Nyeri Dada Kiri Atas dan Penyebabnya

Setiap orang dapat menderita nyeri dada kiri atas setiap saat. Meskipun anda tidak perlu panik, pada saat yang sama juga tidak mengabaikan rasa sakit dada sebelah kiri atas tersebut.

Setiap tahun di seluruh dunia, ada jutaan pasien yang dirawat karena mengalami nyeri dada. Nyeri dada dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu nyeri dada kanan dan nyeri dada kiri. Namun hal penting untuk diingat, bahwa tidak semua nyeri dada berarti serangan jantung. Titik asal nyeri dada dapat menjadi salah satu dari organ di dada, yaitu jantung, paru-paru, kerongkongan atau dari komponen lain dari dinding dada. Dalam beberapa kondisi, nyeri dada juga dapat disebabkan karena masalah di kantung empedu atau perut.

Penyebab nyeri dada kiri atas

Nyeri dada sebelah kiri atas dapat disebabkan karena berbagai masalah kesehatan. Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab nyeri pada dada kiri atas;

Angina
Angina disebabkan karena plak yang mengandung kolesterol, yang berada di dinding bagian dalam arteri. Hal tersebut akan menghalangi jalannya darah yang membawa oksigen ke jantung. Ketika suplai darah terhambat akan dapat menyebabkan nyeri dada kiri atas yang berulang.

Serangan jantung
Ini adalah salah satu penyebab utama dari nyeri dada kiri. Serangan jantung biasanya sering menyebabkan tekanan atau rasa sakit di dada kiri. Rasa sakit dapat berlangsung selama beberapa menit dan dapat menjalar ke punggung, leher, rahang, bahu, lengan, dsb. Rasa sakit ini sering terlihat di sisi kiri.

Masalah pada kantung empedu, pankreas atau usus
Radang kantung empedu atau pankreas dapat menyebabkan nyeri akut. Nyeri ini sering menjalar ke dada dan penderita merasa nyeri di dada sebelah kiri atas.

Fibromyalgia
Jika seseeorang menderita nyeri otot kronis, seperti fibromyalgia, dia mungkin akan menderita nyeri dada kiri atas. Nyeri ini dapat disebabkan oleh nyeri otot dan sendi.

Ketika seseorang mengalami nyeri dada sebelah kiri atas, adalah penting untuk tidak merasa panik, tetapi pada saat yang sama anda harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meringankan rasa nyeri dada kiri atas tersebut. Jika rasa sakit dada kiri atas tersebut terjadi berulang kali dalam jangka waktu dekat, maka sangat penting untuk tidak membuang-buang waktu dan mencari bantuan medis dengan segera.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com