Gangguan Penglihatan pada Anak

Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa gangguan penglihatan pada anak. Kita juga akan mencoba untuk mengetahui beberapa tanda dan gejala yang dapat membantu dalam mendiagnosis gangguan mata pada anak.

Masalah penglihatan pada anak-anak terjadi begitu saja tanpa diketahui karena tidak menimbulkan rasa sakit secara fisik. Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab masalah penglihatan pada anak-anak dan hal itu merupakan tanggung jawab orang tua untuk memastikan pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin, sehingga masalah ini tidak berkembang menjadi masalah mata yang serius di masa dewasa dan usia lanjut.

Penyebab gangguan penglihatan pada anak

Amblyopia
Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan penglihatan pada anak-anak. Dalam kondisi ini, salah satu mata anak menjadi lemah dibandingkan dengan mata yang satunya. Masalah penglihatan ini tidak dapat diatasi hanya dengan menggunakan kacamata, sehingga sangat penting bagi orang tua untuk membawa anak mereka ke dokter mata untuk pemeriksaan mata.

Strabismus
Strabismus adalah kondisi di mana seorang anak tidak mampu menyelaraskan kedua mata secara bersamaan dalam kondisi normal. Diperkirakan bahwa sekitar 5% dari semua anak terkena penyakit ini.

Retinopati prematuritas
Masalah penglihatan ini terjadi pada anak-anak yang lahir prematur. Retina, salah satu bagian penting dari mata mulai berkembang saat bayi berada di dalam rahim. Dalam kasus bayi lahir prematur, retinopati prematuritas dapat terjadi.

Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah jenis kanker yang berdampak terhadap retina. Anak-anak yang mengidap ini semenjak dilahirkan dapat disembuhkan jika diatasi sejak dini, sehingga mampu untuk mempertahankan penglihatan dengan baik.

Tanda-tanda masalah penglihatan pada anak

  • Mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis.
  • Menutup satu mata atau memiringkan kepala ke satu arah saat membaca.
  • Menggosok mata terus menerus dan sakit kepala berulang juga merupakan gejala masalah penglihatan.
  • Mata selalu tidak tertutup rapat saat tidur.

Tips

Terapi sangat bermanfaat dalam mengobati masalah penglihatan pada anak-anak yang tidak dapat disembuhkan hanya dengan memakai kacamata atau lensa kontak. Sebelum memulai terapi penglihatan, anak harus diperiksa oleh seorang dokter yang akan memberikan penilaian yang komprehensif dari gangguan penglihatan anak dan kemudian membuat rekomendasi untuk terapi.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com