Dampak Positif + Dampak Negatif Media

Media membuka pandangan kita terhadap dunia saat ini. Media mempunyai dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi kita, yang berhubungan dengan kehidupan dan kebudayaan kita.

Media telah mempengaruhi kita dalam banyak di mana kita sendiri tidak menyadari apa sajakah yang dilakukannya kepada kita. Alat terbesar di dalam media yang menghasilkan pendapatan adalah iklan. Kita akan melihat bagaimana media mempengaruhi kita dilihat dari dampak positif dan negatif.

Dampak positif media

  • Media memiliki cara untuk menunjukkan kepada kita informasi yang tersusun rapi dalam berita. Anak-anak juga mendapat manfaat dari media karena dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam mata pelajaran tertentu.
  • Kita memiliki rasa atas apa yang terjadi di sekitar kita dan juga tentang segala sesuatu di tempat lain. Kita dapat melihat dunia melalui televisi, bahkan jika kita berdiam diri di satu tempat sepanjang waktu. Kita menjadi punya pengetahuan tentang apa yang terjadi di sana tanpa kita sendiri berada di tempat itu.
  • Media dalam segala bentuknya dapat memperkenalkan kita cara berpikir kreatif yang dapat membantu kita memperbaiki diri dengan cara yang berbeda, baik itu dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan kita. Hal ini dapat mengubah perspektif dan memotivasi kita untuk melakukan hal yang baru.
  • Media juga dapat membantu kita berhubungan dengan orang lain di seluruh dunia dan menjadi lebih terbuka serta memahami budaya bangsa lain.

Dampak negatif media

  • Kekerasan merupakan faktor utama yang terlihat dan berpotensi menjadi penghasut yang berbahaya pada khalayak muda. Anak-anak mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat di televisi atau internet, kemudian meniru tindakan kekerasan.
  • Pada saat ini, informasi yang dilaporkan mungkin tidak otentik dari setiap sudut. Oleh karena itu, mungkin akan ada salah tafsir terhadap situasi.
  • Berita dapat dimanipulasi untuk mempengaruhi pikiran penonton. Sebagai contoh, partai politik tertentu dapat memanipulasi laporan yang menguntungkan mereka, yang akan menunjukkan kontrol politik di media.
  • Sebuah peristiwa tertentu yang menyajikan gaya hidup mewah dapat menanamkan cita-cita yang salah di kalangan anak-anak.
  • Sensasionalisme yang tidak perlu dari sebuah isu dapat memproyeksikan informasi yang salah kepada publik.
  • Pesan menyesatkan mengalihkan pikiran menuju jalan yang salah.

Ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari media massa. Pada akhirnya, tergantung pada cara setiap individu menyikapinya.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com