Sakit Dada Sebelah Kiri Bawah

Apa yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit dada sebelah kiri bawah? Apa alasan kenapa rasanya seperti ditusuk di bagian dada kiri? Artikel tentang kesehatan ini akan membantu anda menjawab pertanyaan di atas mengenai sakit dan nyeri dada di bagian kiri.

Mengalami nyeri di dada sebelah kiri akan membuat panik siapapun juga, karena jantung terletak di sisi kiri. Nyeri dada dapat berkisar dari yang ringan sampai yang parah. Rasa nyeri yang ringan di dada mungkin akan hilang setelah beberapa waktu, tetapi jika sakitnya parah maka itu bisa menyebar ke bagian belakang dan lengan. Masalah sakit dada kiri yang parah ini harus segera diperiksakan ke dokter untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Tetapi seringkali, nyeri dada tidak selalu menjadi indikasi serangan jantung, hal itu juga bisa berarti gangguan lainnya. Apapun menjadi alasan untuk nyeri dada, ini adalah salah satu kondisi kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Penyebab sakit dada sebelah kiri bawah

Sakit di dada kiri dapat bersumber dari organ-organ di area dada seperti paru-paru, jantung, dan esofagus. Otot-otot, saraf, tendon dan tulang rusuk juga dapat menjadi sumber dari rasa nyeri pada dada. Ada beberapa alasan mengapa seseorang mengalami nyeri dada di sisi kiri bawah. Di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan nyeri dada, terutama di sisi kiri bagian bawah.

  1. Salah satu penyebab paling umum nyeri dada adalah keasaman atau mulas. Gas dari perut dan usus menerapkan tekanan pada diafragma, yang menghasilkan pengetatan dinding dada. Hal ini juga dapat menyebabkan obstruksi pada pernafasan dan menyebabkan sakit di bagian dada kiri.
  2. Angina, yang merupakan gangguan jantung disebabkan karena kurangnya suplai darah ke otot-otot jantung, juga merupakan penyebab nyeri yang tajam di area dada. Angina terjadi ketika arteri memasok darah yang kaya oksigen ke otot-otot jantung terhalang karena adanya plak. Karena otot-otot jantung kekurangan darah, maka cenderung mengalami kerusakan dan tidak dapat memompa darah. Kondisi ini dikenal sebagai iskemia jantung, kondisi yang menyakitkan. Seseorang yang menderita gangguan ini mungkin sering mengeluh sakit sesak di bawah payudara.
  3. Serangan jantung, yang dikenal sebagai infark miokard dalam istilah medis, dapat terjadi ketika pasokan darah terhambat karena pecah atau penyumbatan di arteri koroner. Tanda pertama dari serangan jantung mengalami sakit dada di sebelah kiri, yang dapat menyebar ke lengan. Kadang-kadang rasa sakit mungkin begitu parah sehingga menyebar sampai bahu dan leher, dan juga dapat membuat mati rasa pada area tertentu.
  4. Peradangan pada kantung pericardial, yang menghasilkan perikarditis dapat menyebabkan nyeri di dada kiri. Ini adalah penyakit jantung yang terutama disebabkan karena adanya infeksi pada jaringan dan otot-otot jantung.
  5. Masalah di paru-paru seperti emboli paru(bekuan darah di paru-paru), peradangan pada lapisan dalam paru-paru(radang selaput dada), adalah beberapa faktor lain penyebab nyeri dada kiri. Nyeri ini dapat menjadi lebih parah saat menarik napas dalam-dalam, atau saat batuk.
  6. Alasan lain adalah asma, pneumonia, tulang rusuk memar atau rusak, ketegangan pada otot. Beberapa masalah pencernaan seperti gastritis dan penyakit gastroesophageal reflux juga dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri.

Meskipun rasa sakit di sisi dada kiri mungkin tidak selalu menjadi indikasi serangan jantung, namun juga bisa berarti adanya beberapa gangguan lain, yang mungkin jika dibiarkan terus-menerus akan mengancam nyawa. Konsultasikan dengan dokter jika anda sering sekali mengalami sakit di bagian dada kiri karena hal tersebut dapat diindikasikan terkena penyakit dalam.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.