Tugas HRD dalam Sebuah Perusahaan

Jika anda sedang mencari pekerjaan di departemen sumber daya manusia(HRD) dari suatu perusahaan, maka anda perlu mengetahui tentang deskripsi pekerjaan, tanggung jawab dan tugas HRD dalam sebuah perusahaan.

Sumber daya manusia adalah aset sebuah perusahaan. Karena merekalah perusahaan juga dapat berjalan semestinya. HRD merupakan salah satu dari berbagai fungsi dalam suatu perusahaan, yang berkewajiban untuk mengelola sumber daya manusia bagi perusahaan. Dengan demikian, HRD menjadi bagian yang penting pada setiap perusahaan. Ketika anda menjadi personil HRD, pada dasarnya anda berurusan dengan kebijakan dan strategi yang diikuti oleh perusahaan untuk kesejahteraan karyawan.

Tugas HRD

Agar dapat bekerja secara efisien bagi kesejahteraan karyawan dan perusahaan, maka personil HRD wajib memahami tugas-tugasnya. HRD mempunyai beberapa tugas sesuai fungsinya, antara lain adalah:

Membuat kebijakan
Setiap perusahaan mengikuti kebijakan tertentu dan HRD yang akan merumuskan kebijakan perusahaan. Ini adalah fungsi yang paling penting dari HRD. Semua kebijakan harus disusun dengan mempertimbangkan tujuan perusahaan.

Rekrutmen dan seleksi
Ini adalah tanggung jawab HRD untuk merekrut staf yang dibutuhkan oleh perusahan. HRD memilih calon karyawan yang tepat dan mempekerjakan karyawan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Perubahan dalam manajemen
Dalam sebuah perusahaan mungkin akan terjadi suatu perubahan manajemen dan tidak semuanya mungkin menyenangkan. Karyawan merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Personil HRD mempunyai peran penting dalam perubahan manajemen dengan menerapkan perubahan tersebut sesuai cara yang baik.

Data karyawan
HRD mencatat semua rincian dari karyawan yang bekerja dalam perusahaan. Setiap karyawan memiliki file sendiri dan bersifat rahasia.

Hubungan dengan karyawan
HRD memainkan peran penting dalam menjaga hubungan yang baik dengan karyawan dalam sebuah perusahaan. HRD juga memperhitungkan segala isu yang dihadapi oleh karyawan.

Penilaian kinerja
HRD memberikan ulasan kinerja tahunan dan penilaian terhadap karyawan, termasuk kenaikan gaji tergantung pada tinjauan ini. Penilaian kinerja adalah salah satu tugas penting dari HRD.

Pelatihan dan pengembangan
Semua pelatihan karyawan dan kebutuhan pengembangan perusahaan ditangani oleh HRD. HRD juga mengambil umpan balik untuk memastikan bahwa pelatihan ini dapat dilaksanakan dalam kinerja karyawan sehari-hari.

Kompensasi
Salah satu tugas HRD yang juga penting adalah kompensasi merujuk pada gaji yang dibayarkan kepada karyawan. Menentukan kompensasi untuk karyawan baru dan juga karyawan lama berdasarkan kinerja mereka. Selain itu HRD juga bertanggung jawab terhadap pengaturan tunjangan perusahaan bagi karyawan.

Disiplin
Ini adalah tanggung jawab HRD untuk mengatur tindakan disipliner pada karyawan yang bersalah, tidak mengikuti peraturan perusahaan dan yang menolak untuk mengikuti kebijakan perusahaan.

Seperti yang dapat anda lihat dari atas, banyak sekali tugas dari HRD. Jika anda sedang mencari pekerjaan untuk posisi HRD, anda harus memiliki kemampuan untuk berbicara dan mendengarkan orang-orang, berkomunikasi dengan benar dan mempunyai kemampuan untuk melakukan semua tugas-tugas HRD yang disebutkan di atas.

Comments are closed.