Pro dan Kontra Globalisasi

Globalisasi telah membuat dunia menjadi lebih sempit. Di bawah ini kita akan membahas tentang pro dan kontra globalisasi dan untung ruginya terhadap dunia.

Globalisasi telah memperkuat hubungan negara-negara di dunia dan telah membantu kita untuk mengetahui kebutuhan satu sama lain dalam cara yang lebih baik. Hal ini telah membantu untuk menghancurkan dinding-dinding yang memisahkan manusia. Globalisasi telah menjadi istilah fiskal namun dampaknya tidak terbatas pada bidang perekonomian negara-negara saja, istilah globalisasi sebenarnya mengacu pada setiap aspek kehidupan seperti budaya, sosial, psikologis, dan politik.

Pro dan Kontra Globalisasi

Ada banyak keuntungan dan kerugian dari globalisasi yang menimbulkan pro dan kontra. Beberapa poin yang baik dan buruk dari fenomena globalisasi di seluruh dunia dibahas di bawah ini:

Pro globalisasi

  • Adanya pasar di seluruh dunia untuk perusahaan dan untuk pelanggan juga ada akses yang lebih baik untuk produk-produk dari berbagai negara.
  • Arus kas yang stabil ke dalam negara-negara berkembang.
  • Karena kehadiran pasar di seluruh dunia, timbul peningkatan di sektor produksi dan ada banyak pilihan investasi untuk perusahaan yang berbeda.
  • Masuknya informasi antara dua negara meningkat, terutama negara-negara yang tidak memiliki kesamaan apa pun di antara mereka.
  • Meningkatkan pembauran budaya dan setiap bangsa dan mencoba untuk tahu lebih banyak tentang bangsa-bangsa lain mengenai preferensi budaya.
  • Ada banyak perkembangan teknologi selama bertahun-tahun. Dengan demikian, maka membantu dalam berbagi informasi dan teknologi. Hal ini membantu sebagian dari kemajuan negara berkembang pada kecepatan yang sama dengan negara-negara maju.
  • Globalisasi membantu dalam peningkatan permintaan produk. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan tingkat produksi. Dengan demikian membantu dalam ketersediaan lapangan pekerjaan.
  • Globalisasi membuat perekonomian suatu negara bergantung pada perekonomian negara lain. Setiap perubahan dalam perekonomian suatu negara akan mempengaruhi yang lain. Dengan demikian, pemerintah menjadi lebih peduli tentang satu sama lain untuk mengekang ketidakseimbangan ekonomi di antara mereka.

Kontra globalisasi

  • Banyak orang dari negara-negara maju yang kehilangan pekerjaan. Perusahaan di negara maju membangun perusahaan di negara berkembang dan merekrut tenaga kerja lokal dengan upah yang lebih rendah.
  • Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa globalisasi bersamaan dengan aspek-aspek positif juga mengarah pada isu negatif seperti penyakit menular dan degenerasi sosial.
  • Terdapat juga ancaman korporasi penguasa dunia karena kekuasaan dan uang yang diinvestasikan oleh mereka. Negara-negara penerima menyerahkan kendali bagi perusahaan asing yang tak lain sama bentuknya dengan penjajahan secara halus.
  • Globalisasi dapat menyebabkan hilangnya identitas budaya lokal karena masuknya unsur-unsur asing yang kurang sesuai.

Globalisasi telah membuat jalan bagi perdagangan pasar bebas dan bisnis yang meluas. Hal ini juga membantu meningkatkan komunikasi di seluruh dunia. Globalisasi tidak dapat dihentikan. Ini adalah semua tentang pro dan kontra globalisasi. Globalisasi membuat dunia lebih baik tapi juga lebih buruk.

Comments are closed.