Pengertian Imperialisme, Apa itu Imperialisme?

Imperialisme merupakan salah satu fenomena yang paling penting yang telah membentuk era modern. Istilah imperialisme ini disebut sebagai konsep yang dapat berupa politik, ekonomi atau geografis. Sebuah contoh yang seperti kerajaan imperialis Inggris dan kolonial dari abad ke-19. Kadang-kadang, hal itu juga bisa berkaitan dengan komunisme, keyakinan agama, dan keyakinan politik. Kata imperialis berasal dari kata latin imperare yang berarti perintah. Hal ini diyakini bahwa isitilah ini mulai dipakai pada abad ke-16, dan berasal dari konsep imperium Romawi.

Pengertian Imperialisme

Pengertian imperialisme secara umum adalah ekspansi politik untuk menguasai negara asing. Definisi imperialisme ini mengacu pada penaklukan, aneksasi dan dominasi dari satu bangsa atas bangsa lain atau negara. Definisi ini biasanya digunakan dalam referensi kegiatan ekspansionis dan penjajah. Contoh kasus yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa setelah penemuan rute perdagangan ke Asia, Afrika dan dunia baru Amerika. Awalnya konsep itu dimulai sebelum bangsa Eropa memulai ekspansi mereka. Imperialisme yang menonjol terlihat pada zaman kuno di kerajaan seperti pada Kekaisaran Cina, Kekaisaran Romawi, dan Genghis Khan. Era Imperialisme mulai di mana negara-negara Eropa, yang kebetulan berteknologi lebih maju mulai memperbudak negara-negara di benua Asia, Afrika, dan Amerika.

Hal ini juga didefinisikan sebagai perpanjangan agresi otoritas. Namun, hal ini juga mengacu pada setiap jenis ekspansi, baik politik atau ekonomi. Imperialisme yang terlihat di era modern, contohnya di dunia usaha di mana perusahaan mencoba untuk memonopoli atau mendominasi pasar dan menjual produk mereka.

Ada juga lagi yang terlihat di era modern yaitu imperialisme atas sumber daya alam seperti minyak. Banyak kritikus berpendapat bahwa Perang Teluk dan Perang Irak adalah bagian dari konsep yang dikenal sebagai imperialisme minyak, di mana sumber-sumber minyak dieksploitasi. Perang memberikan kendali kekuasaan kepada Amerika atas sumber-sumber minyak di daerah Teluk.

Meskipun fenomena imperialisme dianggap tidak bermoral oleh banyak orang, imperialisme akan cenderung selalu tetap ada selama makhluk hidup di muka bumi ini.

Comments are closed.