Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan tidak hanya dapat disebabkan karena gangguan yang timbul dari perut sendiri, tetapi kemungkinan juga dari organ lain yang terletak di daerah perut seperti hati, ginjal kanan, kandung empedu, ureter kanan, ovarium kanan dan tuba fallopi kanan pada wanita, dsb. Mengenali lokasi yang tepat dari rasa sakit perut di sebelah kanan dapat membantu dalam mendiagnosis dengan cepat, sehingga dapat mengetahui penyebab sakit di sebelah kanan perut dan cara mengatasinya.

Batu empedu, usus buntu, divertikulitis, adalah penyebab paling umum dari sakit perut di sisi kanan. Berikut adalah informasi singkat mengenai kemungkinan penyebab sakit perut dan metode pengobatan.

Sakit perut sebelah kanan atas

Nyeri pada perut bagian kanan khususnya pada bagian atas perut dapat disebabkan karena hal-hal sebagai berikut:

Pankreatitis
Pankreatitis atau radang pankreas yang dapat menyebabkan rasa sakit yang menyebar ke sisi perut kanan atas dan punggung. Rasa sakit memburuk setelah makan atau setelah minum air. Gejala lain yang dialami adalah mual, muntah, dan detak jantung lebih cepat. Pankreatitis memerlukan rawat inap. Kombinasi antara teknik yang berbeda seperti obat-obatan, diet, dan operasi akan mampu dalam membantu mengobati kondisi ini.

Hernia hiatus
Hernia hiatus disebabkan karena penonjolan bagian dari lambung melalui diafragma. Nyeri di sisi kanan atas perut merupakan gejala yang menonjol dari hernia hiatus. Nyeri dada, sulit menelan makanan, nyeri ulu hati, kelelahan, adalah beberapa dari gejala yang terjadi. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Operasi pembedahan mungkin diperlukan dalam mengobati hernia hiatus.

Batu empedu
Batu empedu adalah batu kristal yang terbentuk di dalam kantung empedu. Batu-batu ini terbentuk dari kolesterol atau bilirubin di dalam tubuh. Batu empedu menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran empedu dan juga dapat menimbulkan sakit parah di perut bagian kanan atas. Jika batu empedu tidak menyebabkan tanda dan gejala, maka pengobatan tidak diperlukan. Pada kasus lain, obat-obatan, dan operasi mungkin digunakan untuk mengobati penyakit batu empedu ini.

Sakit perut sebelah kanan bawah

Nyeri pada bagian perut kanan bawah ini dapat menjadi tanda-tanda adanya beberapa penyakit, diantaranya adalah sebagai berikut:

Usus buntu
Apendisitis atau radang usus buntu adalah salah satu penyebab paling umum sakit di sisi kanan perut bagian bawah. Rasa sakit disebabkan karena radang usus buntu yang sangat intens. Gejala lain yang terjadi termasuk mual, muntah dan demam. Apendisitis umumnya terjadi pada remaja dan dewasa muda, antara usia 12-30 tahun. Hubungi dokter segera karena usus buntu biasanya harus diobati dengan operasi.

Batu ginjal
Rasa sakit di sisi kanan bawah perut dapat merupakan tanda adanya batu ginjal. Seiring dengan rasa sakit di perut kanan, nyeri ini dapat menyebar ke pangkal paha dan daerah punggung. Konsultasikan hal ini dengan dokter secepatnya. Berbagai teknik pengobatan seperti operasi, obat-obatan, biasanya akan digunakan untuk mengobati batu ginjal.

Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik adalah komplikasi pada kehamilan yang terjadi ketika implantasi telur yang dibuahi terjadi di luar rahim. Nyeri perut bagian bawah dan pendarahan  adalah gejala dari kondisi ini. Setiap kelainan yang terjadi selama kehamilan harus dikonsultasikan dengan dokter. Obat-obatan dan pembedahan dapat membantu dalam mengobati kondisi ini.

Divertikulitis
Divertikulitis dapat terjadi ketika divertikula dalam usus besar mengalami peradangan. Gejala lain yang terjadi meliputi rasa mual, muntah, diare, dan sembelit. Perubahan dalam pola makan dan obat dapat membantu dalam mengobati diverticulitis. Anda harus memiliki diet serat tinggi dan minum dalam jumlah yang cukup untuk mengurangi tekanan pada saluran pencernaan.

Mencegah sakit perut kanan

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang yang sehat setiap hari.
  2. Menghindari kelebihan makanan pedas dan panas karena dapat menyebabkan gangguan pada perut.
  3. Minum jumlah yang cukup air untuk mengatasi dehidrasi dan gangguan yang berhubungan.
  4. Berolahraga selama 15-20 menit secara teratur untuk menjaga kesehatan yang baik.
  5. Minum obat hanya setelah berkonsultasi dengan dokter. Banyak obat diketahui malah menyebabkan gangguan perut sebagai efek sampingnya.

Sakit perut yang dialami setelah makan biasanya ada hubungannya dengan masalah lambung. Hal ini dapat diobati melalui pengobatan sederhana atau dengan membuat perubahan dalam pola makan. Sebagian besar kondisi sakit perut dapat diobati dengan bantuan obat-obatan dan operasi. Mengetahui penyebab sakit perut kanan dengan cepat akan membantu dalam merawat kondisi secara efektif. Jika anda mengalami sakit perut terus-menerus yang berlangsung selama lebih dari satu hari, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti demam, menggigil, mual dan muntah, adalah sangat penting untuk segera ke dokter. Hampir semua gangguan perut dapat diobati secara efektif jika didiagnosis dan diobati pada saat yang tepat. Seperti disebutkan di atas, pola makan yang tepat dan olahraga dapat mencegah sakit perut sebelah kanan.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.