Tenggorokan Gatal Kering disertai Batuk

Tenggorokan gatal, kering disertai batuk bisa merupakan gejala dari pilek, flu, alergi, dan gangguan pernafasan. Kondisi seperti ini dapat diobati dengan pengobatan yang sederhana.

Gatal pada tenggorokan sering menyebabkan timbulnya batuk dan karenanya gejala-gejala ini dialami secara bersamaan. Gejala ini sering disertai dengan gejala lain seperti pilek, demam, dan sakit kepala. Namun, infeksi pada tenggorokan oleh virus atau bakteri bukanlah satu-satunya penyebab infeksi tenggorokan. Ada banyak penyebab lain untuk tenggorokan kering, gatal disertai batuk.

Penyebab tenggorokan kering gatal disertai batuk

Cairan pada tenggorokan berfungsi untuk melindungi tenggorokan dari iritasi. Jika cairan ini mengering maka saraf di tenggorokan dapat terkena dampaknya, yaitu menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk.

Pilek
Pilek adalah infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. Seperti namanya, ini biasanya ditemukan pada semua orang dari segala umur. Pilek dan bersin adalah gejala dari flu.

Influenza
Tenggorokan gatal juga terdapat pada flu dan dapat terjadi batuk kering.

Gangguan pernapasan
Gangguan pernapasan seperti bronkitis, pneumonia, dan TBC juga dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan, diikuti oleh batuk parah. Bila menderita penyakit ini, gejala lain seperti demam, nyeri dada, kelemahan, kelelahan juga akan terjadi.

Paparan polutan
Polusi udara adalah alasan lain yang signifikan untuk iritasi tenggorokan kronis. Paparan asap kendaraan, debu, polutan industri dan gas menyebabkan gatal pada tenggorokan. Jika berlangsung lama bisa mengakibatkan bronkitis kronis.

Alergi
Reaksi alergi terhadap jenis makanan tertentu, asap, debu atau iritan dapat menyebabkan gejala ini. Alergi terhadap serbuk sari, tungau dan jamur sangat umum. Demikian pula, alergi makanan juga dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

Kering pada tenggorokan karena dehidrasi, berteriak, atau bernyanyi keras untuk waktu yang lama, sinusitis, faringitis kronis, dsb adalah beberapa penyebab lain dari tenggorokan gatal dan batuk.

Pengobatan

Obat batuk, sirup obat batuk, dan obat-obatan lainnya membantu dalam mengobati batuk yang disebabkan karena infeksi virus dan bakteri. Dalam kasus TBC dan penyakit pernapasan lainnya, antibiotik dan obat lainnya akan digunakan. Antihistamin juga dapat digunakan untuk mengobati alergi. Jika ada gejala lain yang muncul selama lebih dari beberapa hari, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk.

  • Berkumur dengan air asin hangat adalah obat terbaik untuk mengobati gatal pada tenggorokan. Tambahkan ½ sendok teh garam untuk 1 cangkir air hangat dan berkumur dua atau tiga kali sehari.
  • Lemon dan madu memiliki sifat analgesik. Tambahkan 1 sendok teh jus lemon segar dan 1 sendok teh madu dalam 1 gelas air hangat dan minumlah sekali atau dua kali sehari.
  • Minuman panas seperti teh dapat meredakan tenggorokan yang teriritasi tanpa efek samping. Anda dapat meminum teh herbal, teh hijau, teh lemon, teh hitam atau teh biasa. Jika perlu tambahkan 1-2 iris jahe.
  • Minuman panas lainnya juga dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Sup ayam atau kaldu sayuran sama-sama efektif dalam meredakan tenggorokan gatal.
  • Kunyit juga merupakan ramuan alami yang memiliki sifat mengobati. Tambahkan ½ sendok teh kunyit untuk segelas susu hangat dan minumlah di pagi hari atau di malam hari setiap hari.

Pencegahan

  • Meningkatkan kekebalan tubuh adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah  sakit tenggorokan gatal dan batuk. Sertakan makanan yang kaya vitamin C dalam menu makan harian.
  • Minum susu dengan madu atau kunyit secara teratur juga membantu dalam mencegah infeksi pada tenggorokan dan banyak penyakit menular lainnya.
  • Jika mempunyai alergi terhadap sesuatu, jauhilah dan hindari sejauh mungkin.
  • Anda harus menjauh dari orang yang menderita flu atau penyakit pernapasan lainnya karena itu menular.
  • Mencegah timbulnya dehidrasi dengan meminum jumlah air yang cukup setiap hari.

Tenggorokan gatal, kering disertai batuk bukanlah tanda-tanda kondisi kesehatan yang serius. Namun, hal itu selalu lebih baik untuk mencegah sebisa mungkin. Hal paling sederhana yang perlu diingat adalah bahwa pola makan yang sehat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari terkena penyakit.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.