Nyeri Pada Perut Kiri di Bawah Rusuk

Nyeri pada perut kiri di bawah rusuk biasanya adalah akibat dari cedera atau juga merupakan tanda beberapa gangguan medis. Mari kita mempelajari apa saja yang dapat menyebabkan masalah ini lebih lanjut.

Nyeri tulang rusuk adalah hasil dari penyakit tertentu atau cedera. Tingkat rasa sakit berbeda sesuai dengan intensitas masalah. Namun, baik ringan atau berat, nyeri pada perut kiri di bawah rusuk perlu segera diobati dengan bantuan medis yang tepat. Sementara itu, faktor-faktor yang dapat menyebabkan kondisi nyeri perut ini adalah sebagai berikut:

Penyebab nyeri pada perut kiri di bawah rusuk

Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang dan meningkatkan kemungkinan patah tulang pada seseorang. Hal ini ditandai dengan penipisan struktur tulang dalam tubuh, gangguan dalam mikroarsitektur tulang, mengurangi kepadatan mineral tulang, dsb. Rusuk yang menjadi struktur tulang akan dapat terpengaruh akibat dari osteoporosis. Maka itulah osteoporosis dapat menjadi penyebab sakit perut kiri tepat di bawah tulang rusuk.

Gangguan pada limpa
Sakit perut di kiri bawah rusuk yang sering terjadi dapat dikaitkan dengan adanya gangguan pada limpa. Limpa digambarkan sebagai organ lembut yang terletak di sisi kiri atas perut di bawah tulang rusuk dan belakang daerah perut. Fungsi utama dari limpa adalah untuk menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah tua. Penyakit tertentu dapat mengakibatkan pembesaran pada limpa dan kemudian rasa sakit di perut sebelah kiri adalah salah satu gejala dari pembesaran limpa tersebut.

Fibromyalgia
Fibromyalgia adalah kondisi yang ditandai oleh nyeri otot yang diakibatkan kerusakan jaringan otot lunak. Beberapa otot yang terdapat di antara tulang rusuk (otot-otot interkostal), mengalami kerusakan karena fibromyalgia yang dapat mengakibatkan rasa sakit di sekitar tulang rusuk.

Cedera pada tulang rusuk
Bagi beberapa orang, sakit perut sebelah kiri di bawah rusuk adalah masalah yang sering dialami. Alasan utama di balik ini adalah cedera yang parah atau patah tulang pada tulang rusuk.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)
Gastroesophageal reflux disease juga menjadi salah satu penyebab nyeri pada perut kiri di bawah tulang rusuk. Gejala-gejalanya meliputi rasa panas pada area dada, nyeri di daerah perut bagian bawah, dan gangguan pencernaan.

Kostokondritis
Adanya gangguan pada tulang rawan yang mengikat tulang rusuk dengan tulang pada payudara, dimana penyebabnya akibat dari cedera atau serangan virus. Kondisi ini mengakibatkan nyeri di daerah perut bagian bawah dada dan atas.

Ulkus lambung
Ulkus lambung adalah jenis ulkus yang terjadi pada lapisan mukosa lambung, yang umumnya disebabkan karena pepsin dan asam klorida dalam cairan perut. Ulkus lambung, ditunjukkan dengan gejala seperti sakit maag, mulas, rasa terbakar di perut. Nyeri di perut bagian kiri dan kanan bawah setelah makan adalah gejala yang kerap terjadi ketika terjadi suatu masalah.

Tips mengatasi nyeri perut

Karena ada banyak sekali penyebab terjadinya sakit perut kiri di bawah tulang rusuk, maka pengobatan sangat tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Bagi sebagian orang, perubahan dalam pola makan dapat menjadi solusi utama. Sementara itu, obat pereda rasa sakit dan antibiotik untuk sakit perut lainnya dapat digunakan. Namun, akan lebih baik agar setiap obat antibiotik tersebut dikonsumsi sesuai saran dokter. Biarkan dokter untuk mendiagnosa penyebab yang sebenarnya, mengidentifikasi alasannya, agar dapat memberikan resep obat yang sesuai.

Di atas ini adalah penyebab utama dan juga pengobatan untuk nyeri perut sebelah kiri di bawah tulang rusuk. Jika anda mengalami rasa sakit seperti di daerah perut bagian bawah, maka dapatkan diagnosisnya dengan segera, agar dapat mengobati penyakit dengan lebih awal.

Bookmark and Share

, ,

Comments are closed.

tetap semangat jangan pernah goyah DMCA.com