Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan

Buah kiwi kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang merupakan alasan di balik manfaat buah kiwi.

Buah kiwi juga dikenal dengan gooseberry Cina, yang berasal dari lembah Sungai Yangtze di Cina. Dari tempat itu dibawa ke Selandia Baru dan kemudian ke bagian-bagian lain dunia. Buah kiwi secara ilmiah dikenal dengan istilah Actinidia deliciosa, sedangkan kiwi berasal dari nama burung asli Selandia Baru, yang disebut kiwi. Saat ini buah ini dibudidayakan dan dikonsumsi di beberapa negara di seluruh dunia. Buah kiwi memiliki kulit berwarna coklat dan dagingnya hijau dengan biji hitam kecil-kecil. Buah ini memiliki rasa yang manis.

Kandungan gizi dan manfaat buah kiwi

Vitamin
Kiwi merupakan sumber yang kaya vitamin C dan Vitamin E. Vitamin C adalah vitamin yang larut air yang bekerja secara efektif melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Serat
Kiwi memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat mengontrol tingkat gula dalam darah seseorang. Serat juga membantu dalam menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mineral
Buah kiwi kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga. Oleh karena itu, bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung yang terkait.

Antioksidan
Penelitian telah menunjukkan bahwa kiwi bermanfaat untuk mengurangi terjadinya  penyebab utama dari gangguan penglihatan pada orang dewasa. Efek dari buah kiwi dikaitkan dengan antioksidan flavonoid seperti beta karoten, lutein, dan xanthin. Antioksidan juga mencegah katarak, penyakit jantung dan kanker.

Omega 3
Tidak hanya daging, tetapi bahkan biji buah kiwi juga memiliki nilai gizi. Ketika hancur, benih menghasilkan minyak yang kaya akan omega 3.

Manfaat buah kiwi yang lain

  • Kiwi juga memiliki efek positif pada sistem pernapasan. Sebuah studi yang dilakukan di Italia telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi buah kiwi dan buah jeruk setiap hari memiliki resiko lebih rendah menderita masalah pernapasan seperti asma, batuk dan pilek.
  • Buah kiwi juga merupakan pengencer darah alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 sampai 3 sehari selama 28 hari menyebabkan cukup penipisan darah. Hal ini mengurangi resiko bekuan darah dan mengurangi lemak dalam darah yang dapat menyebabkan penyumbatan.
  • Seratnya yang tinggi juga memiliki efek sebagai pencahar ringan. Oleh karena itu, hal ini berguna dalam berurusan dengan masalah pencernaan dan sembelit.
  • Flavonoid dalam buah meningkatkan nilai gizi dari buah kiwi. Flavonoid melindungi sel-sel tubuh dari efek berbahaya dari oksidasi.
  • Salah satu dari sekian banyak manfaat adalah hal itu memfasilitasi penyerapan zat besi, sehingga mencegah anemia.
  • Folat dalam kiwi memainkan peran penting dalam pengembangan sel pada wanita hamil. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus selama kehamilan.
  • Buah kiwi kaya akan antioksidan yang mengurangi tanda-tanda penuaan. Asam askorbat dalam buah ini adalah zat yang sangat baik dan memberikan hasil yang bagus dalam mengencangkan kulit dan pori-pori.
  • Konsumsi buah kiwi memperkuat metabolisme dan meningkatkan fungsi saraf. Hal ini juga membantu untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh.

Banyak sekali manfaat buah kiwi dan mengapa buah ini baik sekali jika disertakan dalam menu makan harian.

Bookmark and Share

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com