Tips Mengobati Hidung Tersumbat pada Anak

Hidung tersumbat pada anak-anak jika tidak diobati pada saat yang tepat dapat menyebabkan masalah tidur, sakit kepala, masalah pendengaran, dsb. Artikel kesehatan berikut akan memberikan tips mengobati hidung tersumbat pada anak-anak.

Hidung tersumbat terjadi karena adanya peradangan pada selaput yang melapisi hidung dan pembuluh darah. Peradangan ini menyebabkan obstruksi pada saluran hidung dan menjadi hal yang menjengkelkan, yang dialami oleh anak-anak. Hidung tersumbat karena pilek sebenarnya adalah cara tubuh untuk melindungi dan menyembuhkan diri. Di lain sisi, masalah hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh alergi makanan atau alergi dari lingkungan sekitarnya.

Hidung tersumbat bukan masalah yang sangat serius, namun bagaimanapun, mengabaikan masalah ini dapat berdampak pada pendengaran, sakit kepala, nyeri wajah yang ringan, dsb. Hidung tersumbat pada anak dapat menyebabkan gangguan susah tidur, mendengkur dan gangguan tidur lainnya. Anak-anak dengan hidung tersumbat yang disebabkan karena jaringan limfoid yang melebar, beresiko menderita gangguan tidur kronis, dengan tingkat kehabisan suplai oksigen dan bahkan gagal jantung. Untuk menghindari semua ini, adalah penting untuk mengobati hidung tersumbat untuk anak-anak.

Mengobati hidung tersumbat

  1. Selama mengalami hidung tersumbat, pastikan anak untuk dapat memiliki banyak tidur dan istirahat cukup. Berikan minuman air hangat, kaldu sayuran dan jus buah-buahan segar. Hal ini penting bagi anak anda untuk mengonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya sepanjang hari, dengan tujuan mengatasi iritasi di bagian hidung. Anak mungkin tidak bisa minum terlalu banyak. Namun dengan begitu, tetaplah memberikan sejumlah kecil cairan panas sepanjang hari. Hindari memberikan anak anda minuman seperti teh dan kopi.
  2. Membersihkan hidung dari ingus atau kotoran. Anda mungkin harus menggunakan alat seperti sedot hidung. Melakukan hal ini haruslah hati-hati, karena jika tidak justru menimbulkan rasa sakit, hidung teriritasi bahkan pendarahan.
  3. Solusi lain untuk mengobati hidung tersumbat adalah dengan memberikan obat tetes hidung pada anak anda. Obat tetes hidung dapat digunakan sebelum tidur. Namun, anda juga harus membatasi penggunaan obat tetes hidung tersebut. Dalam menggunakannya juga harus hati-hati, disamping rasa cairan tersebut terasa hambar dan tidak enak pada tenggorokan, dapat juga menimbulkan rasa tersedak jika kurang berhati-hati.
  4. Mandi uap panas atau mandi air panas juga dapat meringankan hidung tersumbat pada anak-anak.
  5. Jika anak anda masih bayi, menyusui dapat menjadi salah satu obat untuk hidung tersumbat. Menyusui tidak hanya meringankan saluran hidung yang meradang, tetapi juga membantu melonggarkan lendir kering yang menghalangi saluran hidung. Jika cara tersebut dirasa susah dan menjadi sulit untuk dapat menyusui, anda bisa menambahkan dengan pedialyte yang berfungsi untuk menjaga anak dari dehidrasi dan juga lebih mudah untuk menelan.
  6. Seringkali orang tua melihat bahwa masalah hidung tersumbat pada anak mereka menjadi bertambah buruk ketika anak tidur. Namun, akan menjadi lebih baik ketika anak tidur dengan posisi agak tegak. Hal ini karena dalam posisi tubuh yang berbaring membuat penyumbatan yang lebih banyak. Anda bisa menumpuk bantal agar anak dapat tidur dalam posisi kepala lebih tegak. Menopang kepala membuat drainase berjalan kembali ke tenggorokan dan meredakan tersedak ataupun batuk.
  7. Minyak kayu putih memiliki sifat dekongestan, yang menyembuhkan saluran hidung dan mengurangi pembengkakan. Tuangkan dua sampai tiga tetes minyak kayu putih pada serbet dan biarkan anak anda menghirup uapnya sepanjang hari. Untuk anak-anak yang lebih kecil, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih di atas bantal, sehingga anak menghirup uap eucalyptus saat tidur, terutama di malam hari.

Hidung tersumbat

Jika anak anda tidak menunjukkan tanda-tanda kesulitan bernapas atau dehidrasi, maka tidak perlu untuk mengunjungi dokter anak. Namun, jika semua tips mengobati hidung tersumbat di atas tidak mempan dan anak anda masih mengalami kesulitan bernapas, maka anda perlu untuk membawanya ke dokter anak. Jika hidung tersumbat ini disebabkan oleh adanya alergi, maka diperlukan untuk meneliti makanan atau minuman apa sajakah yang sudah dikonsumsi, selebihnya juga memperhatikan kondisi lingkungan. Demikian tips untuk mengobati hidung tersumbat pada anak.

Afrin melegakan hidungku diwaktu kecil, karena ku punya asma bawaan

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com