Strategi Kepemimpinan Efektif

Strategi kepemimpinan efektif sangat penting dalam pertumbuhan organisasi. Banyak manajemen dan para ahli memiliki pandangan yang berbeda tentang strategi kepemimpinan yang terbaik bagi pengembangan keseluruhan organisasi. Di bawah ini akan dijelaskan tentang strategi kepemimpinan yang efektif.

Suatu organisasi tergantung pada strategi kepemimpinan untuk mengarahkan suara mereka. Para peneliti telah menguraikan berbagai cara di mana para pemimpin yang efektif dapat menjalankan suatu organisasi dan melawan tantangan. Krisis ekonomi merupakan salah satu tantangan global, di mana hal ini membutuhkan strategi yang inovatif dari para pemimpin.

Setiap organisasi selalu membutuhkan orang yang dapat mengisi kekosongan ketika generasi yang sebelumnya telah mundur. Ada juga kebutuhan untuk kepemimpinan yang positif, yang dapat membawa kepastian dan stabilitas dalam sebuah organisasi. Selain itu, ada pula perusahaan yang pernah mendominasi pasar global selama beberapa dekade, namun akhirnya ambruk dihantam krisis ekonomi.

Runtuhnya perusahaan-perusahaan besar menimbulkan pertanyaan kepada para pemimpin saat ini. Bagaimana perusahaan-perusahaan yang pernah menjadi lambang efisiensi dan kepemimpinan ternyata tidak bisa membaca keadaan. Sementara itu, mungkin ada banyak faktor yang menjadi penyebab dalam pertumbuhan organisasi, seperti strategi kepemimpinan tertentu yang telah terbukti berguna. Mari kita lihat beberapa strategi kepemimpinan di mana pemimpin harus memenuhinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Strategi kepemimpinan

Memiliki visi yang jelas
Seorang pemimpin yang memiliki visi yang jelas akan mampu mengkomunikasikan rencana organisasi kepada karyawan dengan cara yang lebih baik. Jika pemimpin itu sendiri tidak terlalu yakin akan rencana atau strategi, sulit baginya untuk meyakinkan orang lain, dan ini adalah di mana akan terjadi defisit kepercayaan dan kecemasan merayap masuk. Seorang pemimpin harus tahu cara memotivasi timnya untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan.

Mampu untuk menilai
Seorang pemimpin memiliki kewenangan untuk membuat keputusan akhir, tapi itu tidak berarti bahwa orang lain tidak cukup mumpuni untuk menyuarakan pendapat mereka. Menghargai karyawan adalah salah satu dari dasar-dasar strategi kepemimpinan. Orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi adalah aset yang paling penting, sehingga menjadi sangat penting bahwa seorang pemimpin menginvestasikan banyak waktu dan usaha dengan memberi mereka kesempatan.

Menciptakan pemimpin masa depan
Pemimpin tidak menciptakan pengikut, mereka menciptakan lebih banyak pemimpin. Sebagai seorang pemimpin, pekerjaan anda menjadi jauh lebih mudah jika anda memiliki sekelompok orang yang percaya diri dan mampu mengambil keputusan penting. Ini adalah tanggung jawab seorang pemimpin untuk tidak memandang sebelah mata pada orang yang memiliki potensi sehingga mereka dapat berpatisipasi penuh dalam perusahaan terutama pada situasi kritis.

Komunikasi yang efektif
Untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk membuat pengikutnya percaya kepada gagasan. Hal ini berarti komunikasi yang efektif dapat membantu untuk mencapainya. Komunikasi yang efektif juga membuat bawahan mempunyai kesempatan untuk mengekspresikan pandangan dan aspirasi mereka.

Memperhitungkan resiko
Seorang pemimpin harus memiliki keyakinan untuk memperhitungkan risiko. Ada perbedaan antara memperhitungkan risiko dan berani bertindak penuh resiko. Memperhitungkan resiko berarti mengambil resiko dengan berpikir lebih dari sekali. Orang yang perhitungan seringkali memiliki rencana cadangan.

Ini adalah beberapa strategi kepemimpinan efektif yang penting untuk membangun kepemimpinan yang kuat. Akan selalu banyak pula beberapa strategi kepemimpinan efektif selain disebutkan di atas.

Manajemen adalah efisiensi dalam mendaki tangga kesuksesan, kepemimpinan menentukan apakah tangga tersebut bersandar pada dinding yang benar.

~Stephen R. Covey

Comments are closed.