Penyebab Dada Terasa Terbakar disertai Batuk

Sakit dada dan terasa seperti terbakar disertai batuk dapat disebabkan karena sejumlah penyakit. Karena itu penting bahwa seseorang memahami penyebabnya dengan harapan dapat mencegah dan mengobati.

Dada terbakar disertai dengan serangan batuk dapat menjadi indikasi adanya suatu penyakit yang serius. Paru-paru terletak di daerah dada dan merupakan salah satu organ yang paling penting dari tubuh. Paru-paru bertugas untuk menghirup udara dan memberikan oksigen ke tubuh. Hal ini kemudian diteruskan ke dalam aliran darah. Dengan demikian, setiap penyakit yang mengenai paru-paru perlu mendapat perhatian karena langsung mempengaruhi pernapasan kita dan kesehatan kita. Ada sejumlah penyakit yang dapat menyebabkan batuk disertai dada terasa terbakar.

Dada Terasa Terbakar disertai Batuk

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan dada terasa terbakar disertai batuk. Jika anda mengalami nyeri dada dan terasa terbakar, maka bisa jadi disebabkan karena salah satu dari kondisi di bawah ini dan anda wajib periksa ke dokter.

Costochondritis
Ini adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan rasa seperti terbakar di dada dan dibawa oleh peradangan pada tulang rawan dan tulang pada dinding dada. Ketika sternum meradang dan teriritasi, maka dapat menyebabkan rasa sakit dan disertai dengan batuk. Costochondritis dapat disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri dan dapat menyebabkan batuk yang parah dengan dada yang terasa terbakar. Selain itu, cedera yang mempengaruhi tulang dada juga dapat menyebabkan peradangan di dada.

Asma
Asma terjadi ketika saluran udara di paru-paru menjadi menyempit. Hal ini membuat udara sulit untuk melewatinya dan karena itu menyebabkan ketegangan di daerah dada. Hal ini dapat diikuti oleh serangan batuk berdahak, sesak napas, dan kram otot-otot dada. Asma disebabkan oleh polusi udara, asap, alergi terhadap zat tertentu dalam udara dan juga stres. Meskipun asma adalah penyakit serius, tetapi dapat dikendalikan.

Bronkitis
Salah satu gejala umum dari bronkitis kronis adalah menghasilkan banyak dahak dan lendir disertai batuk. Serangan batuk yang sangat parah, akan menyebabkan rasa panas terbakar di dada. Bronkitis disebabkan bila terjadi peradangan di saluran udara dari paru-paru yang mengarah pada pembentukan lendir, akibatnya membuat sesak nafas karena lendir menghalangi jalannya pernafasan. Ketika hal itu terjadi, maka dada serasa terbakar bersamaan dengan batuk dan rasa sesak di dada. Bronkitis terutama disebabkan karena merokok dan zat-zat berbahaya lainnya seperti debu, bahan kimia dan gas yang menyebabkan iritasi pada paru-paru.

Asam lambung
Ketika kita menelan makanan, lewat dari tenggorokan dan kerongkongan menuju ke lambung di mana makanan akan dicerna. Sebelum memasuki perut, harus melewati sebuah celah kecil antara perut dan kerongkongan. Celah ini akan menutup begitu makanan masuk ke dalam lambung. Jika celah ini tidak menutup dengan cepat, asam dari perut dapat kembali ke kerongkongan dan menyebabkan acid reflux atau penyakit asam lambung. Hal ini menyebabkan rasa kembung dan perih di perut dan dada, selain itu juga dapat menyebabkan batuk.

Selain hal di atas penyebab dada terasa terbakar disertai batuk dapat disebabkan juga oleh penyakit lainnya seperti pneumonia dan TBC. Setiap kali anda mengalami batuk dengan dada terasa panas terbakar, maka itu tidak boleh dianggap remeh. Hal itu bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi yang jika diabaikan mungkin dapat menyebabkan efek terhadap kesehatan yang sangat serius.

Comments are closed.