Pentingnya Manfaat Daur Ulang Sampah

Sebelum mengetahui pentingnya dari manfaat daur ulang dan kaitannya dengan kondisi lingkungan yang lebih baik, adalah penting untuk memahami pengertian daur ulang. Daur ulang mengacu pada proses pengumpulan bahan bekas yang biasanya dianggap sebagai sampah dan pengolahannya. Dalam proses ini bahan-bahan yang digunakan diurutkan dan diproses untuk digunakan sebagai bahan baku dalam memproduksi produk baru. Daur ulang berarti menggunakan unsur-unsur inti dari produk lama sebagai bahan baku untuk memproduksi barang-barang baru. Beberapa item yang sering diproses pada daur ulang adalah plastik, kaca, kertas, baterai, aluminium, dsb.

Proses daur ulang

Proses daur ulang terdiri dari tiga tahap. Pada tahap pertama, produk lama dikumpulkan dan diproses, di mana semua diurutkan, dibersihkan dan siap untuk didaur ulang atau pembuatan produk baru. Tahap kedua melibatkan pembuatan produk baru dari bahan baku yang diperoleh dari pengolahan produk lama. Akhirnya, proses berakhir dengan pembelian barang daur ulang oleh konsumen. Semakin banyak orang melangkah maju untuk membeli produk daur ulang, semakin tinggi keberhasilan dapat dipastikan. Membeli produk daur ulang akan meningkat bila setiap individu mengembangkan kesadaran dengan memanfaatkan benda-benda lama mereka di rumah sebagai bahan baku untuk memproduksi barang baru. Mari kita sekarang melihat pentingnya manfaat daur ulang.

Manfaat daur ulang

Menghemat energi
Produk baru yang diproduksi dari bahan baku yang diperoleh dari produk daur ulang, akan dapat menghemat banyak energi yang dikonsumsi di dalam proses produksi. Berbeda dengan produk baru yang dibuat pertama kali dari bahan mentah yang masih baru, jumlah energi yang dikonsumsi jauh lebih tinggi. Dengan daur ulang akan menghemat energi yang dibutuhkan untuk memperoleh dan mengangkut bahan baku.

Mengurangi polusi
Manfaat daur ulang dapat membantu dalam mencegah pemanasan global. Dengan meminimalkan energi yang dihabiskan untuk produksi industri, hal itu juga membantu dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Beberapa bahan bakar yang digunakan di sebagian besar industri termasuk batubara, diesel, dan solar. Semua ini memancarkan gas berbahaya seperti metana, sulfur dioksida, dan karbondioksida ke udara. Pengolahan bahan mentah yang masih baru juga menimbulkan bahan beracun yang dapat mencemari lingkungan. Dengan mengurangi energi yang digunakan, juga akan meminimalkan jumlah pemakaian bahan bakar yang akan mengurangi jumlah polutan berbahaya pada lingkungan.

Menghemat SDA
Kita tahu bahwa daur ulang melibatkan pengolahan dan penggunaan unsur-unsur inti dari produk lama untuk memproduksi produk baru. Hal ini membantu dalam menghemat sumber daya alam kita. Sebagai contoh, kertas bekas yang didaur ulang tidak perlu menggunakan sumber daya dari pohon lagi untuk menghasilkan kertas baru. Dengan cara ini, daur ulang yang tepat dapat membantu kita dalam melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang dan menjaga keseimbangan alam.

Manfaat ekonomis
Mirip dengan menghemat energi dan sumber daya alam, daur ulang juga membantu dalam menghemat banyak biaya. Biaya ini mencakup seluruh siklus produksi mulai dari memperoleh bahan baku, pengangkutan dari tempat asal ke tempat produksi, pengolahan dan manufaktur. Ini juga menciptakan peluang kerja bagi banyak orang, yang terlibat dalam berbagai proses. Hal ini memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi suatu negara atau daerah.

Menghemat ruang
Sebagian besar tempat pembuangan sampah diisi dengan banyak sampah yang bisa didaur ulang. Beberapa sampah membutuhkan waktu lama untuk dapat terurai. Daur ulang memungkinkan penggunaan yang tepat dari produk-produk sampah dan menghemat ruang untuk tempat pembuangan sampah. Tempat pembuangan sampah semakin penuh, kecuali kita mulai melakukan daur ulang di rumah kita sendiri.

Daur ulang merupakan langkah penting yang dapat kita lakukan untuk melestarikan bumi kita dengan mengurangi pencemaran lingkungan dan menghemat energi. Semoga artikel lingkungan hidup ini akan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya manfaat daur ulang.

Bookmark and Share

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com