yang lebih lambat dibandingkan dengan yang lain.
  • Satu masalah sosial dalam pendidikan adalah diferensiasi berdasarkan jenis kelamin. Anak perempuan memiliki peluang yang lebih rendah dibandingkan dengan anak laki-laki untuk belajar, di bagian tertentu dari masyarakat.
  • Beberapa masalah sosial timbul karena strata ekonomi siswa. Siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu bersekolah di sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang baik. Hal ini secara otomatis menempatkan mereka pada posisi yang kurang menguntungkan, bila dibandingkan dengan siswa yang bersekolah di sekolah yang baik.
  • Pergaulan dalam lingkungan sekolah membawa dampak positif maupun negatif. Terkadang juga muncul kelompok-kelompok tertentu pada siswa di sekolah yang memunculkan kubu-kubu yang saling bertentangan.
  • Masalah etika juga termasuk di dalam masalah sosial pendidikan yang juga mempengaruhi siswa.
  • Metode pengajaran dari guru yang kurang menarik bagi siswa akan membuat daya kreativitas menurun.

Untuk mengatasi masalah ini pihak-pihak yang terkait harus membuat kebijakan-kebijakan tertentu dan memastikan untuk menerapkannya dengan benar. Selain itu perubahan sikap masyarakat juga diperlukan untuk memastikan bahwa masalah-masalah sosial dalam pendidikan tidak berkembang lebih jauh.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com