Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Ada kalanya anda merasakan sakit kepala saat bangun tidur. Rasa seperti ini membuat enggan untuk bangun dari tempat tidur. Ada dapat beberapa alasan penyebab sakit kepala saat bangun tidur.

Anda menyadari bahwa ketika bangun tidur merasakan sakit kepala. Kadang-kadang rasa sakit tersebut begitu parah sehingga anda merasa enggan untuk mengangkat kepala. Anda mungkin mulai bertanya dan mengeluh mengapa bangun dari tidur dengan sakit kepala. Padahal ketika anda pergi tidur rasanya tidak memiliki tanda-tanda akan mengalami sakit kepala. Tetapi di saat bangun, tiba-tiba anda merasakan sakit kepala. Jadi, apakah kira-kira yang mungkin menjadi alasan untuk mengalami kondisi ini? Ada beberapa alasan mengapa mengalami sakit kepala ketika bangun tidur.

Ada sejumlah alasan yang menyebabkan sakit kepala setiap hari saat bangun dari tidur. Ada juga beberapa orang yang mungkin menderita sakit kepala akibat dari pola hidupnya sendiri, yang bisa saja disebabkan karena begadang larut malam atau tetap terjaga selama beberapa malam. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan sakit kepala saat bangun tidur.

Penyebab sakit kepala saat bangun tidur

Pola tidur
Gangguan pada pola tidur adalah salah satu faktor penyebab utama sakit kepala saat bangun tidur. Karena stres dan gaya hidup yang cepat, banyak orang terlambat tidur. Tidur yang tidak nyenyak dan tidak memadai dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan menyebabkan sakit kepala.

Dehidrasi
Penyebab lainnya sakit kepala setelah bangun tidur adalah dehidrasi. Otot-otot membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Makan kerupuk saat tidur
Apakah anda pernah mendengarkan suara seperti makan kerupuk di waktu tidur? Beberapa orang dengan tidak sadar memiliki kebiasaan menggrinding gigi mereka dalam tidurnya hingga terdengar seperti suara orang sedang makan kerupuk. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot rahang yang juga dapat menyebar ke arah kepala, leher dan bahu. Kegiatan terus menerus dalam mulut ini dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala ketika terbangun dari tidur.

Sinusitis
Sinusitis juga merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Hal ini disebabkan karena ulah bakteri dalam rongga sinus. Sakit kepala migrain adalah salah satu efek infeksi sinus dan sakit kepala ini dapat menyebar ke bagian lain.

Sleep anea
Ini merupakan kondisi dimana pernapasan terganggu saat tidur dan otak akan memberikan tanda mengenai kekurangan udara di paru-paru. Hal ini menyebabkan orang untuk terbangun pada saat tertentu untuk memulai bernapas dengan normal lagi. Pada akhirnya, di waktu bangun akan menyebabkan sakit kepala.

Tensi
Tekanan darah dan diabetes dapat menyebabkan sakit kepala setelah bangun di pagi hari. Pembuluh darah menjadi melebar dan dalam kondisi ini meningkatkan tekanan aliran darah. Peningkatan tekanan ini dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang, sehingga muncul sakit kepala.

Psikis
Tersentak dari tidur karena mimpi buruk, menderita depresi, kecemasan dan stres juga menjadi beberapa alasan mengapa beberapa menderita sakit kepala tiap bangun tidur.

Mengatasi sakit kepala saat bangun tidur

Apapun alasannya, adalah penting untuk menyingkirkan masalah ini agar bisa hidup sehat. Berikut adalah beberapa saran yang bermanfaat yang dapat membantu untuk mengatasinya.

  1. Aturlah jadwal tidur tepat waktu, sehingga tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.
  2. Jika anda menderita sleep apnea, sering mendengkur, atau gangguan tidur lainnya seperti makan kerupuk ketika tidur, berkonsultasi dengan pakar kesehatan agar mendapatkan pengobatan yang tepat.
  3. Berlatih yoga dan meditasi untuk menenangkan saraf adalah obat yang efektif. Ini akan membantu anda fokus dan rileks sehingga anda memiliki kualitas tidur yang baik.
  4. Ada juga beberapa obat yang membantu susah tidur. Tapi harus dikonsumsi hanya di bawah pengawasan ahli medis.

Sakit kepala saat bangun tidur dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, adalah penting untuk menganalisa penyebabnya dan mendapatkan perawatan medis jika diperlukan.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com