Skype dan Cara Kerja Skype

Skype adalah layanan VoIP yang membantu anda membuat panggilan dengan koneksi internet. Artikel berikut ini akan memberikan beberapa informasi untuk membantu anda mengenal apa itu Skype dan cara kerja Skype.

Skype adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan suara dan video melalui internet. Menggunakan teknologi voice over internet protocol (VoIP) untuk memfasilitasi panggilan suara dan video. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dan anda dapat membuat panggilan gratis ke orang yang sudah memiliki Skype yang sudah terinstal di PC mereka dan juga mobile. Skype menggunakan model P2P, yaitu setiap komputer memiliki kemampuan untuk berhubungan satu sama lain tanpa menggunakan server pusat.

VoIP adalah sesuatu yang membantu pengguna membuat panggilan telepon melalui platform Skype secara gratis. Para pengguna yang sudah terdaftar dapat memanggil satu sama lain secara gratis lewat akun Skype mereka. Pengguna Skype bahkan dapat memanggil atau menerima panggilan dari user yang belum terdaftar. Tetapi panggilan ini dikenakan biaya sesuai dengan panggilan yang dibuat. Anda memerlukan mikrofon bersama dengan beberapa hardware lain pada komputer untuk membuat panggilan tersebut.

Cara kerja Skype

Skype menggunakan teknologi VoIP, teknologi yang berhubungan dengan internet. Biasanya, sinyal dikirim melalui PSTN, baik analog atau digital. Pada VoIP, SIP digunakan untuk membuat paket data yang dikirim pada jaringan yang sama. Paket data ini dapat membawa lebih dari suara standar pada telepon. Selain itu juga dapat menyampaikan pesan teks, menampilkan video secara langsung dan kualitas suara stereo. VoIP juga menawarkan screen sharing, tergantung pada kecepatan koneksi internet. Anda juga dapat menggunakan panggilan konferensi untuk video calling dengan klien yang berbeda.

Cara menginstal Skype di komputer

1. Kunjungi situs Skype
2. Anda dapat memilih untuk mendownload Skype untuk komputer, ponsel, tablet, dll
3. Download software Skype dan instal pada komputer, jika anda memakai komputer
4. Hubungkan dengan microphone dan anda siap untuk membuat panggilan

Cara membuat panggilan dengan Skype

Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah pengguna yang anda panggil adalah pengguna Skype atau tidak. Hal ini karena panggilan antara pengguna Skype benar-benar gratis. Dalam hal pengguna non Skype, anda harus memiliki saldo yang cukup untuk melakukan panggilan. Kemudian, anda harus menggunakan uji suara (Echo) yang disediakan oleh Skype untuk memastikan kualitas suara yang jelas. Kemudian, masukkan kode negara dengan menggunakan fasilitas kode Skype. Masukkan informasi panggilan dan nomor dalam format yang dibutuhkan. Anda harus menekan ‘Enter’ atau ‘Call me’ dan memulai proses panggilan.

Ketika Skype phone atau aplikasi hardware yang sama yang diinstal pada mobile atau komputer penerima, seluruh proses panggilan dimulai. Perangkat harus dapat mengirim dan menerima paket data melalui jaringan IPv4. Suara ditangkap dan diubah menjadi format analog. Format ini ditangkap oleh mikrofon dan diubah menjadi format digital. Hal ini kemudian disampaikan ke kompresor yang meminimalkan ukuran streaming audio dan membantu dalam transfer bahkan dengan koneksi internet yang lambat.

Anda dapat membuat panggilan gratis dari komputer ke komputer, Skype phone, dan sambungan yang serupa. Anda bahkan akan menerima nomor telepon standar dari Skype yang dapat dipanggil dari telepon apapun dan diarahkan ke perangkat Skype anda.

Menggunakan Skype ke nomor lokal dan internasional

Skype tidak hanya berguna bagi pengguna internet, tetapi juga membantu anda terhubung dengan pengguna telepon biasa atau rumah. Anda perlu menggunakan layanan SkypeOut yang ditawarkan oleh Skype untuk melakukan panggilan ke telepon rumah. Ini adalah fitur berbayar yang menggunakan protokol yang berbeda dari koneksi biasa. Biaya yang harus anda bayar bervariasi menurut negara dan wilayah dari pengguna Skype.

Anda bahkan dapat menerima panggilan saat anda tidak online. Fitur khusus ini meneruskan semua panggilan Skype ke ponsel anda jika anda tidak terhubung.

Sebuah fitur menarik yang dapat anda coba adalah Skype to go number. Anda tidak perlu software khusus untuk menggunakan fitur ini. Dengan ini anda dapat membuat panggilan internasional yang murah dari ponsel tanpa masuk ke akun Skype. Anda bahkan tidak perlu koneksi internet untuk membuat panggilan tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah memberikan nomor yang ingin anda panggil ke Skype. Skype akan mengkonversi nomor ini menjadi nomor baru dengan kode area pilihan anda. Simpan nomor ini dan gunakan untuk menelepon dengan tarif panggilan yang murah.

Mengirim SMS menggunakan Skype

Skype juga merupakan alat untuk mengirim SMS. Yang perlu anda lakukan adalah mengirim SMS melalui Skype. Biaya SMS relatif rendah bila dibandingkan dengan biaya jaringan.

Skype membantu membuat panggilan gratis antara pengguna yang terdaftar dan panggilan non Skype. Namun, biaya telepon lebih rendah dibandingkan dengan apa yang anda bayar untuk melakukan panggilan internasional menggunakan jaringan 3G dan telepon rumah.

Pengguna iPhone dan iPod juga bisa menggunakan teknologi ini untuk membuat panggilan gratis. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Skype untuk iPhone atau iPod. Ini akan membantu anda membuat dan menerima panggilan melalui Skype pada area Wifi. Skype juga tersedia untuk Android, Symbian dan ponsel lain. Pengguna Nokia juga bisa memanfaatkan keuntungan dengan panggilan gratis dan murah untuk telepon.

Bookmark and Share

,

Comments are closed.