Denyut Nadi Normal

Denyut nadi normal merupakan tanda kesehatan tubuh yang baik secara keseluruhan. Denyut nadi biasanya digunakan untuk memantau dan mendeteksi kondisi medis pada manusia. Denyut nadi dapat didefinisikan sebagai frekuensi di mana jantung berdetak. Denyut nadi pada manusia, bersama dengan suhu tubuh, tingkat respirasi dan tekanan darah, merupakan tanda dari kesehatan seseorang.

Denyut nadi memberitahu kita bagaimana tingkat kesehatan atau juga stres seseorang. Denyut nadi yang lebih cepat dari denyut nadi normal bisa menjadi indikator adanya infeksi atau peningkatan resiko terkena stroke, penyakit jantung iskemik, aritmia jantung, dsb. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memeriksa denyut nadi setiap orang untuk memantau kesehatan. Mengukur denyut nadi dapat dilakukan dengan mudah di rumah, namun untuk yang satu ini diperlukan pengetahuan tentang denyut nadi normal.

Kisaran denyut nadi normal

Kita perlu untuk mengukur denyut nadi di waktu seseorang dalam kondisi istirahat, santai, dan tidak melakukan aktivitas fisik, untuk mengetahui apakah denyut nadi orang tersebut berada dalam kisaran normal. Misal, pada denyut nadi rata-rata untuk orang dewasa antara 60-100 per menit. Namun jika di atas 90 per menit maka tergolong cukup tinggi dan harus mendapat perhatian khusus.

Pada pria dewasa 55-75
Pada wanita dewasa 60-80
Pada wanita hamil 80-90
Pada anak usia 0-3 bulan 100-160
Pada anak usia 3-6 bulan 90-120
Pada anak usia 6-12 bulan 80-120
Pada anak usia 1-10 tahun 70-130
Pada anak usia 10-18 tahun 60-100

Denyut nadi bervariasi dari satu orang ke orang lain. Berbagai faktor yang menentukan denyut nadi adalah sebagai berikut:

Umur dan jenis kelamin
Bayi yang baru lahir memiliki denyut nadi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan anak-anak lebih tua atau orang dewasa. Selain itu wanita memiliki denyut nadi lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki.

Tingkat kebugaran
Mereka yang suka beraktivitas fisik dan olahraga memiliki denyut nadi yang lebih rendah. Semakin tinggi tingkat kebugaran orang tersebut, maka semakin rendah denyut nadinya. Hal ini karena olahraga meningkatkan kesehatan jantung. Otot-otot jantung dalam kondisi lebih baik pada individu yang aktif, dan tidak perlu bekerja keras untuk mempertahankan denyut jantung yang stabil. Jantung mampu memompa lebih banyak darah pada setiap detak jantung. Pada pria dewasa seperti atlet ataupun yang gemar berolahraga mempunyai denyut nadi 40-55, sedangkan untuk wanita dewasa berkisar 55-60.

Berat badan
Penderita obesitas mungkin memiliki kisaran denyut nadi lebih tinggi. Hal ini karena tubuh yang lebih besar, semakin banyak beban pada jantung untuk memompa darah.

Gaya hidup
Gaya hidup, stres, atau trauma juga dapat menyebabkan denyut nadi meningkat. Dengan demikian, kesehatan mental dan emosional juga memainkan peran penting dalam menentukan denyut nadi.

Obat
Asupan berbagai obat-obatan dapat menyebabkan denyut nadi turun di bawah 60.

Kehamilan
Selama kehamilan, jantung mencoba untuk memompa darah lebih banyak untuk perkembangan janin. Karena itulah denyut nadi akan meningkat.

Aktivitas
Denyut nadi meningkat setelah makan, aktivitas fisik, dan olahraga. Selama olahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan jantung berdetak lebih cepat untuk memompa lebih banyak darah ke otot-otot tubuh. Inilah sebabnya mengapa denyut jantung lebih tinggi selama dan setelah berolahraga. Denyut nadi tidak konstan sepanjang hari bahkan pada individu yang sehat.

Kondisi medis
Mereka yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat memiliki denyut nadi yang lebih tinggi. Selain itu, gangguan medis tertentu juga membawa variasi dalam denyut nadi. Ini adalah alasan mengapa denyut nadi digunakan sebagai alat bantu mendiagnostik gangguan kesehatan.

Cara mengukur denyut nadi

  1. Metode yang paling akurat untuk memeriksa denyut nadi adalah melalui elektrokardiograf. Namun demikian, anda juga dapat memeriksanya sendiri di rumah. Meski mungkin tidak 100% akurat, tapi masih tergolong cukup baik.
  2. Daerah-daerah di mana denyut nadi dapat mudah dirasakan adalah leher (arteri karotid), pergelangan tangan (arteri radial), belakang lutut (poplitea), bagian dalam siku (arteri brakialis) dan dekat pergelangan kaki (tibialis posterior). Sedangkan denyut nadi apikal adalah denyut nadi yang dihitung langsung dengan mengukur detak jantung.
  3. Untuk lebih mudah menemukan denyut nadi anda, tempatkan jari anda pada pergelangan tangan kiri, telapak tangan menghadap ke atas. Tekan dengan lembut dan coba mencari denyut nadi.
  4. Setelah anda menemukan denyut nadi, hitunglah jumlah denyut dalam satu menit.
  5. Waktu terbaik untuk mengukur denyut nadi adalah di pagi hari, ketika telah mendapatkan istirahat yang cukup.

Kondisi medis tertentu dapat menyebabkan denyut nadi lebih cepat atau lambat. Dua kondisi berikut menunjukkan kelainan dengan fungsi jantung.

Bradikardia
Bradikardia adalah suatu kondisi ketika detak jantung turun di bawah 60 per menit. Ini mungkin merupakan kondisi normal untuk atlet dan asimtomatik kecuali ada penurunan besar dalam denyut nadi. Denyut nadi di bawah 50 per menit, dalam kondisi istirahat/ tanpa aktivitas masih tergolong normal untuk beberapa individu, terutama jika tidak disertai gejala seperti lelah, lemah, sesak napas, nyeri dada, palpitasi dan hal lain yang terkait.

Takikardia
Takikardia adalah suatu kondisi ketika jantung cenderung untuk memompa lebih cepat dari biasanya. Hal ini menghasilkan sirkulasi yang buruk dan suplai darah yang tidak mencukupi untuk bagian-bagian tubuh. Denyut jantung yang cepat bervariasi sesuai usia seseorang. Namun, denyut nadi di atas 120 per menit pada orang dewasa, pada keadaan tanpa aktivitas, wajib mendapatkan perhatian medis. Takikardia sering mengakibatkan beberapa penyakit jantung kronis.

Anda dapat memprediksi kondisi kesehatan seseorang dengan memeriksa dari denyut nadinya. Oleh karena itu, denyut nadi digunakan sebagai alat bantu diagnostik pertama kali. Gaya hidup aktif dan sehat dapat membantu menjaga denyut nadi normal yang sehat pada manusia.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.