Dampak Positif dan Dampak Negatif Membawa Handphone ke Sekolah

Artikel berikut berkaitan dengan dampak positif dan negatif membawa handphone ke sekolah. Apakah hal ini merupakan ide yang buruk atau merupakan suatu kebutuhan mutlak?

Pada zaman dahulu kita belum memiliki handphone. Sekarang ketika kita sudah mempunyai handphone, seakan-akan kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa itu. Tampaknya handphone telah menjadi bagian terpenting dalam hidup. Jika kita lihat sekarang, banyak siswa yang membawa handphone ke sekolah. Apakah hal tersebut benar-benar diperlukan ataukah merupakan suatu pemborosan? Artikel berikut akan membahas masalah penggunaan handphone dan dampaknya di sekolah.

Dampak positif

  • Tidak ada keraguan bahwa handphone memungkinkan untuk dapat menghubungi seseorang secara langsung dalam keadaan darurat atau sebaliknya. Siswa yang memiliki handphone setidaknya membuat orang tua nyaman karena mereka dapat saling melakukan panggilan seumpama terjadi perubahan dalam rencana atau jadwal, instruksi darurat dan sejenisnya.
  • Jika seorang anak tidak membawa handphone dan orang tua perlu segera menghubungi anak mereka, maka mereka harus menghubungi melalui kantor sekolah. Akibatnya, waktu yang berharga bisa hilang atau juga jika saluran telepon di kantor sekolah sedang sibuk. Sekolah juga harus mengirim seseorang untuk menghubungi siswa yang bersangkutan dan menyampaikan pesan atau memanggilnya ke kantor untuk menerima panggilan.
  • Salah satu keuntungan dari penggunaan handphone di sekolah adalah bahwa hal itu dapat digunakan sebagai alat bantu. Sebuah handphone dilengkapi dengan beberapa aksesoris seperti kalkulator, kamera dan internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam bidang akademik.

Dampak negatif

  • Seiring dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di handphone, juga dapat mempengaruhi konsentrasi mereka pada studi dan proses pembelajaran secara keseluruhan. Ketika telepon mulai berdering di kelas meski hanya pada mode getar, guru akan kehilangan kesempatan mengajar dan akan terbukti menjadi kerugian besar bagi seluruh kelas.
  • Beberapa siswa mungkin dapat melaporkan ancaman bom sebagai sebuah lelucon. Mereka juga dapat menggunakan handphone untuk kegiatan ilegal lainnya seperti transaksi narkoba, pencurian dan sejenisnya.
  • Aplikasi internet di handphone memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan. Siswa dapat merujuk ke internet untuk mencari jawaban pada saat ulangan, atau mereka bisa membawa teks contekan dalam handphone. Hal ini menghambat mereka dari bekerja keras.
  • Kadang-kadang, hanya anak-anak dari keluarga mampu yang memiliki handphone. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah sosial seperti kecemburuan, pencurian, dan pelecehan. Proses penyesuaian di sekolah menjadi agak sulit karena adanya kesenjangan sosial.

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berdiskusi antara pihak sekolah dan orang tua serta agar menghasilkan suatu kebijakan yang tepat. Poin yang terpenting, apakah handphone mempunyai dampak positif yang mengarah pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belaka?

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com