Tips Mata Merah

Istilah mata merah digunakan untuk menggambarkan mata yang nampak kemerah-merahan seperti terdapat darah pada mata. Warna merah pada mata terjadi ketika pembuluh darah sklera membesar dan sesak dengan darah. Kondisi ini terjadi ketika kornea atau selaput mata kehilangan pasokan oksigen yang cukup.

Terlepas dari mata yang menjadi berwarna merah berdarah, gejala lain yang dapat menyertai seperti halnya nyeri, gatal, berkedut, sakit kepala, sakit leher, lendir dan pembentukan nanah. Orang yang terkena mungkin juga mengalami pembengkakan tangan dan kaki, mata kering dan bisa juga mengalami bersin, batuk, kembung dan sakit perut. Harus diingat bahwa mata merah pada dasarnya merupakan manifestasi dari beberapa kondisi medis lain dalam tubuh. Jadi, gejala di atas dapat disebabkan oleh penyebab medis yang mendasari.

Penyebab mata merah

  • Penyebab mata merah pada umumnya termasuk kelelahan mata, alergi, trauma pada mata atau kepala, kehadiran benda asing di kornea atau konjungtiva dan penyalahgunaan alkohol.
  • Pola makan yang tidak tepat, kekurangan vitamin B2 (riboflavin), B6 (piridoksin) dan asam amino histidin, lisin atau fenilalanin juga dapat menyebabkan kondisi mata merah tersebut.
  • Kondisi medis seperti konjungtivitis, blepharitis, diabetes, iritis, stres dan kecemasan, penyakit hati, hipertensi, demam kelenjar, gondok dan sindrom iritasi usus besar.
  • Selain ini, faktor lain yang juga dapat menyebabkan masalah ini meliputi ulkus atau infeksi kornea, abrasi kornea, uveitis, alergi dan demam, pilek dan flu, gagal ginjal, gondok dan menstruasi.

Tips mata merah

Jika kondisi terjadi karena penyebab yang ringan, maka pengobatan umumnya tidak diperlukan. Jika tidak, maka perlu memeriksakan diri ke spesialis mata.

Kasus ringan bisa diobati dengan memercikkan air dingin ke dalam mata beberapa kali sehari. Ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah, mendinginkan dan melumasi mata.

Obat lain adalah dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dalam susu skim dingin. Taruh kapas pada setiap kelopak mata yang tertutup. Tunggu selama sekitar 10-15 menit dan bilas wajah anda dengan air dingin.

Anda juga dapat menerapkan kompres dingin pada kelopak mata. Anda dapat menggunakan sayuran beku untuk tujuan tersebut. Meningkatkan asupan vitamin B2 (riboflavin), B6 (piridoksin) dan asam amino histidin, lisin atau fenilalanin dalam resep makan.

Mata merah, seperti yang disebutkan, biasanya tidak menjadi perhatian utama bagi kesehatan. Namun, jika anda menemukan gejala yang kuat dan bertahan serta kondisinya semakin memburuk seiring dengan waktu, maka anda harus segera mencari bantuan medis.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com