Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Pada dasarnya terdapat 5 konsep dasar manajemen pemasaran yang diajarkan. Penjualan dan manajemen pemasaran telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Dasar dari proses produksi barang telah berkembang dari memproduksi barang yang produsen inginkan dan sekarang memproduksi barang yang konsumen inginkan. Hal ini terjadi karena pelaksanaan dari berbagai konsep manajemen pemasaran.

Konsep dasar manajemen pemasaran

Pentingnya pemasaran dalam proses kegiatan usaha telah meningkat selama bertahun-tahun. Dimana awalnya barang yang dijual atas dasar apa yang ingin dijual oleh produsen. Namun zaman sekarang ini, produsen harus memperhatikan kebutuhan, tuntutan, dan kebutuhan dari konsumen. Konsumen akan menemukan orang yang memenuhi kebutuhan tersebut dan beralih kepadanya. Akibatnya, produsen sebelumnya akan menderita kerugian. Mari kita melihat ke dalam konsep dasar manajemen pemasaran yang membantu produsen untuk mengukur apa yang akan diproduksi dan berapa banyak untuk diproduksi.

Konsep produksi
Konsep produksi massal muncul dari keyakinan dan bukti bahwa barang dalam permintaan tinggi dan akan dibeli. Ide dasarnya adalah untuk mengidentifikasi produk apakah yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Melakukan penelitian dan melalui langkah-langkah dasar dari proses riset pemasaran dan mencari tahu apa saja produk yang akan selalu memiliki permintaan. Kemudian mulailah memproduksi produk dalam skala besar dan menjualnya dengan harga rendah serta mengumpulkan keuntungan melalui penjualan yang besar. Mengapa harga harus rendah? Memang benar bahwa akan selalu ada permintaan untuk produk, tapi ingat, konsumen akan lebih memilih membeli produk yang sama dari penjual lain, yang menawarkan harga lebih rendah.

Konsep produk
Dari konsep di atas, jelas bahwa konsumen tidak akan membeli sesuatu jika mereka bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih rendah di tempat lain. Selain itu, selalu diingat bahwa konsumen juga tahu tentang kualitas produk. Jadi, konsumen juga akan mengukur kualitas produk, terutama jika mereka mendapatkannya dengan harga yang sangat rendah. Jadi, pastikan bahwa produk yang anda jual tahan lama, memiliki nilai yang baik dan menawarkan fitur kualitas yang hebat. Konsumen tidak bodoh. Jika dia merasa ditipu, maka dia tidak akan kembali. Jadi fokuslah pada kualitas produk.

Menjual
Menjual produk adalah salah satu pekerjaan paling sulit dalam bisnis. Anda dapat menghasilkan produk, pasar dan, beriklan, tapi benar-benar membuat konsumen membayar anda dan membeli produk adalah tugas berat. Oleh karena itu, jiwa dari bisnis harus terletak pada promosi penjualan yang kuat. Ketika konsumen melihat produk anda, maka mereka akan berpikir untuk membelinya atau tidak. Untuk ini maka harus menerapkan penjualan dengan metode promosi yang berbeda-beda sehingga dapat berkonsentrasi pada penjualan maksimum dalam waktu minimum. Hal ini akan menyebabkan omset naik cepat dan memperoleh keuntungan.

Konsep pemasaran
Metode promosi yang berbeda akan menentukan bisnis. Jika strategi pemasaran gagal, maka hanya akan memiliki sedikit keuntungan yang bisa diharapkan. Untuk menjamin penjualan yang cukup baik dan setidaknya keuntungan marjinal, organisasi bisnis harus mengikuti salah satu konsep yang sangat sederhana dan mendasar. Mereka harus ingat bahwa konsumen adalah raja. Strategi yang diterapkan adalah fokus sepenuhnya untuk membuat konsumen merasa penting dan sangat istimewa. Produk harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen harus merasa bahwa suatu produk telah dibuat khusus untuknya, dan hal itu adalah terbaik yang akan dia dapatkan. Anda akan memiliki loyalitas pelanggan dan mereka akan memiliki kepuasan mendapatkan produk yang sangat baik.

Konsep pemasaran kemasyarakatan
Untuk membuat produk anda mempunyai keunggulan dan berada di sisi yang lebih aman, haruslah fokus bahwa produk anda akan mendapatkan tempat dalam masyarakat. Kesejahteraan masyarakat termasuk dalam daftar tujuan produksi, diikuti dengan kepuasan konsumen dan kemudian keuntungan perusahaan. Ini adalah urutan yang harus dipelihara dan diperhatikan melalui strategi pemasaran juga.

Di atas adalah lima konsep dasar manajemen pemasaran yang banyak diikuti oleh hampir semua organisasi bisnis.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com