Tips Membuat Pidato Perkenalan Diri

Bila anda berencana untuk membuat pidato perkenalan diri, ada beberapa hal yang anda harus diingat. Artikel berikut akan memberikan tips membuat pidato perkenalan diri dan hal penting yang harus anda sertakan dalam pidato perkenalan diri.

Ketika anda berhadapan dengan sekelompok orang yang belum anda kenal dalam suatu seminar, ketika berada di kelas atau mungkin acara pertemuan lainnya, anda harus memperkenalkan diri di depan mereka. Pidato perkenalan diri memberikan kesan pertama atas anda di dalam pikiran orang-orang yang anda hadapi. Oleh karena itu, pidato tersebut harus memberikan semua informasi yang relevan tentang siapakah dan apakah yang anda lakukan. Namun, tidak harus panjang dan tampak seperti otobiografi. Seperti pidato lainnya, pidato ini dapat dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda.

Pidato perkenalan

Pengantar
Pengantar ini merupakan bagian penting dari awal pidato apapun dan harus sederhana namun mengesankan. Pada awalnya, sapalah penonton dengan sambutan hangat. Sikap hangat seperti ini akan membantu untuk menunjukkan sikap yang positif dari pendengar. Mereka akan merasa nyaman dengan sikap anda dan siap untuk menerima anda sebagai pembicara. Berikan sambutan dan salam kepada penonton yang hadir. Kemudian sebutkan nama anda, di mana anda berasal atau organisasi yang anda punya. Jika anda merasa gugup, anda bisa mengakuinya juga dengan cara yang humoris. Ini akan membantu anda untuk bersantai sedikit juga. Pengantar idealnya hanya 10% bagian dari pidato.

Isi pidato
Pada bagian ini anda harus memberikan beberapa rincian dengan pemirsa. Selalu lebih baik untuk menyorot sebuah hal yang luar biasa dalam hidup anda. Anda harus memilih aspek tertentu yang terkait dengan kehidupan pribadi anda. Jika anda telah mencapai sesuatu yang signifikan, anda harus berbicara mengenai itu. Pastikan tidak terlihat besar kepala dengan kesuksesan anda. Beberapa hal lain yang dapat anda bicarakan
adalah tentang tujuan, hal-hal sebagai sumber motivasi, titik balik dalam hidup, latar belakang yang menarik untuk para penonton, sifat unik yang membuat anda berbeda dari yang lain. Berikan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang anda lakukan dalam beberapa kata. Untuk membuat pidato lebih menarik, berikan cerita menarik dari kehidupan anda. Namun, pastikan topik yang dipilih relevan dengan penonton.

Kesimpulan
Menyimpulkan pidato dan buatlah penonton merasa bahwa mereka sedang bercakap langsung dengan anda. Dan yang terakhir anda harus berterima kasih kepada penonton di akhir acara.

Dalam pidato perkenalan diri, saat memberikan sambutan anda harus berbicara dengan cara yang sopan dan santai. Pertahankan kontak mata dengan penonton. Anda harus tahu bahwa tidak ada yang salah jika anda merasa gugup saat berbicara. Semuanya dapat diatasi jika anda mempersiapkan pidato dengan baik dan berlatih beberapa kali sebelum menghadapi penonton yang sebenarnya.

Bookmark and Share

Comments are closed.