Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan marah. Ini adalah masalah kesehatan umum yang dihadapi bayi dan dapat diobati dengan mudah dengan bantuan beberapa pengobatan alami dan sederhana. Artikel ini akan memandu anda dengan beberapa solusi mudah dan sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi anda.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

nasal aspirator - cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Hidung tersumbat pada bayi bisa sangat merepotkan dan perlu diobati sejak awal. Sebelum anda mulai mencoba untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi anda, perlu diingat bahwa bayi yang berusia kurang dari tiga bulan harus menghindari menggunakan obat-obatan, seperti halnya dekongestan cair yang mungkin efektif pada orang dewasa, tetapi tidak boleh digunakan untuk bayi. Mari kita lihat beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, yang dapat membantu dalam mengobati hidung bayi yang tersumbat.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

~ Uap panas atau mandi air panas adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi. Paparan uap dapat membantu melonggarkan lendir yang menghalangi hidung bayi. Lendir kemudian menetes dan keluar dengan sendirinya, membersihkan rongga hidung dan membuatnya lebih mudah bagi bayi anda untuk bernapas. Hal ini mungkin tidak perlu memandikan bayi, duduklah dengannya dekat dengan air panas dengan uap yang mengepul.

~ Air garam dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Untuk membuat air garam buatan sendiri, semua yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan campuran satu cangkir air hangat dan setengah sendok teh garam meja. Dengan memakai pipet, teteskan larutan garam dalam lubang hidung bayi, satu tetes untuk setiap lubang hidung sepertinya cukup. Kemudian pijat hidung bayi dengan lembut pada kedua sisi. Sebelum mengulangi prosedur, pastikan bahwa anda mensterilkan ujung pipet untuk memastikan kebersihan.

~ Ada dua jenis alat hisap atau aspirator hidung yang dapat membantu anda untuk menghilangkan lendir di hidung bayi.

Bola karet suntik
Alat ini adalah sejenis perangkat hisap untuk hidung tersumbat yang dapat anda dapatkan dengan mudah di apotek. Perangkat ini memiliki bola karet dan tabung seperti jarum suntik yang dapat lembut dimasukkan ke hidung bayi, menyerupai pipet yang terdiri dari tabung dan bola karet. Remas bola untuk mendorong semua udara keluar dan menciptakan ruang hampa, kemudian masukkan tabung ke lubang hidung bayi. Setelah di dalam hidung, biarkan udara masuk kembali ke dalam bola karet, alat ini akan menarik lendir dan menyimpannya dalam bola karet. Jangan gunakan perangkat lebih dari dua kali pada setiap lubang hidung, karena dapat menyebabkan peradangan pada rongga hidung.

Nasal aspirator
Nasal aspirator bekerja pada prinsip yang sama, namun memiliki desain yang sedikit berbeda. Perangkat ini terdiri dari sebuah bola karet dengan ujungnya yang memanjang,  memiliki pipa yang melekat pada bola yang digunakan untuk menyedot keluar lendir. Setelah dimasukkan ke dalam lubang hidung bayi, anda dapat dengan lembut menarik pipa untuk menyedot lendir keluar. Ada filter yang dipasang di dalamnya untuk mencegah kontaminasi.

Berurusan dengan hidung bayi yang tersumbat memang menjadi tugas yang cukup susah. Namun, ada berbagai tips dan cara untuk mengatasi permasalahan hidung tersumbat pada bayi. Janganlah ragu untuk mengunjungi pakar kesehatan atau mungkin dokter jika anda ingin mengetahui lebih jelas.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com