Perbedaan Pilek dan Flu

Istilah pilek dan flu sering digunakan secara bergantian, namun terdapat beberapa perbedaan pilek dan flu. Pilek dan flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Kedua penyakit ini mempengaruhi sistem pernapasan atas pada manusia. Pilek dan flu juga dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun. Hanya ada sedikit perbedaan dalam gejala pilek dan flu. Berikut adalah hal-hal yang menjadi perbedaan pilek dan flu di lihat dari gejalanya.

Perbedaan pilek dan flu

Perbedaan pilek dan flu yang mendasar terletak pada gejala yang yang terjadi jika terkena penyakit ini. Berikut ini adalah gejala pilek:

Hidung berair
hidung tersumbat
sakit tenggorokan
bersin

Gejala influenza meliputi:

Demam
Linu
Sakit kepala
Kelelahan
Gastrointestinal pada anak

Pada mulanya, sangat sulit untuk membedakan antara pilek dan flu. Pilek tidaklah penyakit yang berat, di sisi lain, flu dapat mengancam jiwa jika gejala-gejala menjadi lebih parah.

Gejala Pilek Flu
Nyeri pada badan Jarang terlihat Sering sekali terlihat
Hidung tersumbat Sering sekali terlihat Jarang terlihat
Batuk Lendir dapat menyebabkan batuk Terjadi batuk kering
Demam Tidak selalu disertai Selalu disertai demam
Rasa lelah Ringan Parah
Komplikasi Sinusitis Pneumonia, bronkitis

Mencegah + mengobati pilek dan flu

Sistem kekebalan tubuh manusia dapat memerangi sebagian besar virus. Pilek dapat mereda dalam beberapa hari pada umumnya. Minum banyak air dan istirahat yang cukup dapat membantu meredakan pilek dengan lebih cepat. Di sisi lain, suplemen vitamin C dan sup kaldu ayam dapat membantu meringankan gejala pilek.

Flu juga dapat diobati dengan cara yang sama. Antibiotik dapat digunakan dalam beberapa kondisi untuk menghindari dan mengobati infeksi sekunder seperti pneumonia. Influenza dapat berakibat fatal bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti bayi dan anak-anak.

Pilek dapat dihindari dengan cara menjaga kebersihan yang baik. Menjaga kebersihan dan mencuci tangan secara teratur sangat penting untuk mencegah terkena pilek.

Bookmark and Share

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com